icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Pentingnya Lakukan Perawatan Gigi, Idealnya 6 Bulan Sebelum Menikah/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Pentingnya Lakukan Perawatan Gigi, Idealnya 6 Bulan Sebelum Menikah

Pentingnya Lakukan Perawatan Gigi, Idealnya 6 Bulan Sebelum Menikah
dok. FreePik

Dalam menyiapkan pernikahan, rata-rata orang lebih fokus terhadap hal-hal yang berhubungan dengan acara intinya saja. Baju pengantin, make up, wedding organizer, event organizer, catering, dan lain sebagainya. Padahal, melakukan perawatan gigi sebelum menikah juga tidak kalah penting.


Penampilan diri sendiri juga tak boleh dilupakan, ya. Justru, penampilan diri sendirilah yang harus diutamakan terlebih dahulu sebelum memikirkan poin penting lainnya.  Gigi yang sehat dan bersih menjadi salah satu penunjang kepercayaan diri.


Ya, bagaimanapun saat hari pernikahan tiba, kamu harus tersenyum lebar menyambut orang-orang yang datang. Belum lagi, banyak yang akan meminta foto dan video denganmu sehingga kamu harus menyiapkan senyum terbaikmu.


Bagi kamu yang punya masalah dengan penampilan gigi tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan pemakaian aligner. Tak membutuhkan waktu lama, penggunaan aligner gigi hanya berlangsung selama 3 – 6 bulan saja, jadi kamu masih punya waktu untuk merapikan gigimu sebelum menikah.


Berikut rangkaian proses merapikan gigi dengan aligner menjelang pernikahan.


Perawatan Gigi Sebelum Menikah

Jika behel membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk merapikan gigi, lain halnya dengan aligner yang membutuhkan waktu lebih singkat. Dalam kurun waktu 6 bulan saja, kamu bisa memiliki senyum indah dengan susunan gigi yang lebih rapi. Ini dia proses merapikan gigi dengan aligner menjelang pernikahan.


6 Bulan Menjelang Pernikahan


Konsultasi dokter gigi

Jadwalkan konsultasi kamu dengan dokter gigi, dapat dilakukan online maupun ke klinik. Pada konsultasi ini, kamu bisa menanyakan perihal kondisi gigi kamu saat ini. Dokter juga akan melakukan pengecekan terlebih dahulu guna memastikan apakah masalah gigi kamu bisa diatasi dengan aligner atau tidak.


Perlu kamu ketahui bahwa aligner hanya diperuntukkan bagi kasus gigi ringan hingga mild. Jadi, kalau kondisi gigi kamu tergolong ke dalam level berat, dokter mungkin akan menyarankan kamu untuk menggunakan behel.


Cetak Gigi

Apabila dokter memberikan lampu hijau untuk kamu menggunakan aligner, langkah selanjutnya adalah mencetak gigi. Jika kamu memilih untuk cetak di rumah, proses pencetakan gigi ini bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang akan dikirimkan oleh pihak klinik.


Pasien juga akan dipandu langsung oleh dokter gigi melalui video chat sehingga memudahkan proses pencetakan gigi. Dokter akan memastikan bahwa cetakan gigi yang dicetak sudah benar dan layak dijadikan acuan untuk pencetakan aligner.


5 Bulan Menjelang Pernikahan

Kamu akan mendapatkan video simulasi pergerakan gigi secara 3D. Video ini berisi pergerakan gigi yang akan dialami selama menggunakan aligner. Pergerakan gigi diperlihatkan dari sisi depan, samping kanan kiri, dan dari dalam mulut.


4 Bulan Menjelang Pernikahan

Di tahap ini, kamu akan mendapatkan set aligner gigi yang sudah selesai dicetak. Kamu tidak hanya mendapat sepasang clear aligner untuk gigi atas dan bawah, tapi juga beberapa pasang. Jumlahnya ini disesuaikan dengan kondisi gigi kamu.


Penggunaan masing-masing aligner juga berbeda-beda dan umumnya digunakan selama 7 – 10 hari per set. Dengan periode pemakaian set clear aligner yang sebentar ini, durasi total pemakaian aligner paling hanya berlangsung selama 4 bulan saja.


Sebelum pemakaian aligner, kamu diwajibkan untuk melakukan first set visit untuk bertemu langsung dengan dokter gigi. Dalam pertemuan ini, kamu akan dijelaskan cara memasang dan melepas serta membersihkan aligner gigi dengan tepat. Dokter juga mungkin akan menyarankan tindakan slicing gigi bila diperlukan.


3 Bulan Menjelang Pernikahan

Kamu akan menjalani proses pemakaian aligner gigi selama periode yang ditentukan. Aligner harus digunakan selama 20 – 22 jam per hari. Jika kurang dari waktu tersebut, bukan tidak mungkin kalau kamu harus mengulang pemakaian aligner gigi dari awal.


Tiap set clear aligner juga harus diganti sesuai waktu yang telah ditetapkan. Pastikan kamu tidak lupa kapan waktu mengganti set aligner gigi.


1 Bulan Menjelang Pernikahan

Di tahap terakhir ini, kamu sudah bisa melihat perbedaan susunan gigi kamu dari sebelum menggunakan aligner hingga sekarang. Kamu juga tinggal menggunakan set aligner nomor terakhir. Konsultasi online bisa dilakukan jika kamu memiliki pertanyaan seputar hal ini.