icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan Aligner Gigi/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan Aligner Gigi

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan Aligner Gigi
dok. Rata Indonesia

Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merapikan gigi tanpa harus menggunakan behel atau kawat gigi. Telah muncul clear aligner atau perata gigi generasi baru berbahan plastik bening yang memiliki fungsi sama dengan behel.


Meski fungsinya sama, pemakaian aligner gigi tidak seribet behel karena cukup fleksibel dan dapat dilepas pasang saat kondisi tertentu sehingga tidak mengganggu aktivitas pemakaiannya. Warna aligner gigi yang transparan juga membuat penggunaan aligner hampir tidak terlihat.


Jika disandingkan dengan behel, clear aligner tentu memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh perapi gigi konvensional tersebut. Akan tetapi, penting bagi pengguna aligner untuk tetap disiplin saat sedang menggunakan aligner.


Penggunaannya yang simpel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien sering kali membuat pemakainya tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan dokter gigi. Padahal pemakaian aligner gigi yang sembarangan hanya akan memperlambat durasi pemakaiannya saja, loh.


Nah, bagi kamu yang hendak menggunakan clear aligner, jangan sampai melanggar aturan, ya!


Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Menggunakan Aligner

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan aligner gigi. Perata gigi berwarna bening ini memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar oleh penggunanya. Sekali dilanggar, maka akan memengaruhi durasi pemakaian clear aligner itu sendiri.


Jika tak mau menambah waktu pemakaian aligner dan harus mengulangi prosesnya lagi dari awal, sebaiknya pahami hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan aligner berikut ini.


Hal yang boleh dilakukan

Setiap pasien wajib menggunakan aligner setidaknya 20 – 22 jam per harinya. Set aligner yang sudah diterima di awal pemakaian harus diganti ke nomor atau set berikutnya setiap 7 – 10 hari.


Jika ternyata dalam satu hari pasien tidak memakai aligner selama waktu yang ditentukan, durasi pemakaian aligner akan ditambah menjadi 14 hari atau sesuai dengan ketentuan dokter gigi. Pasien harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan masalah ini.


Hal lain yang harus dilakukan adalah melepas aligner setiap kamu akan sikat gigi, makan, dan minum minuman berwarna. Selain itu, kamu juga harus membersihkan aligner di bawah air mengalir dengan sikat gigi berbulu halus.                                      


Pastikan juga untuk tetap memakai aligner saat beraktivitas dan olahraga, ya!                               


Hal yang tidak boleh dilakukan

Yang pertama, hindari meletakkan aligner di luar case saat tidak digunakan. Sebab hal ini dapat menyebabkan aligner terpapar kuman atau bakteri.                                 


Hal selanjutnya yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan aligner adalah hindari membersihkan aligner dengan pasta gigi. Sifat pasta gigi yang abrasif dapat menyebabkan aligner berubah warna jadi lebih kusam atau tidak bening lagi.                         



Jangan lupa juga untuk melepas aligner gigi sebelum makan dan minum, terutama saat minum minuman panas karena berpotensi membuat aligner rusak. Yang terakhir, hindari merokok saat pakai aligner karena noda dari rokok akan tertinggal di clear aligner, meskipun sebetulnya noda ini mudah dibersihkan dengan air.


Itu dia beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan aligner. Bagaimana, semakin yakin untuk menggunakan aligner?


Segera tanya dokter gigi dari Rata tentang masalah atau kesehatan gigimu, yuk! Konsultasi gigi ini bisa dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah.


Tunggu apalagi, yuk jadwalkan konsultasi gigi online kamu dan cetak aligner dari rumah dengan dipandu oleh dokter gigi Rata!


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar