icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Pakai Clear Aligner saat Olahraga, Bolehkah?/

Pakai Clear Aligner saat Olahraga, Bolehkah?

Pakai Clear Aligner saat Olahraga, Bolehkah?
dok. Rata Indonesia

Popularitas Clear Aligner kini semakin meningkat di kalangan anak muda yang sangat memperhatikan penampilan. Tak heran, karena aligner dinilai sebagai solusi merapikan gigi yang praktis dibandingkan dengan pemakaian behel atau kawat gigi.


Jika dibanginkan behel, Clear Aligner memang memiliki banyak keuntungan. Selain harganya yang lebih murah, aligner gigi juga tidak mengganggu penampilan karena bentuknya yang transparan dan bisa dilepas pasang.


Meski bisa dilepas pasang, Clear Aligner tetap harus dipakai sesuai ketentuan agar proses perataan gigi bisa berjalan maksimal. Aligner sendiri dipakai selama 20 - 22 jam per harinya. 2 jam sisanya, kamu bisa melepas aligner untuk makan tiga kali dan sikat gigi dua kali dalam sehari.


Namun, bagaimana dengan olahraga? Apakah Clear Aligner harus tetap dipakai saat berolahraga? Untuk mencari tahu jawabannya, simak ulasan di bawah ini ya!


Apakah boleh menggunakan Clear Aligner saat olahraga?

Jawabannya adalah tergantung pada jenis dan intensitas olahraga yang kamu lakukan. Jika kamu melakukan olahraga yang ringan (low-impact), maka kamu boleh memakai Clear Aligner saat berolahraga. 


Sebaliknya, jika kamu melakukan olahraga high-impact yang memiliki risiko tinggi, maka kamu disarankan untuk tidak memakai Clear Aligner. Mengutip situs Ever Smile, itu karena jenis olahraga tersebut dapat berisiko membuat aligner kamu rusak terkena benturan keras.


Berikut ini beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk melepas Clear Aligner:

  • Tinju
  • Sepak bola
  • Hoki
  • Bela diri
  • Polo
  • Gulat
  • Bola basket
  • Tenis
  • Bola voli


Lantas, bagaimana dengan olahraga renang? Aligner gigi tetap bisa dipakai saat berenang kok! Sebab, kandungan klorin yang ada di dalam kolam renang tidak akan mempengaruhi aligner kamu. 


Nah, itulah informasi seputar pemakaian Clear Aligner saat berolahraga. Jika kamu sudah memiliki aligner atau hendak membelinya dan ingin tahu apakah aligner gigi yang kamu gunakan bisa dipakai pada jenis olahraga tertentu, maka pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter gigi kamu ya!



Di Rata, kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian aligner dengan dokter gigi, lho! Menariknya konsultasi dengan dokter gigi Rata bisa dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. Apalagi aligner gigi Rata juga terbuat dari plastik medical grade & BPA-free, sehingga bikin olahraga kamu tetap nyaman dan minim sakit. 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar