icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Ini 7 Cara Agar Tidak Sakit Gigi/

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Ini 7 Cara Agar Tidak Sakit Gigi

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional
dok. Rata Indonesia

Selamat Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Rata Family!


Tepat pada hari ini, 12 September 2022, dirayakan sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Mengutip situs ISMKMI, Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional pertama kali digagas oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2009-2012), dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH.,DR PH. Di mana pada saat itu, peringatannya secara resmi dibuka pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011 di Lapangan Gasibu, Bandung.


Peringatan Hari Kesehatan Mulut Gigi dan Mulut memiliki tujuan yang sangat penting. Yakni mengajak masyarakat agar lebih peduli lagi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang masih kurang mendapat perhatian. 


Ya, seperti yang kita tahu bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, sehingga menjadi salah satu penunjang kesejahteraan masyarakat. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, kamu bisa menjauhkan dari rasa sakit pada gigi dan gusi, gangguan pengunyahan, dan penyakit gigi serta mulut lainnya.


7 cara cegah sakit gigi yang bisa dilakukan sehari-hari

Permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit (45,3%). Sedangkan masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami penduduk Indonesia adalah gusi bengkak atau keluar bisul (abses) sebesar 14%.


Dari hasil riset tersebut, disebutkan bahwa sakit gigi merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Sebetulnya kita bisa mencegah permasalahan itu dengan melakukan kebiasaan yang baik sehari-hari. Sebab, lebih baik mencegah sakit gigi daripada mengobatinya bukan?


Berikut ini beberapa cara untuk mencegah sakit gigi yang bisa kamu lakukan sehari-hari.


1. Menyikat gigi dua kali sehari

Cara agar tidak sakit gigi yang pertama adalah menyikat gigi secara rutin. Mengutip situs Mayo Clinic, American Dental Association merekomendasikan kita untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit. Kamu bisa menyikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur. 


Menyikat gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang mengandung bakteri di dalamnya. Jika plak tersebut tidak dibersihkan, plak dapat menghasilkan asam yang bisa merusak enamel sehingga membuat gigi berlubang. Selain itu, plak yang tidak dibersihkan juga akan menumpuk, mengeras, dan berubah menjadi karang gigi.


2. Gunakan pasta gigi berfluoride

Menggunakan pasta gigi berfluoride saat menyikat gigi dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah sakit gigi. Alasannya, karena kandungan di dalamnya diklaim memiliki konsentrasi mineral yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan fluoride juga bisa mencegah terjadinya pembusukan lebih lanjut pada gigi dengan merangsang produksi fluorapatite.


3. Gunakan sikat gigi berbulu halus

Selain pemilihan pasta gigi, kamu juga disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang tepat untuk mencegah sakit gigi. Pilihlah sikat gigi berbulu halus yang tidak akan melukai gigi dan juga gusi. Pastikan untuk mengganti sikat gigi selama 3-4 bulan sekali untuk mencegah penumpukan bakteri.


4. Bersihkan gigi dengan dental floss

Cara cegah sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan dental floss atau benang gigi. Penggunaan benang gigi bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan gigi dan mulut. Cara kerjanya adalah dengan membersihkan sisa makanan serta plak yang tertinggal dan masih menumpuk karena sulit dijangkau. Lakukan cara ini setelah menyikat gigi ya!


5. Berkumur dengan obat kumur

Selain untuk menghilangkan bau mulut, obat kumur juga bisa menjadi cara cegah sakit gigi, lho. Pasalnya, kandungan di dalam obat kumur dapat mengontrol pertumbuhan bakteri sekaligus mengurangi plak yang masih menempel.


Saat ini, ada banyak sekali jenis obat kumur yang beredar di pasaran. Obat kumur dengan kandungan fluoride misalnya, dapat mencegah masalah gigi seperti karies dan gigi keropos. Sedangkan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida sebanyak 3% bisa membunuh bakteri.


6. Batasi makanan atau minuman yang bisa merusak gigi

Cara cegah sakit gigi yang satu ini kerap disepelekan. Padahal, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menyebabkan sakit gigi, seperti makanan atau minuman yang panas, dingin, asam, lengket, dan manis berlebih.


Jika kamu memiliki jenis gigi sensitif, kandungan gula dan asam dapat merusak lapisan enamel yang berfungsi melindungi saraf. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan tersebut untuk mencegah sakit gigi. Jika kamu sudah terlanjur mengonsumsi makanan tersebut, jangan lupa sikat gigi setelahnya ya!


7. Rutin periksa gigi ke dokter

Periksa gigi secara rutin ke dokter merupakan salah satu cara cegah sakit gigi yang sangat ampuh. Meskipun cara ini sering dianggap remeh, pemeriksaan gigi oleh dokter dapat mendeteksi sekaligus mengobati berbagai masalah gigi yang sebelumnya belum terdeteksi.


Pemeriksaan gigi ke dokter sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali. Dengan catatan, jika terdapat keluhan sebaiknya langsung datang ke dokter sebelum gigimu semakin sakit.


Itulah informasi mengenai cara cegah sakit gigi. Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan gigi atau memiliki keluhan berkaitan dengan gigi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar