icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Penting! Cara Pakai Retainer agar Gigi Tidak Bergerak Lagi/

Penting! Cara Pakai Retainer agar Gigi Tidak Bergerak Lagi

cara pakai retainer gigi, tips pakai retainer agar gigi tidak bergerak lagi
dok. Rata Indonesia

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si.


Retainer gigi adalah sebuah alat yang dirancang khusus untuk menahan gigi berada di posisi ideal setelah penggunaan aligner™. Terdapat dua jenis retainer yang dapat kamu gunakan, yakni retainer yang dapat dilepas dan tidak dapat dilepas. 

Jika kamu menggunakan retainer yang tidak dapat dilepas, maka kamu harus menggunakannya sepanjang hari. Namun, jika kamu memilih retainer gigi yang dapat dilepas, memiliki aturan yang sedikit berbeda, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perawatan dan anjuran dokter gigi. 


Lalu, bagaimana cara memakai retainer gigi agar gigi tidak bergerak lagi? Setidaknya kamu perlu menggunakan retainer dua kali durasi perawatan dengan aligner™. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan aligner™ selama 6 bulan*, maka pemakaian retainer wajib dilakukan kurang lebih selama 1 tahun*.

Benarkah retainer gigi dipakai seumur hidup?

Menurut drg. Jessica Endriyana, pemakaian retainer memang sebaiknya digunakan seumur hidup. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa mengontrol secara berkala pembentukan tulang peyangga gigi. Di sisi lain, untuk melihat tulang perlu dilakukan xray, namun kita tidak dianjurkan terlalu sering melakukan xray karena paparan radiasi.


Berapa lama durasi pemakaian retainer gigi?

Untuk pemakaian yang efektif retainer sebaiknya digunakan 20-22 jam sehari selama 3-4 bulan pertama. Selanjutnya, dapat digunakan hanya pada malam hari minimal 8 jam sehari. Pemakaian retainer yang rutin berfungsi untuk mengembalikan pondasi tulang penyangga gigi pasca digerakkan oleh aligner™.


Baca juga: Viral! TikTokers Pakai Behel 60rb


Apa yang terjadi ketika tidak menggunakan retainer gigi setelah perawatan clear aligner™? 

Cara pakai retainer gigi yang tepat harus mengikuti saran dari dokter gigi. Jika kamu tidak memakai retainer sesuai arahan dokter gigi, dapat saja gigi bergeser kembali ke posisi semula. Ketika kamu tidak menggunakan retainer selama beberapa minggu atau bulan pun, tidak menutup kemungkinan gigi kembali bergeser dan retainer tidak pas lagi dengan gigi kamu. 


Karenanya, Rata menganjurkan untuk disiplin menggunakan retainer setelah perawatan aligner™. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan retainer dengan mencuci setelah dipakai dengan air mengalir serta melepasnya saat makan atau sikat gigi. Ada baiknya juga untuk mengganti retainer setiap enam bulan sekali untuk menjaga kebersihan retainer gigi. 


Baca juga: Dipakai 22 Jam/hari, Kapan Waktu Lepas Aligner?


Untuk informasi lebih lanjut terkait penggunaan aligner™ atau pun cara pakai retainer gigi yang tepat, ikuti akun media sosial Instagram @rata.id atau kunjungi website www.rata.id.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar