icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Viral di Media Sosial, Bersihkan Lidah dengan Sendok. Amankah?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Viral di Media Sosial, Bersihkan Lidah dengan Sendok. Amankah?

Membersihkan Lidah dengan Sendok
dok. Freepik

Beberapa waktu yang lalu, jejaring media sosial TikTok dihebohkan dengan video singkat yang memperlihatkan cara membersihkan lidah dengan sendok makan. Kabarnya, penggunaan alat makan tersebut bisa membantu mengurangi bau mulut. 

 

 

Namun, benarkah demikian? Amankah membersihkan lidah dengan sendok? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawaban lengkapnya, ya!


Amankah membersihkan lidah dengan sendok?

Membersihkan lidah memang dianjurkan setiap kali menggosok gigi. Saat ini, banyak sekali alat pembersih lidah yang dijual di pasaran. Misalnya, tongue cleaner berbahan plastik, stainless steel, hingga silicone finger toothbrush yang dirancang khusus untuk anak-anak. 

 

Kendati alat pembersih lidah banyak tersedia di pasaran, namun tak sedikit masyarakat kerap menggunakan sendok makan untuk membersihkan lidah. Selain karena mudah dijumpai di mana-mana, beberapa masyarakat juga menganggap bahwa permukaan sendok yang melengkung efektif untuk mengerok/mengikis kotoran yang menempel pada lidah. Namun, benarkah demikian?

 

Penggunaan sendok makan sebetulnya tidak dilarang untuk membersihkan lidah, namun menurut situs Medicine Net membersihkan lidah dengan sendok justru tidak terlalu efektif untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Meskipun sudah dibersihkan, sendok juga dianggap tidak cukup higienis dan justru bisa merusak papila (tonjolan-tonjolan pada permukaan lidah).

 

Alih-alih menggunakan sendok, sebaiknya kamu menggunakan alat pembersih lidah seperti tongue cleaner. Bahkan, Medicine Net menyebut bahwa tongue cleaner lebih efektif menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, penggunaan tongue cleaner juga bisa merangsang produksi air liur, dan menghilangkan lapisan putih pada permukaan lidah. 


Cara membersihkan lidah dengan tongue cleaner

Alat pembersih lidah (tongue cleaner) saat ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kamu bisa memilih jenis alat pembersih lidah tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan alat kerokan lidah, jangan khawatir, berikut ini cara membersihkan lidah dengan menggunakan tongue cleaner:

 

  • Sambil berkaca, julurkan lidah keluar. Lalu, tempelkan tongue cleaner di area lidah bagian dalam
  • Tekan alat dan gerakkan ke arah depan secara perlahan dengan tekanan yang tidak terlalu keras. Pastikan sudah menjangkau semua permukaan lidah
  • Jika dirasa sudah cukup bersih, berkumurlah dengan air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri. Lakukan cara ini beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal
  • Setelahnya, cuci alat pembersih lidah dengan air supaya tetap bersih dan simpan di tempat yang kering

 

Kamu bisa melakukan rutinitas menyikat lidah ini dua kali sehari. Gunakan alat kerokan lidah setelah menyikat gigi, baik pada pagi atau malam hari. 

 

Itulah penjelasan mengenai amankah membersihkan lidah dengan sendok. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan gusi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar