icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Hati-Hati! Ini Bahaya Sering Menggunakan Tusuk Gigi/

Hati-Hati! Ini Bahaya Sering Menggunakan Tusuk Gigi

Bahaya Sering Menggunakan Tusuk Gigi
dok. Freepik

Hampir semua orang pasti tahu tusuk gigi. Benda kecil yang satu ini kerap diandalkan untuk membersihkan makanan yang terselip di gigi. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang kerap menggunakan alat tersebut?


Meski tusuk gigi dipercaya efektif untuk membersihkan makanan yang mengganjal, namun penggunaan alat ini justru tidak disarankan karena bisa membahayakan kesehatan gigi dan gusi. Untuk lebih lengkapnya, simak bahaya penggunaan tusuk gigi dan cara alternatif membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi berikut ini!


Sejarah tusuk gigi

Tusuk gigi memiliki sejarah yang panjang. Mengutip United Concordia Dental, zaman dulu orang-orang kerap menggunakan bahan dari ranting, rumput, hingga bambu untuk membersihkan gigi. Bagi orang-orang kaya yang suka kemewahan, tusuk gigi dibuat dari emas dan juga perak.


Era modern tusuk gigi dimulai ketika seorang pria asal Amerika Serikat bernama Charles Forster membuat tusuk gigi dari kayu. Ia pun disebut-sebut sebagai orang pertama yang membuat tusuk gigi kayu buatan tangan di Amerika Serikat. 


Namun pada 1860, Charles memproduksi tusuk gigi dengan menggunakan mesin karena permintaan yang terus meningkat. Saat itu, ia memproduksinya di kota Strong, Maine, Amerika Serikat. Kota ini pun dikenal sebagai ibu kota tusuk gigi di dunia. Namun pada 2003, Charles lewat perusahaannya bernama Forster Manufacturing berhenti memproduksi tusuk gigi. 


Bahaya menggunakan tusuk gigi yang terlalu sering

Tusuk gigi yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari kayu atau plastik yang memiliki bagian ujung yang tajam. Nah, bagian yang tajam ini biasanya disisipkan di antara gigi untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang mengganjal di sela-sela gigi. 


Di balik manfaatnya yang bisa menghilangkan sisa makanan yang terselip, ternyata penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi, lho. Simak beberapa bahaya penggunaan tusuk gigi seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini:


1. Memicu kerusakan gigi

Menurut Academy of General Dentistry, penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering bisa meningkatkan risiko terjadinya kerusakan gigi. Selain itu, bahaya terlalu sering menggunakan tusuk gigi adalah membuat gusi berdarah. Alasannya karena potongan kayu pada tusuk gigi bisa patah dan menusuk jaringan gusi. Jaringan yang tertusuk ini berpotensi menjadi jalan masuk bakteri penyebab infeksi pada gusi. 


2. Meregangkan ruang antar gigi

Merenggangkan gigi adalah memberikan jarak antara satu gigi dengan gigi lain. Kondisi ini bisa terjadi jika kamu salah dalam memakai tusuk gigi. Untuk mencegah hal itu terjadi, tusuk gigi sebaiknya dipakai dengan cara digerakkan dari dalam ke luar secara perlahan dengan sudut kemiringan 45 derajat


Cara alternatif membersihkan gigi dari sisa makanan yang terselip

Sebetulnya banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan makanan yang menyangkut di gigi. Berikut ini cara alternatif membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan seperti dikutip dari McCarthy Dentistry


1. Menggunakan benang gigi

Membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dapat menggunakan benang gigi atau dental floss. Jika kamu bingung dengan cara penggunaanya, berikut ini adalah cara yang benar untuk menggunakan benang gigi:


  • Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan kedua ujung benang pada jari tengah tangan kanan dan kiri.
  • Pegang erat benang gigi dengan dibantu oleh ibu jari dan telunjuk.
  • Selipkan benang gigi secara perlahan pada sela-sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C.
  • Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.
  • Aplikasikan cara yang sama pada sela-sela gigi yang lain.


2. Sikat gigi setelah makan

Cara lain untuk mengatasi makanan yang menyangkut di sela gigi adalah dengan sikat gigi setiap setelah makan. Selain dapat membersihkan gigi secara keseluruhan, menyikat gigi juga bisa membantu memberikan dorongan ekstra pada makanan yang menyangkut di sela gigi.


Itulah penjelasan mengenai bahaya penggunaan tusuk gigi terlalu dan cara alternatif membersihkan gigi dari sisa makanan. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan gusi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar