icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Mengenal Aligner Gigi, Teknologi Terbaru untuk Meratakan Gigi/

Mengenal Aligner Gigi, Teknologi Terbaru untuk Meratakan Gigi

aligner gigi dari Rata
dok. Rata Indonesia

Aligner gigi (clear aligner) merupakan perawatan untuk meratakan gigi terkini, solusi alternatif selain behel atau kawat gigi. Seperti apa cara kerja dan proses perawatan gigi ini? Berikut informasi selengkapnya.


Memiliki susunan gigi yang menawan tentu jadi dambaan semua orang. Namun sayangnya, tidak semua orang terlahir dengan susunan gigi yang rapi sehingga dibutuhkan perawatan untuk memperbaiki susunan gigi tersebut.


Untuk mengatasi masalah ini, biasanya orang akan memilih menggunakan behel atau kawat gigi. Menariknya dua tahun terakhir muncul tren perawatan merapikan gigi dengan aligner gigi, sehingga behel atau kawat gigi bukanlah satu-satunya metode untuk meratakan gigi.


Setelah sebelumnya ramai digunakan oleh selebriti Hollywood seperti Oprah Winfrey dan Justin Bieber, kepopuleran aligner gigi pun semakin meningkat, tak terkecuali di Indonesia. Saat ini pun, ada pula klinik gigi yang menyediakan perawatan merapikan gigi dengan aligner.


Kamu masih belum paham apa itu aligner gigi? Jangan khawatir, yuk simak info lengkapnya berikut ini!



Apa itu aligner gigi?

Aligner gigi atau (clear aligner) adalah teknologi terbaru untuk meratakan gigi tanpa mengganggu estetika. Dalam jurnal Clinical Limitation of Invisalign, Dr. Ling, seorang profesor di University of Wester Ontario, Kanada, menyebutkan bahwa aligner gigi terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm).


Tidak seperti behel, aligner gigi didesain transparan sehingga ketika digunakan tidak akan terlihat. Cara kerja aligner gigi dinilai jauh lebih nyaman dan tidak menyakitkan. Jika behel merapikan gigi dengan menarik gigi ke posisi yang benar dengan bantuan kawat, clear aligner merapikan gigi dengan memberikannya tekanan dari luar dan dalam.


Aligner gigi dipakai dengan memasukkan cetakan bening yang menyerupai bentuk jajaran gigi pasien di rahang atas dan bawah. Clear aligner bekerja dengan cara melapisi gigi sekaligus memberikan tekanan secara perlahan pada setiap gigi pasien, hingga nantinya posisi gigi akan berubah perlahan menjadi rata. 


Menurut Dr. Ling, aligner gigi dapat merapikan susunan gigi dengan pergerakan 0,25 mm setiap minggunya. Meski terdengar sedikit, kalau diakumulasi hasilnya akan jelas terlihat.


Menariknya, clear aligner dapat dilepas pasang kapan saja. Jadi, ketika si pemakai hendak makan atau sikat gigi, aligner dapat dilepas dan digunakan kembali sesuai keinginan. Namun, untuk hasil yang maksimal, aligner gigi harus dipakai minimal 20 – 22 jam per hari.



Syarat menggunakan aligner

Sebetulnya, tidak ada syarat khusus untuk menggunakan aligner gigi. Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa clear aligner hanya diperuntukkan bagi kasus perataan gigi yang ringan hingga sedang.


Setiap pasien yang hendak menggunakan clear aligner diharuskan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Saat tahap konsultasi, dokter akan melakukan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kondisi gigi pasien dapat dibantu diratakan dengan aligner atau tidak.


Jika kasus sudah disetujui oleh dokter, aligner akan dicetak sesuai dengan foto gigi pasien yang telah dipindai (scanning) secara digital. Setelah itu, pasien akan menerima beberapa set aligner yang akan menggerakkan gigi mereka secara bertahap. Pergerakan ini biasanya telah terprediksi dan disimulasikan oleh teknologi artificial intelligence (AI).


Dalam penggunaannya, pasien harus menggunakan 1 nomor aligner gigi setidaknya setiap selama 7 hari hingga 14 hari. Artinya, pasien bisa melihat atau merasakan perubahan kecil pada susunan gigi setiap melakukan pergantian ke nomor selanjutnya.



Lama perawatan gigi dengan aligner

Berapa lama gigi dapat rata dengan perawatan clear aligner? Jika perawatan gigi dengan behel memerlukan waktu setidaknya 2 sampai 3 tahun, berbeda dengan aligner yang pemakaiannya dapat digunakan hanya dalam hitungan bulan.


Umumnya perawatan dengan aligner gigi memakan waktu sekitar 3-12 bulan. Namun, hal ini dapat bervariasi tergantung dari kondisi gigi dan disiplin atau tidaknya pasien dalam memakai aligner setiap hari.


Bagaimana, sudah lebih familiar dengan aligner? Sekarang kamu bisa mulai mempertimbangkan pemakaian aligner gigi sebagai pengganti behel untuk meratakan gigi.


Salah satu aligner gigi yang bisa kamu coba adalah aligner Rata. Untuk mendapatkannya, kamu dianjurkan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Rata. Jangan khawatir, konsultasi gigi pun bisa dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu keluar rumah. 


Dokter gigi Rata akan mengecek kondisi gigi secara keseluruhan, kemudian kamu bisa melakukan cetak gigi secara manual yang dipandu oleh dokter gigi atau langsung datang ke klinik Rata untuk melakukan scan gigi. Setelah itu, aligner akan dicetak dan dikirim langsung ke rumahmu. 


Dengan menggunakan aligner Rata, kamu tidak perlu bolak-balik ke klinik karena semuanya bisa dilakukan dari rumah dengan dipandu oleh dokter gigi dari Rata.


Aligner Rata tentunya menjadi salah satu alternatif perawatan gigi yang dapat kamu perhitungkan. Prosesnya yang cepat dan tidak memakan waktu lama akan membuat susunan gigi yang tadinya berantakan menjadi lebih rapi sehingga kamu dapat tersenyum dengan lebar.


Tunggu apalagi? Yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak gigi yang dipandu oleh dokter gigi Rata!



Source:

https://www.cda-adc.ca/jcda/vol-73/issue-3/263.pdf

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar