icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/7 Makanan Penguat Gigi yang Wajib Dikonsumsi Sehari-hari/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

7 Makanan Penguat Gigi yang Wajib Dikonsumsi Sehari-hari

Makanan Penguat Gigi
dok. Rata Indonesia

Rata Family, tahukah kamu kalau makanan memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut? Disebut demikian karena ada banyak makanan penguat gigi yang bisa menyehatkan dan membuat gigi tetap kuat. Sebaliknya, ada juga makanan yang tidak baik untuk gigi karena bisa merusak gigi, seperti menyebabkan plak gigi, mengurangi mineral pada gigi, hingga menyebabkan gigi sensitif.

 

Dengan mengetahui fakta tersebut, kita sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan yang mengandung kalsium, fosfor, fluoride, dan vitamin C, karena kandungan-kandungan itu bisa membantu meningkatkan kekuatan gigi dan tulang. 

 

Bagaimana cara agar gigi tetap kuat? “Fluoride dan kalsium merupakan dua kandungan utama yang bisa membuat gigi tetap kuat. Kalsium ada dalam banyak jenis makanan, khususnya produk susu,” jelas Dr. Frank Cattanese, DMD, dokter gigi asal AS dalam Eat This

 

Lalu, apa saja jenis-jenis makanan yang menyehatkan gigi? Simak informasinya seperti dikutip dari Eat This berikut ini.


Makanan yang baik untuk gigi


1. Susu


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006, susu kaya akan kalsium yang bisa membuat gigi jadi lebih kuat. Selain itu, kandungan kalsium yang ada pada susu juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut.

 

“Kalsium adalah salah satu struktur utama yang membentuk email, lapisan luar gigi. Ini (email gigi) adalah lapisan terkeras pada gigi yang bisa melindungi keseluruhan gigi. Makanan apa pun yang tinggi kalsium baik untuk gigi secara keseluruhan,” lanjut Dr. Cattenese.


2. Keju

Selain susu, keju juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk gigi. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 menyebutkan kalau keju bisa membantu melindungi gigi dari gigi berlubang.


Keju sendiri mengandung protein yang disebut kasein. Sebuah studi pada 2004 menemukan bahwa kasein dapat berperan dalam remineralisasi email gigi. Remineralisasi sendiri merupakan proses pergantian kalsium dan fosfat (mineral) yang mulai terkikis pada email gigi. Hal ini penting dilakukan agar email gigi tetap kuat saat berhadapan dengan bakteri, asam, dan gula yang ada dalam makanan. Selain itu, remineralisasi juga penting untuk mencegah gigi keropos.


3. Teh hijau

Teh hijau mengandung fluoride yang bisa membantu gigi jadi lebih kuat. Selain itu, teh hijau juga mengandung banyak sekali antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik dalam membunuh partikel bebas dalam tubuh. Antioksidan juga bermanfaat bagi kamu jika ingin menjaga mulut tetap fresh, karena bakteri penyebab utama rusaknya gigi dan mulut dapat hilang.


4. Wortel



Mau gigi kuat dan sehat? Perbanyaklah konsumsi wortel! Sayuran yang kerap ditemui dalam sup ini kaya akan vitamin A, vitamin B6, biotin, dan juga serat.


“Wortel memiliki tekstur yang keras, sehingga bisa berfungsi sebagai sikat gigi alami. Wortel juga rendah gula, yang baik untuk kesehatan gigi,” terang Dr. Cattanese.


5. Seledri

Sama seperti wortel, seledri juga memiliki tekstur yang keras sehingga dapat berfungsi sebagai sikat gigi alami. Mengonsumsi banyak seledri dipercaya bisa merangsang produksi air liur yang bisa membantu kamu menghilangkan bakteri.


“Seledri kaya akan vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa membantu kesehatan gusi, serta mencegah peradangan pada gusi,” lanjut Dr. Cattanese.


6. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran bergizi yang bisa menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel di gigi. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalium.


7. Ikan

Makanan penguat gigi terakhir adalah ikan. Beberapa jenis ikan seperti sarden, mackerel, tuna, dan salmon bermanfaat bagi kesehatan gigi karena mengandung kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang tinggi. 

 

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kesehatan gusi, cobalah perbanyak konsumsi salmon. Pasalnya, menurut para peneliti di Harvard University, salmon mengandung omega-3 yang bisa mencegah risiko penyakit gusi. 

 

Itulah tujuh makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Makanan-makanan tersebut akan tambah sehat dan lezat jika kamu mengolahnya dengan cookware yang bagus tanpa kandungan zat kimia. Salah satu rekomendasi cookware yang bisa kamu pilih adalah Debellin Premium Cookware (Debellin).

 

Debellin merupakan brand lokal yang menggunakan teknologi dan komponen dari Jerman dalam menciptakan serangkaian alat masak premium yang aman untuk kesehatan (PFOA Free). Menggunakan lapisan anti lengket teknologi Jerman, cookware dari Debellin dapat memasak dengan sedikit atau bahkan tanpa menggunakan minyak sama sekali, lho! Selain itu, cookware dari Debellin juga hadir dengan desain yang premium, eksklusif, dan aesthetic, sehingga bisa langsung kamu sajikan di atas meja tanpa perlu dipindah ke piring saji.