icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mouth Guard: Pengertian, Fungsi hingga Jenisnya/

Mouth Guard: Pengertian, Fungsi hingga Jenisnya

Mouth Guard: Pengertian, Fungsi hingga Jenisnya
dok. Rata Indonesia

Rata Family, bagi kamu yang rutin berolahraga pasti pernah atau sering mendengar istilah mouth guard kan? Mouth guard merupakan alat yang sering dipakai saat olahraga atau kegiatan lain yang melibatkan kontak fisik rentan yang mengalami trauma atau cedera pada gigi.


Mouth guard digunakan untuk mencegah terjadinya cedera pada bibir, wajah, lidah, rahang, dan kerusakan pada gigi. Biasanya, mouth guard menutupi gigi bagian atas untuk mencegah agar tidak melukai lidah, bibir, dan bagian pipi saat terjadi cedera atau trauma pada wajah dan mulut. 


Ada beberapa jenis olahraga yang membutuhkan mouth guard sebagai peralatan standar. Jenis olahraga itu adalah rugby, football, sepak bola, bola basket, hoki, tinju, gulat, dan olahraga lain yang berisiko tinggi mengalami cedera pada gigi.


Lantas, siapa sajakah yang membutuhkan mouth guard? Apakah alat pelindung mulut dan gigi ini memiliki beragam jenis? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai habis ya!


Jenis-jenis mouth guard

Mouth guard umumnya terbuat dari material plastik. Berikut ini beberapa jenis mouth guard yang bisa digunakan, seperti yang dikutip dari situs American Dental Association (ADA). 


1. Custom-made

Custom-made dianggap sebagai jenis mouth guard terbaik, karena dibuat khusus untuk masing-masing pasien. Karena dibuat personal, mouth guard ini pasti akan fit dengan ukuran gigi dan rahang pasien.


Jenis mouth guard ini biasanya dibuat oleh dokter gigi. Nantinya, dokter gigi akan mencetak rahang pasien lalu hasilnya akan dikirim untuk dikerjakan di laboratorium dental. Karena proses pembuatannya yang spesifik, harga mouth guard ini biasanya lebih mahal dibanding dengan jenis yang lain.


2. Mouth-formed (boil-and-bite)

Selanjutnya ada mouth-formed. Jenis ini terbuat dari material thermoplastic (plastik yang dapat melunak saat dipanaskan dan mengeras saat mendingin). Cara penggunaan mouth guard ini relatif mudah, yaitu diletakkan dalam air panas (selama 15 detik) hingga melunak lalu dimasukkan ke dalam mulut. Setelah itu, mouth guard dibentuk menggunakan bantuan jari dan lidah agar sesuai dengan bentuk gigi dan rahang pemakainya. Sayangnya, jenis mouth guard ini relatif jarang tersedia di Indonesia.


3. Stock (ready-made)

Berbeda dengan mouth-formed, jenis mouth guard yang satu ini mudah ditemukan di berbagai mall atau toko peralatan olahraga. Jenis ini dibuat di pabrik dengan berbagai ukuran, tapi tidak dapat disesuaikan dengan ukuran dan bentuk si pemakai. Karena ukurannya yang universal, jenis mouth guard ini kurang disarankan karena terkadang kurang fit dan seringkali mengganggu saat bicara atau bernapas. Dengan demikian perlindungannya pun jadi kurang optimal.


Siapa yang harus menggunakan mouth guard?

Selama ini kita tahu bahwa atlet di cabang olahraga tertentu yang membutuhkan mouth guard. Faktanya, tak hanya atlet saja lho yang membutuhkan mouth guard. Siapa pun yang terlibat dalam aktivitas kontak fisik yang rentan mengalami cedera mulut dan gigi sangat dianjurkan untuk memakai mouth guard.


Selain itu, mouth guard juga disarankan dipakai oleh pasien dengan masalah gigi seperti overbite, penderita kelainan sendi rahang (Temporomandibular Joint/TMJ Disorder), hingga bruxism. Bruxism sendiri adalah kebiasaan menggeretakkan atau menggesekan gigi yang dilakukan secara tidak sadar. Kebiasaan ini umumnya dilakukan saat tidur dan bisa menyebabkan permukaan gigi menjadi aus. Oleh sebab itulah, mouth guard umum digunakan sebagai pelindung gigi saat tidur bagi pasien dengan kondisi gigi tersebut.


Namun sayangnya, mouth guard agak sulit ditemukan. Sehingga untuk pasien penderita bruxism disarankan untuk memakai Clear Aligner. Selain berfungsi untuk meratakan gigi, penggunaan aligner pada pasien bruxism juga dapat mencegah gesekan pada gigi. 


Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Clear Aligner, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya di Klinik Rata terdekat. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi kamu dengan dokter gigi Rata!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar