icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi saat Puasa/

5 Cara Ampuh Atasi Sakit Gigi saat Puasa

Cara mengatasi sakit gigi saat puasa
dok. Rata Indonesia & freepik

Sakit gigi saat puasa memang menyiksa. Jika saat ini sedang mengalaminya, kamu pasti merasa tidak nyaman dan kekhusyukan ibadah mungkin akan terganggu. Jika sudah begini, kamu harus mencari tahu berbagai cara yang bisa meredakan sakit gigi. 


Sebetulnya ada banyak sekali cara mengatasi sakit gigi saat puasa. Cara-cara ini juga tak akan membatalkan puasa kamu, lho! Apa saja? Mengutip dari Healthline, berikut di antaranya.


5 cara mengatasi sakit gigi saat puasa


1. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati sakit gigi ketika puasa yang paling ampuh adalah berkumur dengan air garam. Caranya, kamu bisa mencampurkan ½ sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur selama beberapa detik. Air garam sendiri bersifat analgesik (pereda nyeri) yang bisa membersihkan gigi dan bakteri yang menimbulkan rasa sakit. 


2. Kompres pakai es batu

Gigi sakit saat puasa juga bisa diatasi dengan mengompres pakai es batu. Untuk melakukan cara ini, kamu bisa memasukkan es batu ke dalam sebuah plastik kecil. Kemudian, tempelkan plastik tersebut pada area pipi atau tempelkan secara langsung di area gigi yang sakit selama 20 menit. Tujuannya adalah untuk mengebaskan saraf gigi yang sakit. 


Baca juga: Cara menyikat gigi untuk gigi sensitif


3. Oleskan minyak cengkeh ke area gigi yang sakit

Mengoleskan minyak cengkeh juga merupakan salah satu cara mengobati gigi sakit saat puasa. Minyak cengkeh mengandung senyawa kimia utama eugenol yang berfungsi sebagai anestesi alami. Sebelum mengoleskan minyak cengkeh ke area gigi yang sakit, pastikan kamu sudah menyikat gigi terlebih dahulu ya! Setelah itu, tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di area gigi yang bermasalah sambil ditekan selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda.


4. Berkumur dengan teh peppermint



Cara mengobati sakit gigi ketika puasa selanjutnya adalah berkumur dengan teh peppermint. Caranya, rebus daun teh peppermint hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air rebusan tersebut. Teh peppermint sendiri mengandung zat tanin yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit gigi dan menenangkan gusi sensitif.


Baca juga: Sakit gigi bisa sampai kepala dan telinga?


5. Kumur dengan air cuka 

Air cuka mengandung antibakteri dan antimikroba yang diketahui ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi. Namun, kamu tidak boleh berkumur langsung dengan cuka murni, karena dapat merusak lapisan enamel gigi. Kamu bisa melarutkan ½ sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumur dan tahan selama 30 detik. Kalau kamu tidak suka dengan rasa asam dari cuka, kamu bisa meneteskan cuka pada kapas dan ditempelkan di area gigi yang sakit, lalu berkumur seperti biasa. 


Itulah lima cara mengatasi sakit gigi saat puasa. Jika sakit gigi saat puasa tak kunjung reda, kamu bisa konsultasi dengan dokter gigi di klinik kami yang tersebar di Indonesia. Dengan penanganan dari dokter gigi berpengalaman, klinik kami siap mengatasi berbagai permasalahan gigi, mulai dari sakit gigi hingga meratakan gigi. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dan mengunjungi klinik kami ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar