icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/FAQ tentang Perawatan Aligner™ Rata yang Wajib Diketahui! /

FAQ tentang Perawatan Aligner™ Rata yang Wajib Diketahui!

FAQ Perawatan Aligner Rata
dok. Rata Indonesia

Akhir tahun identik dengan merencanakan resolusi yang ingin dicapai ke depannya. Salah satunya meratakan gigi yang sudah terpendam lama! Untuk kamu yang memiliki resolusi meratakan gigi tanpa behel dengan aligner™ Rata dalam waktu dekat, simak beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pasien Rata. 


Apakah memiliki gigi bungsu bisa pake clear aligners™ Rata?

Jawabannya, bisa! Terutama kalau kamu memiliki gigi bungsu yang tumbuh dengan normal. Namun, jika dokter gigi kamu merekomendasikan melakukan pencabutan gigi bungsu, dikarenakan tidak tumbuh sempurna, ada baiknya untuk melakukannya terlebih dahulu sebelum menggunakan aligner™. 


Biasanya, akan membutuhkan waktu sekitar enam minggu setelah cabut gigi bungsu untuk dapat menggunakan clear aligners™. Akan tetapi, kamu bisa menggunakan aligner™ lebih awal jika sudah merasa cukup aman dan segera konsultasikan dengan dokter gigi. 


Kapan usia yang tepat untuk menggunakan aligner™ Rata? 

Clear Aligners™ merupakan alternatif terbaik untuk meratakan gigi dibandingkan behel, yang menggunakan kawat gigi. Kamu akan dengan mudah melepasnya jika ingin dibersihkan atau makan dan sikat gigi. Tentu hal ini sangat menarik perhatian, tidak hanya bagi orang dewasa, melainkan juga anak-anak. 


Namun, beberapa ortodontis menyarankan pemakaian clear aligners™ tidak digunakan bagi siapa pun yang berusia di bawah 10 tahun. Pemakaian aligner™ disarankan bagi remaja berusia 12 tahun yang biasanya semua gigi susu anak sudah mulai tanggal. 


Selain itu, kedisiplinan dalam menggunakan clear aligners™ juga perlu diperhatikan bagi anak-anak atau pun remaja di tengah rutinitas mereka. Aligner gigi wajib digunakan selama 20-22 jam per hari untuk mendapatkan hasil maksimal. 


Apakah boleh hanya menggunakan clear aligners™ atas atau bawah saja? 

Jawabannya, tidak boleh, ya. Meskipun kamu hanya ingin meratakan gigi atas atau bawah saja, Rata menyarankan untuk tetap menggunakan aligner™ gigi atas dan bawah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesejajaran antara rahang atas dan bawah agar posisi keduanya sempurna. Keselarasan antara rahang atas dan bawah sangat penting bagi kemampuan menggigit dan mengunyah makanan. Jika kamu memiliki gigitan yang tidak sejajar, tentu akan mengalami kesulitan makan.


Selain itu, dengan gigitan tidak sejajar dapat menyebabkan gigi patah, kerusakan enamel gigi, dan gigi berlubang. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk tetap menggunakan aligner™ untuk gigi atas dan bawah selama perawatan berlangsung. 


Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait pemakaian atau perawatan dengan aligner™ Rata, silakan tulis komen di bawah artikel ini atau kunjungi sosial media kami di Instagram @rata.id. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar