icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Berlubang Harus Ditambal atau Dicabut?/

Gigi Berlubang Harus Ditambal atau Dicabut?

Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut
dok. Rata Indonesia

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang umum terjadi, baik pada orang dewasa, anak-anak, hingga lansia. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh plak atau lapisan tipis yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, air liur, serta jutaan bakteri.


Ketika kamu makan dan minum tapi jarang membersihkan mulut, maka plak tersebut akan terbentuk di permukaan gigi dan menghasilkan asam. Asam inilah yang akan terus mengikis lapisan terluar gigi (enamel) hingga akhirnya membentuk lubang. 


Pada awalnya, lubang tersebut akan berukuran kecil. Namun jika tidak dirawat dengan baik, lubang atau rongga itu akan menjadi semakin besar dan meningkatkan beragam risiko masalah gigi lain, seperti infeksi hingga gigi tanggal.


Lantas, apa yang harus dilakukan jika gigi sudah berlubang? Apakah gigi berlubang sebaiknya dicabut atau ditambal? Simak informasinya seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.


Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Ampuh & Efektif


Kondisi gigi berlubang yang masih bisa ditambal



Gigi seperti apa yang bisa ditambal? Ternyata, ada beberapa kondisi gigi berlubang yang masih bisa diatasi dengan cara ditambal. Berikut di antaranya:


1. Gigi dengan lubang sebatas email

Kondisi ini terjadi jika kerusakan gigi hanya sampai ke lapisan permukaan email gigi. Lapisan email merupakan lapisan terluar dari gigi. Pada tahap ini, gigi berlubang bisa langsung ditambal permanen.


2. Gigi dengan lubang sebatas dentin

Kondisi gigi berlubang ini terjadi ketika kerusakan gigi sudah lebih dalam lagi hingga ke bagian dentin. Pada tahap ini, gigi berlubang dapat ditambal permanen. Namun, jika dentin yang rusak sudah terlalu dalam hingga mendekati ruang pulpa gigi, maka perlu diobati terlebih dahulu. Jika diidentifikasi lebih awal, kerusakan dentin dapat segera diatasi dengan tambalan.


Baca juga: Cara Mengatasi Gigi Berlubang di Depan yang Mengganggu Penampilan


3. Gigi berlubang sudah menembus pulpa

Kondisi ini terjadi jika kerusakan gigi sudah sampai bagian saraf gigi, sehingga perlu dilakukan serangkaian perawatan saluran akar. Perawatan saluran akar bertujuan untuk mengambil seluruh jaringan pulpa yang sudah terinfeksi.


Nantinya, perawatan ini akan membentuk saluran akar gigi yang pada akhirnya akan diisi dengan bahan pengisi gigi. Setelah itu, gigi yang berlubang akan ditambal secara permanen.


4. Abses gigi

Abses gigi adalah terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi. Abses gigi disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini bisa muncul di sekitar akar gigi atau di gusi. Jika abses terbentuk di gigi, maka dokter gigi kemungkinan akan melakukan perawatan saluran akar untuk menghilangkan infeksi dan menutup gigi. Dalam kasus yang parah, gigi yang terkena abses mungkin perlu dicabut sepenuhnya.


Sementara itu, kisaran biaya tambal gigi bergantung dari besar atau kecilnya lubang pada gigi yang harus ditambal. Di klinik gigi maupun rumah sakit swasta, harga tambal gigi berkisar mulai dari Rp100.000 - Rp300.000 per gigi untuk kasus gigi berlubang ringan. Sedangkan, kasus gigi berlubang sedang hingga besar biaya tambal yang perlu dikeluarkan sekitar Rp400.000 - Rp700.000 per gigi. 


Kondisi gigi berlubang yang harus dicabut



Tak semua gigi berlubang bisa diatasi dengan cara ditambal. Dokter gigi biasanya akan menyarankan untuk tindakan pencabutan. Kondisi gigi berlubang apa saja yang diharuskan untuk tindakan pencabutan? Berikut di antaranya:


1. Gigi berlubang besar dan dalam

Contoh gigi yang tidak bisa ditambal, yaitu kondisi gigi berlubang besar dan dalam. Tindakan pencabutan gigi diperlukan jika lubang pada gigi cukup besar dan dalam sampai bagian pulpa gigi, lalu tembus lagi dari dasar kamar pulpa sampai ke percabangan akar gigi (bifurkasi). Pada kondisi ini, gigi tidak bisa dirawat lagi karena infeksi telah menyebar ke bagian bawah gigi.


2. Gigi berlubang disertai goyang

Kondisi ini juga disarankan untuk tindakan pencabutan daripada penambalan. Menambal gigi berlubang akan sia-sia, sebab gigi akan tetap terasa sakit karena goyangnya gigi tersebut. 


Baca juga: 7 Akibat Gigi Berlubang yang Dibiarkan Tanpa Diobati


3. Gigi berlubang tinggal akar

Jika kamu mengalami gigi berlubang dan menyebabkan gigi hanya tinggal sisa akar, maka tindakan pencabutan lebih baik dilakukan daripada penambalan. Pencabutan bertujuan agar gigi tidak menyebabkan infeksi. 


4. Gigi berlubang pada geraham bungsu yang tumbuh miring

Pencabutan gigi juga diperlukan jika kondisi gigi geraham bungsu yang berlubang serta tumbuhnya miring. Tindakan ini penting dilakukan untuk mencegah kerusakan pada gigi sebelahnya. 


Itulah penjelasan mengenai kondisi gigi berlubang yang sebaiknya dicabut atau ditambal. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi berlubang, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar. Kami tunggu kedatanganmu, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar