icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Punya Masalah Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Punya Masalah Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner?

Punya Masalah Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner?
dok. FreePik

Jika kamu mencari perawatan perata gigi yang nyaman dipakai dan tidak menimbulkan rasa nyeri, aligner adalah jawabannya. Dibandingkan dengan behel atau kawat gigi, meratakan gigi dengan aligner memang terbilang lebih efisien, baik dari segi cara pakai dan durasi pemakaiannya.


Hal ini karena aligner terbuat dari material plastik medical grade dan BPA-free yang dicetak seperti cetakan gigi transparan sehingga mudah dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan penggunanya. Selain itu, lama pemakaian aligner juga jauh lebih singkat dari behel, yakni sekitar 3 – 6 bulan saja.


Aligner dapat digunakan oleh siapa pun yang memiliki masalah dengan susunan gigi yang berantakan. Hanya saja, aligner lebih diperuntukkan bagi masalah gigi ringan. 


Lalu, bagaimana dengan pemilik gigi sensitif? Apakah gigi sensitif bisa menggunakan aligner?


Kenali kondisi gigi sensitif

Gigi sensitif sebenarnya adalah kondisi ketika muncul sensasi ngilu dan nyeri sementara pada gigi. Sensasi ini muncul sebagai respons terhadap beberapa kondisi, misalnya saat sikat gigi, makan dan minum yang terlalu panas atau dingin.


Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Biasanya gigi sensitif baru mulai dirasakan saat berusia di atas 20 tahun, tapi tidak jarang beberapa remaja juga mengalaminya. Memiliki gigi sensitif memang dapat mengganggu aktivitas.


Hal itulah yang sering kali membuat pemilik gigi sensitif khawatir untuk melakukan perawatan gigi, termasuk menggunakan aligner. Mungkin tak sedikit juga dari Rata Family yang mengira bahwa pemilik gigi sensitif tidak bisa menggunakan aligner atau perata gigi apa pun karena takut kalau kondisi giginya justru dapat memicu rasa nyeri saat dipasangkan aligner pada gigi.


Padahal, aligner berfungsi untuk merapikan gigi dan tidak ada pengaruhnya dengan gigi sensitif. Kalau kamu masih sering merasakan ngilu saat makan, minum, atau saat sikat gigi, kamu tetap bisa menjalani perawatan gigi dengan aligner.


Biasanya untuk kasus yang seperti ini, dokter akan memberikan rekomendasi treatment guna mengatasi gigi sensitif kamu, seperti pengaplikasian bahan yang mengandung fluoride pada gigi. Tenang saja, treatment pendukung ini tidak akan mengganggu proses perataan gigi kamu, kok.


Tips menggunakan aligner dengan kondisi gigi sensitif

Ada 4 tips yang bisa Rata Family lakukan untuk menggunakan aligner meski memiliki kondisi gigi sensitif. Apa saja?


  1. Memiliki gigi sensitif atau tidak, pengguna aligner harus rajin menjaga kebersihan mulutnya dengan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Perhatikan pula teknik saat menyikat gigi. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar dari arah gusi ke gigi.
  2. Selain itu, gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif yang memang dirancang untuk memberikan perlindungan lebih untuk gigi sensitif. Dengan begitu, rasa ngilu dan nyeri dapat terminimalisir.
  3. Pengguna aligner juga tidak boleh lupa untuk membersihkan aligner miliknya. Saat menyikat gigi, aligner juga harus ikut disikat dan dibersihkan dengan air mengalir. Jangan pernah menyikat aligner dengan pasta gigi karena sifat pasta gigi yang abrasif dapat mengikis bahan aligner.
  4. Gunakan sabun berbahan ringan seperti sabun cuci tangan dan sabun cuci piring untuk membersihkan aligner. Setelah dicuci, keringkan aligner dengan cara meletakkannya di atas kain bersih. Tunggu sampai benar-benar kering, baru kemudian aligner bisa digunakan kembali.



Jika kondisi gigi sensitif kamu ternyata sangat mengkhawatirkan, biasanya dokter akan menyarankan agar pasien menjalani pengobatan terlebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan aligner. Untuk memastikan apakah kondisi gigi kamu dapat dipasangkan aligner atau tidak, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter gigi Rata.


Dokter gigi Rata akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kondisi gigi kamu. Baru setelah itu, dokter gigi Rata akan memutuskan apakah pasien bisa memakai aligner atau tidak. 


Satu hal yang menarik dari meratakan gigi dengan aligner Rata, semua proses tersebut dapat dilakukan secara online. Kamu bisa konsultasi dengan dokter gigi lewat video call, mencetak gigi dari rumah dengan bantuan dokter gigi dan kamu bisa duduk tenang menunggu aligner dikirim ke rumahmu. 


Yuk, mulai jadwalkan konsultasi online kamu dengan dokter gigi Rata sekarang! 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar