icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Pemakaian Clear Aligner Bisa Memicu Vertigo, Emang Iya?/

Pemakaian Clear Aligner Bisa Memicu Vertigo, Emang Iya?

Clear Aligner dan Vertigo
dok. Rata Indonesia

“Pemakaian Clear Aligner™ bisa memicu vertigo gak sih?”


“Ada gak hubungan antara pemakaian Clear Aligner™ dengan vertigo?”


Rata Family, apakah kamu pernah terlintas pertanyaan seperti ini? Ya, sebagian dari kamu mungkin pernah bertanya-tanya seputar hubungan antara Clear Aligner dan vertigo. Untuk itu, di artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lengkap mengenai hubungan antara Clear Alignerdan vertigo. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


Apa itu vertigo?

Mengutip situs NHS, vertigo adalah suatu gejala di mana seseorang merasa dirinya atau lingkungan sekitarnya seperti berputar. Biasanya, vertigo disertai dengan mual, muntah, gangguan pendengaran, sampai gangguan koordinasi. Selain itu, vertigo juga lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan pria dan prevalensinya meningkat seiring dengan pertumbuhan usia, dan seringkali terjadi pada usia 50 tahun ke atas.


Adakah hubungan antara pemakaian Clear Aligner dengan vertigo?

Perubahan pada oklusi gigi dan adanya defek pada permukaan oklusal gigi bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada Temporomandibular Joint (TMJ). TMJ adalah sendi engsel yang menghubungkan tulang rahang atas dengan rahang bawah antar tulang temporalis dengan kepala kondilus mandibularis.


Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Prosthetic Dentistry, gangguan pada TMJ inilah yang membuat gejala-gejala seperti gangguan pendengaran dan vertigo itu muncul.


Bagaimana mekanismenya hingga memicu vertigo?

Vertigo disebabkan oleh adanya perbedaan pada impuls dari kedua telinga yang dihantarkan ke pusat vestibular di otak. Mengutip situs Vestibular Disorder Association, pusat vestibular adalah bagian yang memproses informasi mengenai sensasi keseimbangan dan koordinasi gerakan mata.


Nah, sistem konduksi di telinga yang menghantarkan impuls ini letaknya berdekatan dengan TMJ. Oleh karena itulah, perubahan oklusi dan gangguan TMJ bisa mengakibatkan cedera pada sistem konduksi atau salah satu telinga, sehingga terjadi asimetri impuls dan menyebabkan vertigo.


Apakah maloklusi (gigi berantakan) juga bisa menyebabkan vertigo?

Perlu diketahui bahwa vertigo biasanya disebabkan karena perubahan mendadak pada gigi. Jadi, apabila maloklusi (gigi berantakan) yang terjadi secara progresif/seiring dengan pertumbuhan pasien dan apabila ada atrisi (hilangnya lapisan gigi yang disebabkan oleh gesekan antara gigi) yang terjadi secara bertahap, maka kondisi tersebut tidak akan menyebabkan vertigo karena pusat vestibular sudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan impuls yang terjadi secara bertahap. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa menjadi faktor penyebab timbulnya vertigo jika terjadi kehilangan gigi dan perawatan gigi yang traumatik.


Apa yang harus dilakukan jika mengalami vertigo saat memakai Aligner™?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika kamu mengalami vertigo saat memakai Aligner, yang pertama adalah menghentikan pemakaian Alignersementara waktu hingga vertigo dan gejala penyertanya membaik. Setelah itu, kamu bisa kembali memakai Alignerdengan mengurangi durasi pemakaian per harinya agar tidak memicu kambuhnya vertigo tersebut. 


Itulah informasi seputar hubungan antara Clear Alignerdan vertigo. Jika kondisi ini berlangsung lama dan tidak segera membaik, segera temui dan konsultasikan dengan dokter gigi kamu ya!


Di Rata, kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Alignerdengan dokter gigi, lho! Menariknya konsultasi dengan dokter gigi Rata bisa dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Alignergigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar