icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Kapan Umur yang Tepat untuk Memakai Kawat Gigi Anak? Ini Faktanya/

Kapan Umur yang Tepat untuk Memakai Kawat Gigi Anak? Ini Faktanya

Kapan Umur yang Tepat untuk Memakai Kawat Gigi Anak? Ini Faktanya
dok. FreePik

Banyak orang yang memperdebatkan umur berapa anak boleh pakai behel atau kawat gigi? Ada yang mengatakan sebaiknya memakai behel di usia 20 tahun, namun ada juga yang mengungkapkan sebaiknya mulai memakai behel saat menginjak bangku SMP. Manakah yang benar tentang pemasangan kawat gigi anak? Daripada bingung, yuk simak faktanya berikut ini.


Kawat gigi anak, bolehkah?

Memasang behel gigi untuk anak-anak, apakah diperbolehkan? Tentu saja boleh, dengan syarat seluruh gigi susu anak sudah tanggal dan digantikan dengan gigi tetap. Total gigi tetap adalah 32 buah, jadi pastikan kamu memperhatikan pertumbuhan gigi si kecil ketika sudah menginjak usia 6-7 tahun.



Biasanya, di umur tujuh tahun, sebagian besar gigi susu anak sudah tanggal. Sangat dianjurkan untuk segera melakukan perawatan ortodonti seperti behel sedini mungkin agar proses perawatannya tidak memakan waktu yang lama. 


Tenang saja, pemasangan behel anak sama sekali tidak sakit. Rasa tidak nyaman seperti nyeri umumnya muncul di awal pemasangan behel saja, namun ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi paracetamol atau obat pereda nyeri. Umur yang tepat untuk memakai behel anak-anak adalah sejak umur 8 tahun (ketika seluruh gigi tetap sudah muncul) hingga 14 tahun. 


Kapan batas usia pemasangan behel?

Perlu kamu ketahui bahwa sejatinya pemasangan behel ini tidak dibatasi oleh usia. Rentang umur yang tepat untuk memakai behel itu lebih seperti rekomendasi. Memang, menggunakan kawat gigi anak semakin dini, akan semakin cepat juga proses perawatan. Walaupun begitu, kamu sudah menginjak usia dewasa, tetap bisa, lho, memakai behel bila sudah mendapatkan persetujuan dari ortodonti.


Kamu perlu melakukan konsultasi ke dokter spesialis agar bisa dilihat bagaimana kondisi struktur gigi, kesehatan rongga mulut, akar gigi, dan tulang rahang. Bila kamu sudah menginjak usia 40 tahun ke atas, pemasangan behel akan sedikit lebih komplek sebab kekuatan akar gigi dan tulang rahang yang sudah melemah untuk bisa menahan tekanan dari kawat gigi. Selain proses pemakaian behel lebih lama, tentunya akan memakan biaya yang lebih besar pula. 


Baca juga: Aligner™ untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan


Berapa lama behel harus terpasang?

Durasi pemakaian behel sebetulnya bisa bervariasi dari satu pasien dengan pasien lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi berapa lama behel harus terpasang antara lain kondisi struktur gigi, usia, serta kebiasaan dari pasien itu sendiri.


Penting sekali untuk diingat bahwa diperlukan disiplin dan komitmen dari diri kamu untuk bisa benar-benar mendapatkan hasil optimal dari memasang behel, misalnya dengan rajin mengikuti jadwal konsultasi behel dan selalu patuh dengan anjuran dokter spesialis. 


Perkiraan berapa lama behel harus terpasang pun bisa berubah-ubah, dilihat dari tahap pergerakan posisi gigi selama memakai behel. Biasanya, behel dipakai dalam jangka 12-22 bulan. Namun, bagi kamu yang sudah berusia di atas 40 tahun, mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama hingga 30 bulan. Kemudian, setelah behel dicopot, selalu ingat untuk memakai retainer agar posisi gigi yang sudah rata tidak lagi berubah.


Baca juga: Clear Aligner™ vs Trainer Gigi vs Retainer Gigi, Apa Bedanya?


Adakah solusi meratakan gigi di usia 20 tahun ke atas?


Jika kamu sudah berusia 20 tahun ke atas dan tidak mau memasang kawat gigi karena terlalu lama, masih ada cara merapikan gigi lainnya, kok. Rata hadir untuk meratakan gigi yang berantakan dengan pemakaian aligner transparan selama 22 jam sehari dalam waktu yang ditentukan.


Mulai dari konsultasi hingga pembuatan clear aligner, semuanya disupervisi oleh dokter gigi berpengalaman. Jadi, kamu bisa mendapatkan gigi rata hanya dalam waktu 3-6 bulan dengan aligner transparan dari Rata. 


Harga aligner Rata mulai dari Rp 400 ribu per bulan. Selama perawatan, kamu akan mendapatkan gratis konsultasi dan evaluasi (online dan offline) dengan dokter gigi berpengalaman, bebas ongkir ke seluruh Indonesia, dan gratis retainer. Yuk, tunjukkan senyum indahmu dengan Rata!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar