icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Tanpa Tusuk Gigi, Ini 5 Cara Membersihkan Makanan Tersangkut di Gigi/

Tanpa Tusuk Gigi, Ini 5 Cara Membersihkan Makanan Tersangkut di Gigi

Makanan Tersangkut di Gigi
dok. Rata Indonesia

Siapa sih yang tidak kesal ketika selilitan atau saat makanan nyangkut di gigi? Kondisi ini tentu saja merepotkan dan mengganggu aktivitas. 


Jika kondisi ini terjadi, beberapa orang biasanya memilih cara membersihkan makanan bersisa dengan menggunakan tusuk gigi. Meski tusuk gigi dipercaya efektif untuk membersihkan sisa makanan yang mengganjal, namun penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering tidak disarankan karena bisa membahayakan kesehatan gigi dan gusi.


Lalu, adakah cara lain membersihkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dengan aman? Simak penjelasannya di bawah ini!


Cara mengatasi makanan nyangkut di gigi

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi selilitan atau saat makanan yang nyangkut di gigi. Berikut ini cara membersihkan makanan bersisa seperti dikutip dari Smile 4ever Family Dentistry.


1. Berkumur dengan air garam

Cara membersihkan makanan bersisa yang satu ini memang tergolong mudah. Namun siapa sangka, teknik ini cukup efektif untuk menghilangkan sisa makanan disela gigi.


Untuk melakukan cara ini, kamu cukup berkumur dengan larutan garam hangat selama 30 detik. Air bersuhu hangat kabarnya bisa membuat sisa makanan yang tersangkut jadi melunak dan lebih mudah keluar lewat gerakan berkumur. Sementara itu, air garam bisa mengurangi peradangan sekaligus membunuh bakteri berbahaya.


2. Sikat gigi setelah makan

Jika makanan yang nyangkut di gigi tidak bisa keluar dengan berkumur, cobalah atasi dengan cara menyikat gigi setelah makan. Selain dapat membersihkan gigi secara keseluruhan, menyikat gigi juga bisa membantu memberikan dorongan ekstra pada makanan yang menyangkut di sela gigi. Saat melakukan cara ini, pastikan untuk memilih sikat gigi berbulu halus ya!


3. Menggunakan benang gigi

Cara selanjutnya untuk mengatasi selilitan adalah dengan menggunakan dental floss atau benang gigi. Jika kamu bingung dengan cara penggunaanya, berikut ini panduaan menggunakan benang gigi seperti dikutip dari Mouth Healthy:


  • Ambil benang gigi sekitar 45 cm
  • Lilitkan benang pada kedua jari tengah kamu
  • Pegang erat sisa benang gigi dengan dibantu oleh ibu jari dan telunjuk
  • Selipkan benang gigi secara perlahan pada sela-sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C
  • Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi
  • Aplikasikan cara yang sama pada sela-sela gigi yang lain


4. Menggunakan water flosser

Sisa makanan masuk ke bekas cabut gigi? Cobalah atasi dengan water flosser. Water flosser merupakan alat yang bisa menyemprotkan air dengan tekanan yang kuat, sehingga sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi bisa dibersihkan.


Namun, sebelum menggunakan water flosser, pastikan kamu telah mempelajari cara-cara pemakaiannya agar penggunaannya lebih efektif ya!


5. Menggunakan interdental brush

Cara terakhir untuk mengatasi makanan nyangkut di gigi adalah dengan menggunakan interdental brush. Bagi kamu yang belum familiar, interdental brush merupakan sebuah sikat berukuran kecil yang bisa masuk ke sela-sela gigi tanpa melukai gusi. 


Untuk menggunakan alat ini, oleskan pasta gigi sedikit pada interdental brush. Setelah itu, masukkan interdental brush ke sela-sela gigi dan gosok dengan gerakan maju mundur. Mengoleskan pasta gigi pada interdental brush tak hanya bisa membersihkan sela antar gigi, tapi juga membuat permukaan di sela-sela gigi menjadi lebih sehat dan tahan terhadap karies, lho!


Itulah informasi mengenai cara membersihkan makanan bersisa yang terselip di gigi. Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas namun masih ada makanan yang tertinggal, cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, seperti tambal gigi, veneer gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya, ya!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar