icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Bisakah Memutihkan Gigi Saat Sedang Perawatan Aligner?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Bisakah Memutihkan Gigi Saat Sedang Perawatan Aligner?

Bisakah Memutihkan Gigi Saat Sedang Perawatan Aligner?
dok. Rata Indonesia

Ingin memutihkan gigi tapi sedang menjalani perawatan meratakan gigi dengan clear aligner? Tenang, kamu tidak sendiri. Banyak orang yang ingin melakukan kedua hal ini secara bersamaan namun tidak tahu bagaimana harus melakukannya.


Yuk, cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!


Bisakah memutihkan gigi saat sedang perawatan aligner?

Memutihkan gigi dan merapikan gigi menggunakan aligner adalah dua tindakan perawatan gigi dengan prosedur yang berbeda. Pemutihan gigi dilakukan dengan menggunakan bahan kimia yang dioleskan ke gigi kemudian diberikan sinar laser untuk mempercepat proses pemutihannya. Sementara itu, pemasangan aligner gigi hanya melibatkan satu item saja, yakni aligner itu sendiri.


Perawatan gigi dengan aligner pun tidak mengganggu aktivitas kamu sehari-hari karena penggunaan aligner cukup fleksibel dan bisa dilepas pasang saat kondisi tertentu, misalnya saat makan atau saat menggosok gigi. Jika kamu ingin memutihkan gigi di saat kamu sedang menjalani perawatan dengan aligner tentu diperbolehkan.


Hal ini karena prosedur memutihkan gigi tidak akan mengganggu proses perawatan gigi dengan aligner. Terlebih jika proses pemutihan gigi yang kamu jalani menggunakan alat dan bahan yang modern, seperti at-home whitening kit UWhite by Rata.


Pilihan waktu untuk memutihkan gigi saat pakai aligner

Aligner memang bisa dilepas pasang kapan saja. Tetapi, tetap harus digunakan selama kurang lebih 20 – 22 jam per harinya agar proses meratakan gigi dapat berlangsung dalam waktu yang singkat. Dengan lamanya durasi pemakaian aligner per hari tersebut, kamu hanya bisa memutihkan gigi di saat aligner sedang dilepas, yakni pada saat makan maupun menggosok gigi.


Disarankan untuk memutihkan gigi saat waktu menggosok gigi. Sebab, sebelum melakukan proses pemutihan gigi, kamu dianjurkan untuk membersihkan gigi terlebih dahulu dan mengeringkannya. Bahan pemutih hanya bisa dioleskan ke permukaan gigi yang kering.


Nah, proses pemutihan gigi ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit sampai bahan pemutih gigi terserap dan menunjukkan hasilnya. Setelah proses ini berakhir, kamu bisa kembali menggunakan aligner. 


Pertimbangan itulah yang mengharuskan kamu untuk memutihkan gigi di waktu tersebut. Dengan begitu, proses perawatan gigi dengan aligner tidak akan terganggu.


Cara menjaga hasil memutihkan gigi saat pakai aligner

Hasil dari memutihkan gigi tidak permanen, sehingga prosesnya harus kembali diulang setelah warnanya memudar. Namun, proses pemutihan gigi yang dilakukan terlalu sering dikhawatirkan dapat mengganggu perawatan gigi dengan aligner.


Supaya warna gigi tidak mudah menguning setelah memutihkan gigi di tengah periode pemakaian aligner, kamu harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengubah warna gigi. Biasakan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari.


Aligner juga perlu dibersihkan agar tidak ada sisa makanan yang menempel di permukaan aligner. Jika ada sisa makanan yang menempel di aligner, hal ini dapat menyebabkan timbulnya plak pada gigi, yang mana ini adalah salah satu penyebab warna gigi menjadi kusam.


Bagaimana, ingin memutihkan gigi secepat mungkin walau sedang menggunakan aligner? Kamu bisa menggunakan alat pemutih gigi UWhite by Rata.