icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Fakta Seputar Gigi Gingsul, Bahaya hingga Cara Merapikannya/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Fakta Seputar Gigi Gingsul, Bahaya hingga Cara Merapikannya

Fakta Seputar Gigi Gingsul, Bahaya hingga Cara Merapikannya
dok. Freepik

Gigi gingsul mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Sebagian menganggap jika gigi gingsul bisa membuat senyum pemiliknya bertambah manis. Namun, ada juga yang beranggapan jika gigi gingsul bisa mengganggu penampilan karena membuat gigi jadi terlihat tidak rapi. 


Lantas, apa itu gigi gingsul? Apakah kondisi gigi ini bisa menyebabkan masalah pada mulut? Simak fakta gigi gingsul berikut ini!


Mengenal gigi gingsul

Dalam dunia medis, gigi gingsul digambarkan sebagai salah satu jenis kelainan susunan gigi yang disebut maloklusi. Mengutip Healthline, maloklusi adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Apa kiranya yang menjadi penyebab gigi gingsul? Pada kasus ini, gigi tidak bisa tumbuh di tempat yang seharusnya, karena kondisi rahang yang kecil atau ukuran gigi terlalu besar. 


Selain itu, gigi gingsul juga bisa terjadi karena tempat gigi tumbuh terlalu sempit, sehingga gigi tersebut bergeser dari tempat yang tidak seharusnya. 


Masalah yang dapat timbul akibat gigi gingsul


Gigi gingsul ternyata bisa membawa beberapa perubahan pada mulut. Dalam beberapa kasus, kelainan susunan gigi ini juga bisa memicu timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Misalnya, aktivitas makan jadi terganggu dan muncul rasa tidak nyaman saat mengunyah atau menggigit makanan. 


Selain itu, ada beberapa masalah mulut lain yang mungkin timbul akibat gigi gingsul. Mengutip WebMD, berikut di antaranya:

  • Pertumbuhan gigi jadi terhambat atau bahkan gigi tidak tumbuh sama sekali (impaksi)
  • Gigi menjadi sulit dibersihkan, sehingga meningkatkan risiko kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi (gingivitis)
  • Ketegangan pada gigi, rahang, dan otot mulut yang otomatis meningkatkan risiko mengalami gigi tanggal


Cara merapikan gigi gingsul

Ada banyak sekali cara atau metode yang bisa dilakukan untuk merapikan gigi gingsul, salah satunya dengan menggunakan Clear Aligner. Clear Aligner merupakan teknologi terbaru yang bisa merapikan gigi tanpa mengganggu estetika. Dalam jurnal Clinical Limitation of Invisalign, Dr. Ling, seorang profesor di University of Wester Ontario, Kanada, menyebutkan bahwa aligner terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm).


Clear Aligner sendiri dipasang dengan memasukkan cetakan bening yang menyerupai bentuk jajaran gigi pasien di rahang atas dan bawah. Aligner gigi bekerja dengan cara melapisi gigi sekaligus memberikan tekanan secara perlahan pada setiap gigi pasien, hingga nantinya posisi gigi akan berubah perlahan menjadi rata. 


Menurut Dr. Ling, clear aligner dapat merapikan susunan gigi dengan pergerakan 0,25 mm setiap minggunya. Meski terdengar sedikit, kalau diakumulasi hasilnya akan jelas terlihat.


Menariknya, aligner gigi dapat dilepas pasang kapan saja. Jadi, ketika kamu hendak makan atau sikat gigi, clear aligner dapat dilepas dan digunakan kembali sesuai keinginan. Nah, untuk hasil yang maksimal, aligner gigi harus dipakai minimal 20 – 22 jam/hari selama 7 hari. Setelah 7 hari, kamu bisa mengganti ke set aligner berikutnya.