icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Kelebihan Clear Aligners™ vs Kawat Gigi untuk Anak /

Kelebihan Clear Aligners™ vs Kawat Gigi untuk Anak

kenapa anak harus pakai aligner?
dok. Rata Indonesia

Kalau dulu tidak banyak pilihan perawatan ortodonti saat kita masih kecil. Kini, sudah banyak pilihan untuk meratakan gigi. Namun, sebagai orang tua tentu harus memilih pilihan yang tepat untuk si kecil, karena mereka harus berkomitmen untuk menjalani perawatan selama beberapa waktu. 


Aligner maupun behel gigi merupakan pilihan yang efektif untuk meratakan gigi, perbedaannya terletak pada cara kerja dan perawatannya. Aligner menjadi lebih populer untuk anak-anak dan remaja, karena sadar akan penampilannya saat perawatan.


Baca juga: Aligner™ untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan


Clear aligners™ vs kawat gigi untuk anak, mana yang lebih baik?

Berikut beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan acuan untuk memilih perawatan meratakan gigi bagi anak.


Perbandingan bahan 

Perbedaan yang paling signifikan di antara aligner vs behel adalah bahan dan jenis perawatannya. Behel gigi digunakan secara permanen, berupa bracket yang ditempel di gigi. Hal ini mungkin saja menimbulkan rasa takut, terlebih bagi anak-anak. 


Sebaliknya, aligner terbuat dari plastik BPA Free, yang lebih nyaman dipakai dibandingkan behel. Beberapa dari anak-anak, mungkin memilih behel gigi, karena bisa memilih warna behel yang digunakan, sebagian lainnya justru tidak ingin menggunakan behel karena mengganggu penampilan. 


Aligner terbuat dari plastik bening, sehingga lebih nyaman dipakai dan tidak mengganggu penampilan. Terlebih, behel gigi membutuhkan biaya yang lebih tinggi dan cenderung mengganggu aktivitas. 


Perbandingan penampilan

Orang-orang di sekitar si kecil tidak akan sadar bahwa mereka sedang melakukan perawatan gigi dengan clear aligners™, kecuali menceritakannya atau melepas aligner gigi saat makan atau minum minuman berwarna. Akan tetapi, dibutuhkan disiplin yang tinggi saat anak menggunakan aligner. Karena harus dipakai selama 20-22 jam per hari dan menggantinya setiap dua minggu sekali hingga perawatan selesai. 


Kelebihan aligner dibanding behel adalah bisa dilepas pasang saat makan dan sikat gigi. Si kecil dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang mereka suka, tanpa khawatir atau membatasi pola makan saat perawatan. 


Kebersihan gigi si kecil juga lebih terjaga, karena tidak ada kawat gigi yang menghalangi saat sikat gigi maupun flossing gigi. Aligner pun tidak akan menyebabkan sariawan, seperti behel yang bisa saja menusuk gusi anak.


Sementara itu, perawatan dengan kawat gigi atau behel biasanya akan terlihat dengan jelas saat si kecil sedang berbicara. 


Baca juga: Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Ini Pentingnya Meratakan Gigi Sedini Mungkin! 


Apakah aligner gigi tepat untuk perawatan anak? 

Saat ini ortodontis merekomendasikan aligner untuk anak, asal mereka mampu bertanggung jawab untuk menggunakan aligner secara rutin. Para orang tua disarankan untuk terus memotivasi anak, agar mereka disiplin menggunakan aligner untuk mendapatkan hasil maksimal. 


Orang tua juga diharapkan melakukan pengawasan agar si kecil berhati-hati dalam menggunakan aligner agar tidak hilang saat melepaskannya, sekaligus mengingatkan mereka agar mengganti set setiap dua minggu sekali. Jangan lupa untuk temani si kecil kontrol ke dokter gigi secara berkala. 


Tertarik untuk memberikan aligner ke anak? Pemakaian aligner sedini mungkin berfungsi untuk menjaga posisi gigi tumbuh dengan sempurna. Jika ingin informasi lebih lanjut terkait penggunaan aligner untuk anak, silakan kunjungi sosial media kami di @rata.id.


Dapatkan PROMO SAMBUT RAMADAN untuk promo spesial ratain gigi. Ada DISKON s.d. 60%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian Aligner™ Rata. Berlaku untuk 10 orang pertama, klaim sekarang juga!

Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar