icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/7 Langkah Mendapatkan Clear Aligner Rata, Mudah dan Gak Ribet!/
Aligner Gigi 101

7 Langkah Mendapatkan Clear Aligner Rata, Mudah dan Gak Ribet!

7 Cara Mendapatkan Clear Aligner Rata
dok. Rata Indonesia

Rata Family, apakah kamu memiliki rencana meratakan gigi dengan clear aligner? Ya, metode meratakan gigi tanpa behel ini memang tengah banyak diminati, khususnya oleh kalangan muda yang sangat memperhatikan penampilan.


Salah satu keunggulan clear aligner adalah berwarna transparan, sehingga tidak mengganggu penampilan. Aligner juga lebih nyaman dipakai karena minim sakit dan bisa dilepas pasang saat makan, minum-minuman berwarna, dan sikat gigi. 


Tak hanya nyaman dipakai, Rata aligner terjamin keamanannya karena Rata menjadi brand pertama di Indonesia yang mendapatkan hak paten nama 'Clear Aligner' dan izin edar alat kesehatan dari Kemenkes RI.


Bagaimana, makin yakin memilih aligner Rata sebagai metode perataaan gigi? Buat kamu yang memiliki rencana meratakan gigi menggunakan clear aligner Rata, namun bingung dengan langkah-langkahnya, berikut kami rangkum informasinya ya!


Steps mendapatkan clear aligner Rata



Ada beberapa steps untuk mendapatkan Rata aligner. Jangan khawatir, step-nya sangat mudah kok! Yuk, baca dan ikuti langkah mudah mendapatkan clear aligner Rata di bawah ini!


1. Menghubungi CS Rata

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi Customer Service (CS) Rata. Di tahapan ini, kamu bisa bertanya seputar informasi produk aligner Rata. Nantinya, CS Rata akan menjelaskan mengenai paket dan prosedur Rata.


2. Konsultasi dengan dokter gigi Rata

Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi Rata. Konsultasi bertujuan untuk mengidentifikasi kasus gigi yang kamu alami, sehingga dokter gigi Rata bisa memperkirakan jumlah set alinger yang dibutuhkan. Nah, konsultasi dengan dokter gigi Rata bisa kamu lakukan secara offline di Klinik Rata terdekat atau secara online melalui video call.


3. Cetak gigi

Langkah selanjutnya adalah cetak gigi. Ada tiga opsi cetak gigi yang bisa kamu pilih:

  • Menggunakan teknologi 3D Scan di Klinik Rata

Cetak gigi menggunakan teknologi 3D Scan ini hanya tersedia di Klinik Rata Senayan, Klinik Pure Menteng, dan Klinik Rata Gading Serpong.

  • Menggunakan putty dan sendok cetak di semua Klinik Rata
  • Menggunakan putty dan sendok cetak dari rumah secara mandiri

Nantinya, proses cetak gigi akan dipandu oleh dokter gigi Rata secara virtual. Jangan khawatir, ukuran sendok cetak akan disesuaikan

bagi masing-masing pasien, kok!


4. Menonton video 3D simulasi pergerakan gigi

Video 3D simulasi pergerakan gigi merupakan simulasi gigi pasien saat melakukan perawatan dengan Rata aligner. Video ini dibuat dengan cara menganalisa cetakan gigi menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga aligner yang nanti dibuat akan terprogram untuk menghasilkan pergerakan gigi secara maksimal. 


Video 3D simulasi bisa kamu peroleh dalam waktu 2 minggu setelah melakukan cetak gigi. Dari video simulasi tersebut, kamu akan mendapatkan informasi seputar jumlah aligner yang diperlukan serta bagian gigi yang perlu dilakukan tindakan slicing. Nah, jika kamu setuju dengan pergerakan video simulasi ini, kamu bisa melakukan konfirmasi ke CS Rata untuk lanjut ke proses pembuatan aligner Rata. 


5. Menerima box aligner Rata

Setelah jadi, aligner akan langsung dikirim ke alamat rumahmu! Rata aligner akan datang dalam sebuah box yang berisi set aligner, case untuk menyimpan aligner, chewies, case untuk menyimpan chewies, dan buku panduan.


Saat menerima aligner, pastikan untuk tidak langsung menggunakan aligner terlebih dahulu ya! Karena kamu akan diarahkan untuk melakukan First Set Visit (FSV) atau kontrol pertama penggunaan aligner secara online atau offline


6. Kontrol dengan dokter gigi Rata