icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Alasan Pentingnya Scaling Sebelum Cetak Gigi untuk Pemakaian Aligner/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alasan Pentingnya Scaling Sebelum Cetak Gigi untuk Pemakaian Aligner

rata artikel
dok. Rata Indonesia

Apa saja, sih, persiapan sebelum menggunakan clear aligner? Dalam menggunakan aligner, terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Mulai dari melakukan konsultasi, pengecekan kondisi gigi, hingga scaling.


Ya, scaling menjadi salah satu persiapan penting yang tak boleh dilewatkan sebelum melakukan perawatan gigi dengan aligner. Baru setelah scaling dilakukan, pasien bisa langsung menjalani proses pencetakan gigi dari rumah sambil dipandu dengan dokter gigi.


Penggunaan aligner gigi tidak seperti behel yang hanya menggunakan susunan kawat serta bracket di permukaan depan giginya saja. Aligner gigi memiliki bentuk seperti cetakan gigi yang akan menyelimuti gigi secara menyeluruh. Oleh karenanya, pasien harus melakukan scalling terlebih dahulu.


Untuk mengetahui tujuan dilakukannya scaling sebelum menggunakan aligner gigi, simak ulasan di bawah ini!


Alasan Pentingnya Scaling Sebelum Cetak Gigi

Seperti yang kalian tahu, scaling gigi adalah proses pembersihan karang gigi. Karang gigi terbentuk karena sisa makanan yang tertinggal pada daerah gigi dan gusi menjadi plak. Setelah mengeras, plak akan menjadi karang gigi.


Scaling gigi harus dilakukan sebelum pasien menggunakan aligner adalah karena karang gigi dapat memengaruhi bentuk gigi seorang. Jika karang gigi ikut tercetak saat proses pencetakan gigi, maka akan berpengaruh terhadap bentuk aligner kamu.


Karang gigi bisa sangat tipis tapi bisa juga sangat tebal (kondisi yang sudah menumpuk). Tebal atau tipisnya karang gigi inilah yang akan memengaruhi bentuk serta pemakaian aligner. Padahal, kamu tahu kalau aligner ibarat seperti jaket yang akan menutupi seluruh gigi secara merekat.


Kapan Pasien Harus Melakukan Scaling Gigi?

Pasien harus melakukan scaling sebelum menjalani proses pencetakan gigi. Pencetakan gigi ini dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan tertentu sehingga jika terdapat karang gigi yang masih menempel di permukaan gigi kamu, karang gigi bisa ikut tercetak.


Untuk itulah, scaling gigi perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum menggunakan clear aligner. Lebih baik untuk melakukan scaling secara rutin dan teratur di dokter gigi agar tak perlu lagi melakukan scalling menjelang pemakaian aligner.


Cara Merawat Clear Aligner agar Tidak Memicu Tumbuhnya Karang Gigi

Mungkinkan karang gigi muncul saat sedang memakai aligner? Mungkin saja. Jika hal ini sampai terjadi, bukan tidak mungkin kalau kamu harus mengulang proses pencetakan gigi sampai pembuatan aligner.  


Maka dari itu, penting bagi kamu untuk merawat clear aligner selama periode penggunaan. Aligner harus rutin dibersihkan setiap kali kamu hendak menggosok gigi. Gunakan air mengalir dan sabun khusus agar aligner kamu tetap higienis dan terbesar dari kuman serta bakteri.


Aligner gigi juga tidak boleh dipakai untuk makan dan minum minuman berwarna atau yang bersuhu terlalu panas atau dingin. Bukan hanya dapat merusak aligner itu sendiri, tapi juga dapat memicu timbulnya bakteri di permukaan aligner.


Saat melepas aligner gigi, kamu juga tidak boleh meletakkannya di sembarang tempat, tapi simpanlah di case aligner yang kamu dapatkan saat pertama kali menerima set aligner.


Bukan hanya aligner yang harus dirawat, kondisi gigi kamu juga harus selalu dirawat saat sedang menggunakan aligner. Usahakan untuk menggosok gigi minimal 2x sehari menggunakan sikat berbulu halus untuk menyapu bersih seluruh sisa makanan yang ada di mulut kamu agar tidak memicu pertumbuhan karang gigi.


Itu dia, penjelasan mengenai betapa pentingnya proses scaling sebelum menggunakan aligner. Bagaimana, semakin tertarik menggunakan aligner?


Segera konsultasikan masalah gigi kamu dengan dokter gigi Rata. Konsultasi ini bisa dilakukan secara online loh sehingga memudahkanmu yang enggan keluar rumah di masa pandemi seperti sekarang.


Tunggu apalagi, yuk, jadwalkan konsultasi online kamu dan cetak aligner kamu sendiri dari rumah dengan dipandu dokter gigi Rata