icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Ini Pentingnya Meratakan Gigi Sedini Mungkin!/

Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Ini Pentingnya Meratakan Gigi Sedini Mungkin!

Meratakan Gigi Anak Tumbuh Berantakan Sedini Mungkin
dok. Rata Indonesia

Banyak orang tua menyepelekan kondisi gigi berantakan pada anak. Tak sedikit dari mereka menunggu hingga gigi dewasa tumbuh terlebih dahulu, baru mulai menjalani perawatan ortodonti pada anak. Padahal, perawatan ortodonti pada anak dengan kondisi gigi berantakan sebaiknya dilakukan sedini mungkin. 


Buat kamu yang belum familiar, perawatan ortodonti adalah perawatan yang ditujukan untuk mengawasi dan mengoreksi pertumbuhan dan perkembangan tulang-tulang rahang dan kepala, serta susunan gigi-geligi sejak usia anak-anak hingga dewasa.


The British Orthodontics Society (BOS) dan American Association of Orthodontists (AAO) menganjurkan agar anak-anak berusia 7-8 tahun mulai diajak berkonsultasi ke dokter gigi spesialis ortodonti (Sp.Ort) untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh mengenai pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi-geliginya.


Perawatan ortodonti pada anak bisa dimulai ketika anak sudah kehilangan sebagian besar gigi bayinya dan mayoritas gigi dewasanya sudah tumbuh. Usia untuk hal ini terjadi biasanya antara 8 hingga 14 tahun. Selama waktu ini, perawatan interseptif dan preventif dimanfaatkan guna memastikan pertumbuhan gigi anak sesuai dengan perkembangan yang diinginkan.


Ada beberapa alasan kenapa anak sebaiknya menjalani perawatan ortodonti sejak dini. Simak beberapa alasannya dalam penjelasan di bawah ini!


Baca juga: Kapan Umur yang Tepat untuk Memakai Kawat Gigi Anak? Ini Faktanya


Alasan Meratakan Gigi Anak Harus Dilakukan Sedini Mungkin

Perawatan gigi pada anak dengan kondisi gigi berantakan sebaiknya dilakukan sejak dini. Selain bisa mencegah timbulnya masalah kesehatan, perawatan yang dilakukan sejak dini juga berdampak baik pada kualitas hidup anak.


Berikut ini beberapa alasan mengapa meratakan gigi berantakan pada anak sejak dini dianggap penting.


1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi pada anak

Gigi yang berantakan cenderung sulit dibersihkan dengan baik. Posisi yang tidak teratur dapat menciptakan celah dan sudut yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dan benang gigi. Lama-kelamaan kondisi ini bisa meningkatkan risiko pembentukan plak, karies gigi, dan penyakit gusi.


2. Mencegah masalah ortodonti

Meratakan gigi berantakan sejak dini dapat membantu mencegah atau mengurangi masalah ortodonti di masa depan. Beberapa contoh masalah ortodonti melibatkan gigi yang berjejal hingga gigi yang terlalu rapat.


3. Meningkatkan fungsi gigitan

Susunan gigi yang baik atau sejajar bisa membuat fungsi gigitan anak menjadi lebih optimal. Gigi yang tersusun dengan benar dapat membantu dalam proses pengunyahan dan pencernaan makanan menjadi lebih efisien.


4. Mengurangi risiko cedera gigi

Gigi yang berjejal atau tidak teratur dapat meningkatkan risiko cedera saat anak berpartisipasi dalam aktivitas fisik atau olahraga. Meratakan gigi sejak dini dapat membantu mengurangi kemungkinan cedera gigi yang disebabkan oleh benturan atau kecelakaan.


5. Menghindari perawatan yang lebih rumit di masa depan

Meratakan gigi pada usia yang lebih muda dapat mengurangi kebutuhan untuk perawatan ortodonti yang lebih rumit di masa depan. Gigi yang tersusun rapi lebih mudah untuk dibersihkan, dan bisa mengurangi risiko penyakit gusi dan kerusakan pada gigi. 


Baca juga: Aligner™ untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan


Meratakan Gigi Anak dengan Rata Junior 

Itulah alasan pentingnya meratakan gigi pada anak harus dilakukan sedini mungkin. Mengajarkan kebiasaan perawatan mulut yang baik sejak dini, termasuk merawat susunan gigi, bisa membantu menciptakan dasar kesehatan mulut yang baik untuk anak-anak yang dapat berdampak positif pada kesehatan mereka secara keseluruhan. 


Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis ortodonti untuk mendapatkan panduan yang lebih spesifik mengenai perawatan gigi anak. Jika kamu ingin berkonsultasi seputar masalah gigi berantakan pada anak, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter gigi Rata.


Apalagi saat ini telah hadir Rata Junior yang merupakan inovasi baru untuk meratakan gigi anak tanpa behel dalam 4-9 bulan*, transparan, dan bisa dilepas pasang. Rata Junior bisa menangani berbagai kasus gigi anak berantakan, mulai dari protrusif, gigi terbalik, dan gigi renggang.


Sebelum memulai perawatan Rata Junior, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigi anak dengan dokter gigi Rata. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi dengan dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru ya!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar