icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Ini 7 Cara Agar Tidak Sakit Gigi/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Ini 7 Cara Agar Tidak Sakit Gigi

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional
dok. Rata Indonesia

Selamat Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Rata Family!


Tepat pada hari ini, 12 September 2022, dirayakan sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Mengutip situs ISMKMI, Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional pertama kali digagas oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2009-2012), dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH.,DR PH. Di mana pada saat itu, peringatannya secara resmi dibuka pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011 di Lapangan Gasibu, Bandung.


Peringatan Hari Kesehatan Mulut Gigi dan Mulut memiliki tujuan yang sangat penting. Yakni mengajak masyarakat agar lebih peduli lagi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang masih kurang mendapat perhatian. 


Ya, seperti yang kita tahu bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, sehingga menjadi salah satu penunjang kesejahteraan masyarakat. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, kamu bisa menjauhkan dari rasa sakit pada gigi dan gusi, gangguan pengunyahan, dan penyakit gigi serta mulut lainnya.


7 cara cegah sakit gigi yang bisa dilakukan sehari-hari

Permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit (45,3%). Sedangkan masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami penduduk Indonesia adalah gusi bengkak atau keluar bisul (abses) sebesar 14%.


Dari hasil riset tersebut, disebutkan bahwa sakit gigi merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Sebetulnya kita bisa mencegah permasalahan itu dengan melakukan kebiasaan yang baik sehari-hari. Sebab, lebih baik mencegah sakit gigi daripada mengobatinya bukan?


Berikut ini beberapa cara untuk mencegah sakit gigi yang bisa kamu lakukan sehari-hari.


1. Menyikat gigi dua kali sehari

Cara agar tidak sakit gigi yang pertama adalah menyikat gigi secara rutin. Mengutip situs Mayo Clinic, American Dental Association merekomendasikan kita untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit. Kamu bisa menyikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur. 


Menyikat gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang mengandung bakteri di dalamnya. Jika plak tersebut tidak dibersihkan, plak dapat menghasilkan asam yang bisa merusak enamel sehingga membuat gigi berlubang. Selain itu, plak yang tidak dibersihkan juga akan menumpuk, mengeras, dan berubah menjadi karang gigi.


2. Gunakan pasta gigi berfluoride

Menggunakan pasta gigi berfluoride saat menyikat gigi dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah sakit gigi. Alasannya, karena kandungan di dalamnya diklaim memiliki konsentrasi mineral yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan fluoride juga bisa mencegah terjadinya pembusukan lebih lanjut pada gigi dengan merangsang produksi fluorapatite.


3. Gunakan sikat gigi berbulu halus