icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Pakai Aligner Gigi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya!/
Aligner Gigi 101

Pakai Aligner Gigi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya!

Pakai Aligner Gigi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya!
dok. Freepik

Diet untuk tujuan menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan menggunakan perata gigi atau aligner. Yap, clear aligner tidak hanya berfungsi untuk meratakan gigi tapi juga sekaligus memberikan hasil pada penurunan berat badan orang yang memakainya.


Kok bisa begitu? Terdapat hubungan antara aligner gigi dengan kebiasaan sehari-hari si pemakainya. Pasalnya, pasien lebih mampu mengatur pola makan serta menerapkan gaya hidup positif.


Ketahui lebih lanjut mengenai cara aligner gigi bisa membuat pemakainya mampu turunkan berat badan melalui ulasan berikut ini!


Menurunkan Berat Badan dengan Pakai Aligner Gigi

Ada aturan yang harus diikuti pasien selama periode pemakaian aligner gigi. Pasien dituntut untuk disiplin dalam menggunakan clear aligner agar mendapatkan gigi rata dalam waktu cepat.


Hal inilah yang kemudian menyebabkan perubahan terhadap kebiasaan sehari-hari si pemakai. Alhasil bukan hanya gigi rata yang didapatkan, tapi juga berat badan yang ideal karena pasien mampu mengelola kebiasan makan menjadi lebih baik.


Berikut perubahan kebiasan sehari-hari yang umumnya dialami pasien saat menggunakan clear aligner hingga mampu menurunkan berat badan secara drastis.


1. Mengurangi kebiasaan ngemil

Tak bisa dimungkiri jam-jam kritis di sore hari atau malam hari membuat siapa saja tergoda untuk ngemil. Namun, dengan menggunakan aligner gigi, keinginan untuk ngemil menjadi berkurang.


Hal ini karena pasien dituntut untuk menggunakan clear aligner selama 20 – 22 jam per hari dan hanya boleh dilepas saat diperlukan saja, misalnya saat makan dan menggosok gigi. Meski dapat dilepas untuk sekadar ngemil, tapi ngemil dapat mempengaruhi durasi waktu pemakaian aligner gigi.


Selain itu, pasien juga disarankan untuk menjaga kebersihan gigi sehabis makan guna mencegah terjadinya penumpukan plak akibat sisa-sisa makanan yang menempel. Nah, alasan inilah yang terkadang membuat pasien malas untuk ngemil karena tidak mau repot untuk menggosok gigi dan membersihkan clear aligner setiap sehabis ngemil.


2. Menjadi lebih disiplin

Aligner gigi adalah investasi untuk mendapatkan senyum yang indah. Investasi harus dijaga dan dipertahankan agar hasilnya sesuai ekspektasi. Oleh karena itulah, pasien akan belajar disiplin untuk tidak melepas pasang aligner gigi terlalu sering.


Bahan aligner gigi yang cukup elastis juga membuatnya rentan terhadap gesekan. Semakin sering aligner dilepas pasang, semakin tinggi pula potensi kerusakan pada aligner pasien.


Jika aligner gigi rusak, mau tidak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru. Pergantian aligner ini memakan waktu karena gigi harus kembali dicetak dan menunggu sampai clear aligner selesai dibuat. Hal ini tentu akan menyebabkan durasi pemakaian aligner menjadi molor.


3. Memilah makanan dan minuman yang dikonsumsi

Dalam menggunakan perata gigi, dokter gigi cenderung tidak memberikan pantangan makanan dan minuman. Hanya saja, clear aligner harus dilepas ketika makan dan minum minuman yang panas/terlalu dingin atau minuman berwarna agar aligner tidak rusak.


Tuntutan untuk merawat aligner gigi agar tidak mudah rusak akhirnya memaksa para pemakainya agar hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang sewajarnya. Lagipula, pasien hanya memiliki waktu terbatas untuk makan dan minum.


Bayangkan kamu hanya punya waktu dua jam untuk melepas aligner dalam sehari. Kamu pun harus memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin untuk makan dan minum. Dengan waktu yang sangat sempit, tentunya kamu harus pintar dalam memilih makanan dan minuman yang dapat dimakan dengan nikmat tanpa terburu-buru. 


4. Konsisten

Hasil pemakaian aligner gigi yang instan umumnya membuat pasien jadi lebih semangat untuk menggunakan clear aligner sesuai anjuran dokter. Pergerakan gigi juga dapat terlihat setiap minggunya, bahkan kamu sudah bisa melihat hasil akhirnya melalui video 3D di awal pemakaian.


Adanya preview hasil akhir pasti akan menjadikan kamu sebagai orang yang konsisten semata-mata untuk mendapatkan gigi yang rata secepatnya. Dengan begitu, kamu akan menjalani perawatan gigi dengan aligner sebaik mungkin tanpa melanggar aturan.


5. Lebih banyak minum air putih