icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Tanpa Tusuk Gigi, Ini 5 Cara Membersihkan Makanan Tersangkut di Gigi/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Tanpa Tusuk Gigi, Ini 5 Cara Membersihkan Makanan Tersangkut di Gigi

Makanan Tersangkut di Gigi
dok. Rata Indonesia

Siapa sih yang tidak kesal ketika selilitan atau saat makanan nyangkut di gigi? Kondisi ini tentu saja merepotkan dan mengganggu aktivitas. 


Jika kondisi ini terjadi, beberapa orang biasanya memilih cara membersihkan makanan bersisa dengan menggunakan tusuk gigi. Meski tusuk gigi dipercaya efektif untuk membersihkan sisa makanan yang mengganjal, namun penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering tidak disarankan karena bisa membahayakan kesehatan gigi dan gusi.


Lalu, adakah cara lain membersihkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dengan aman? Simak penjelasannya di bawah ini!


Cara mengatasi makanan nyangkut di gigi

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi selilitan atau saat makanan yang nyangkut di gigi. Berikut ini cara membersihkan makanan bersisa seperti dikutip dari Smile 4ever Family Dentistry.


1. Berkumur dengan air garam

Cara membersihkan makanan bersisa yang satu ini memang tergolong mudah. Namun siapa sangka, teknik ini cukup efektif untuk menghilangkan sisa makanan disela gigi.


Untuk melakukan cara ini, kamu cukup berkumur dengan larutan garam hangat selama 30 detik. Air bersuhu hangat kabarnya bisa membuat sisa makanan yang tersangkut jadi melunak dan lebih mudah keluar lewat gerakan berkumur. Sementara itu, air garam bisa mengurangi peradangan sekaligus membunuh bakteri berbahaya.


2. Sikat gigi setelah makan

Jika makanan yang nyangkut di gigi tidak bisa keluar dengan berkumur, cobalah atasi dengan cara menyikat gigi setelah makan. Selain dapat membersihkan gigi secara keseluruhan, menyikat gigi juga bisa membantu memberikan dorongan ekstra pada makanan yang menyangkut di sela gigi. Saat melakukan cara ini, pastikan untuk memilih sikat gigi berbulu halus ya!


3. Menggunakan benang gigi

Cara selanjutnya untuk mengatasi selilitan adalah dengan menggunakan dental floss atau benang gigi. Jika kamu bingung dengan cara penggunaanya, berikut ini panduaan menggunakan benang gigi seperti dikutip dari Mouth Healthy:


  • Ambil benang gigi sekitar 45 cm
  • Lilitkan benang pada kedua jari tengah kamu
  • Pegang erat sisa benang gigi dengan dibantu oleh ibu jari dan telunjuk
  • Selipkan benang gigi secara perlahan pada sela-sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C
  • Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi
  • Aplikasikan cara yang sama pada sela-sela gigi yang lain


4. Menggunakan water flosser

Sisa makanan masuk ke bekas cabut gigi? Cobalah atasi dengan water flosser. Water flosser merupakan alat yang bisa menyemprotkan air dengan tekanan yang kuat, sehingga sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi bisa dibersihkan.


Namun, sebelum menggunakan water flosser, pastikan kamu telah mempelajari cara-cara pemakaiannya agar penggunaannya lebih efektif ya!


5. Menggunakan interdental brush