icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Berapa Lama Memakai Retainer Gigi?/
Aligner Gigi 101

Berapa Lama Memakai Retainer Gigi?

Berapa Lama Memakai Retainer Gigi?
dok. Rata Indonesia

Ternyata ada anjuran waktu dalam penggunaan retainer gigi. Lantas, berapa lama memakai retainer gigi setelah lepas aligner? Cari tau jawabannya di artikel ini, yuk!

 

Bagi Rata Family yang sedang atau pernah memakai Clear Aligner, tentu familiar dengan retainer gigi? Meski bentuknya sama, retainer gigi ternyata memiliki fungsi yang berbeda dengan aligner.

 

Apa itu retainer gigi dan apakah retainer bisa merapikan gigi? Retainer adalah alat bantu yang digunakan untuk menjaga susunan gigi. Retainer dipakai setelah kamu selesai menjalani proses perataan gigi dengan behel maupun aligner. Adapun fungsi retainer gigi adalah agar posisi gigi yang sudah bergeser rapi tidak kembali berantakan. 

 

Saat menggunakan retainer, beberapa dari Rata Family mungkin bertanya-tanya berapa lama memakai retainer gigi? Untuk mengetahui jawabannya, baca terus artikel ini sampai habis, ya!

 

Berapa lama memakai retainer gigi?

Penggunaan retainer dalam menahan posisi gigi yang sudah dirapikan memakan waktu 1,5 - 2 tahun. Durasi ini dibedakan berdasarkan kondisi gigi masing-masing pasien. Ada pasien yang harus memakainya sepanjang hari, tapi ada juga yang cukup memakainya di malam hari.

 

Meski begitu, retainer harus dipakai sesuai instruksi dokter gigi dan tidak boleh dilepas pasang seenaknya. Bagaimanapun keberhasilan perawatan gigi juga ditentukan oleh pemakaian retainer.

 

Dikutip dari Oral Health Foundation, retainer bekerja dengan cara menahan struktur gigi yang sudah diperbaiki sementara gusi dan tulang gigi beradaptasi. Jika penggunaan retainer dilewatkan, perataan gigi yang telah dilakukan pun bisa menjadi sia-sia.


 

Kapan retainer harus digunakan?

Para ahli menyarankan, pasien yang baru selesai menjalani perataan gigi dengan behel maupun aligner harus langsung menggunakan retainer. Hal ini bertujuan untuk mencegah pergeseran gigi yang bisa terjadi setelah pelepasan behel atau aligner gigi.

 

Meski demikian, setiap individu memiliki kondisi gigi yang berbeda. Pada beberapa orang mungkin akan langsung mengalami pergeseran gigi yang signifikan hanya dalam hitungan minggu tidak memakai retainer. Namun pada orang lain, hal tersebut belum tentu terjadi. Untuk itulah, penting menggunakan retainer agar posisi gigi tidak bergeser. 

  

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan retainer

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan retainer. Apa saja?

  • Retainer harus digunakan secara rutin dan konsisten agar gigi yang sudah rapi tidak kembali berantakan.
  • Retainer hanya boleh dilepas ketika hendak makan, sikat gigi, maupun saat ingin dibersihkan. Setelah dibersihkan pun retainer harus digunakan kembali.
  • Cara membersihkan retainer tergantung dari material retainer itu sendiri. Jika kamu menggunakan retainer removable, maka cukup dibersihkan dengan air hangat dan sabun berbahan ringan. Sedangkan retainer gigi permanen harus dibersihkan dengan teknik flossing atau jika merasa kesulitan, kamu bisa meminta bantuan dokter gigi untuk membersihkannya.

 

Satu hal yang perlu diketahui, pemakaian retainer gigi adalah salah satu kunci keberhasilan perawatan merapikan gigi karena dapat membantu menjaga posisi maupun susunan gigi yang sudah dirapikan.

 

Jika saat ini Rata Family sedang menjalani perawatan gigi dengan aligner, tak ada salahnya untuk mulai berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai penggunaan retainer. Klinik gigi Rata memiliki sejumlah dokter gigi terbaik yang siap membantu kamu dalam urusan pemakaian retainer.

 

Rata juga memiliki produk retainer yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan gigi kamu. Dirancang oleh tim supervisi dokter gigi berpengalaman, retainer Rata memiliki kualitas yang unggul dan pastinya dapat membantu menjaga posisi gigi yang sudah rapi agar tidak bergerak.

 

Jadi tunggu apalagi, yuk jadwalkan konsultasi online dengan Rata! Kamu juga bisa mengunjungi klinik Rata terdekat untuk melakukan konsultasi. Informasi lain mengenai retainer dapat dicek di website dan Instagram @rata.id, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar