icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Pakai Aligner Gigi Menyebabkan Cadel, Mitos atau Fakta?/
Aligner Gigi 101

Pakai Aligner Gigi Menyebabkan Cadel, Mitos atau Fakta?

Cadel saat Memakai Aligner
dok. Rata Indonesia

Rata Family, apakah kamu baru pertama kali memakai clear aligner Rata?


Ada beberapa hal yang biasanya terjadi saat pertama kali memakai aligner. Mulai dari gigi terasa ngilu atau sensitif, air liur bertambah, mulut menjadi lebih kering, hingga sariawan. Jika kamu mengalami hal-hal ini, jangan khawatir ya, karena menurut Head of Orthodontist Rata, drg. Nadya Saputri Halim, beberapa hal ini sangat wajar sehingga tidak perlu dikhawatirkan.


Selain kondisi tersebut, beberapa pengguna juga melaporkan bahwa mereka mengalami gangguan pelafalan huruf atau yang biasa disebut cadel ketika pertama kali memakai aligner. Namun, benarkah demikian? Apakah penggunaan aligner bisa menyebabkan seseorang menjadi cadel? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi berikut ini ya!


Apa saja penyebab cadel?


Menurut WebMD, cadel adalah salah satu gangguan dalam pelafalan atau berbicara yang melibatkan seseorang kesulitan dalam mengucapkan satu huruf tertentu. Biasanya, mereka mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf ‘r’, ‘s’, ‘z’, dan ‘th’. 


Kondisi ini biasanya dialami oleh anak-anak yang baru mulai belajar berbicara. Namun, cadel juga bisa terjadi pada orang dewasa yang disebabkan beberapa faktor: 

  • Struktur mulut
  • Disartria (gangguan saraf yang menyebabkan melemahnya otot untuk berbicara)
  • Apraksia (gangguan saraf yang membuat seseorang susah bicara) 
  • hingga kebiasaan buruk saat masih kecil


Benarkah pakai aligner gigi bikin kita jadi cadel?



Selain faktor penyebab cadel yang telah disebutkan di atas, beberapa juga menduga bahwa penggunaan alat ortodonti (seperti behel, kawat, hingga aligner) bisa menyebabkan cadel. Namun, benarkan pemakaian aligner gigi bisa membuat seseorang menjadi cadel?


Mengutip situs Straight Teeth Direct, pemakaian aligner gigi memang bisa membuat seseorang menjadi sedikit cadel. Hal ini terjadi karena saat gigi tertutup oleh aligner, lidah pun perlu beradaptasi karena berada dalam posisi yang sedikit berbeda dari biasanya. Aligner biasanya memiliki ketebalan 0.5 - 0.75mm, sehingga mungkin dapat membuat seseorang kesulitan membunyikan huruf tertentu atau cadel.


Perlu dicatat, bahwa kondisi ini tidak terjadi kepada semua pengguna aligner. Ada beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak mengalami cadel sama sekali ketika memakai aligner. Namun, ada pula yang melaporkan bahwa mereka mengalami cadel selama beberapa jam pertama atau beberapa hari pertama memakai aligner. 


Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena kondisi tersebut tidak akan bertahan lama. Menurut situs Smile Direct Club, cadel biasanya terjadi ketika pertama kali memakai aligner. Namun, ketika lidah dan mulut sudah bisa beradaptasi dengan aligner, cadel pun perlahan-lahan akan hilang.