icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu

Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu
dok. FreePik

Kamu tergiur untuk memasang behel murah yang belum terjamin kualitasnya? Jangan langsung mengambil keputusan impulsif. Perlu diketahui, ada bahaya atau risiko memakai behel abal-abal yang mengintai kesehatan kamu. Apa saja bahaya tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya. 


Bahaya memakai behel palsu


Alergi sampai keracunan metal

Alasan mengapa biaya pasang behel di ortodontis itu bisa sampai jutaan rupiah karena mereka menjamin bahan behel yang dipilih sudah terbukti aman bagi kesehatan. Terlebih lagi, behel akan selalu terpasang di dalam mulut. Sementara, behel abal-abal yang dijual murah bisa jadi dibuat dari bahan logam dan karet yang tidak sepatutnya digunakan untuk produk perawatan gigi, misalnya logam yang mengandung timah. 


Alhasil, kamu bisa terkena alergi dan keracunan metal. Dalam beberapa kasus, risiko memakai behel palsu yang mengintai pasien, antara lain gejala sakit telinga dan gangguan pencernaan. Alih-alih mendapat gigi rata, kamu justru bisa terkena gangguan kesehatan.


Warna gigi berubah

Bahaya memakai behel abal-abal lainnya, adalah kondisi warna gigi yang menjadi kuning bahkan menghitam. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh pemasangan behel yang tidak benar serta menggunakan material yang tidak baik bagi kesehatan. Ketika kamu memakai behel palsu, bakteri dan plak akan lebih mudah menempel di sekitar gigi dan mengakibatkan kerusakan pada bagian terluar gigi. 


Bila behel palsu tidak segera dicopot, perubahan warna gigi akan terjadi dan menyebabkan dekalsifikasi yang bisa berakhir pada kerusakan atau infeksi gigi. Akibatnya, kamu harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk berobat ke dokter gigi. 



Posisi gigi salah bergeser

Risiko memakai behel abal-abal selanjutnya, yaitu posisi gigi yang salah bergeser. Pemasangan behel asli seharusnya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti. Mengapa? Ortodontis perlu melihat struktur gigi, gusi, dan rahang. Dengan begitu, ortodontis bisa menentukan bagaimana sebaiknya arah pergeseran gigi dilakukan agar bisa meratakan gigi dengan benar tanpa merusak gusi maupun akar gigi. 


Lain halnya dengan memasang behel palsu di toko spesialis gigi yang tidak ditangani langsung oleh dokter spesialis. Gigi bisa menjadi lebih bengkok daripada kondisi sebelumnya karena pemasangan behel yang tidak benar. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin kamu membutuhkan operasi dengan biaya mahal untuk meratakan gigi yang semakin berantakan karena memasang behel abal-abal. 


Berpotensi tertular penyakit

Kamu pasti bisa membayangkan berapa banyak kuman, virus, dan bakteri yang ada di mulut manusia. Ini sebabnya alat-alat kedokteran gigi harus dibersihkan dan disterilkan untuk setiap kali pemakaian. Bahaya memakai behel abal-abal adalah kamu tidak bisa menjamin apakah alat-alat medis yang masuk ke mulut itu sudah steril atau belum, berbeda dengan memasang behel asli di klinik resmi. 


Pemakaian alat medis yang tidak steril akan menyebabkan infeksi silang, di mana kamu bisa tertular penyakit serius. Jadi, jangan pasang behel abal-abal di tempat yang tidak resmi untuk keselamatan kamu dan orang sekitar, terutama di tengah pandemi saat ini. 


Makan tidak nyaman dan mudah tersedak

Bahaya memakai kawat gigi, baik yang asli atau palsu, adalah rasa nyaman ketika makan. Namun, rasa tidak nyaman ini semakin parah bila kamu memakai behel palsu, lho. Biasanya behel abal-abal terasa terlalu ketat atau longgar, sehingga membuat kamu kesusahan untuk mengunyah makanan. Lalu, dikarenakan penggunaan karet dan logam murah yang tidak berkualitas, bukan tidak mungkin behel akan patah dan membuat kamu tersedak. Jika sudah begini, pasti akan membahayakan kesehatan kamu, bahkan menyebabkan kematian.


Solusi murah agar gigi rata



Penasaran bagaimana cara agar gigi rata, namun biaya perawatannya terjangkau? Solusinya bukanlah memakai behel abal-abal, melainkan menggunakan Rata clear aligner.Clear aligner merupakan alat bantu untuk meratakan gigi tanpa perlu memasang behel. Clear aligner bisa dilepas ketika kamu makan, minum, dan membersihkan gigi. 


Dengan menggunakan Rata, kamu bisa langsung konsultasi dengan dokter gigi berpengalaman secara online maupun offline. Clear aligner dibuat khusus untuk kamu dan akan dikirim langsung ke rumah. 


Harga clear aligner rata tersedia mulai dari Rp 400 ribu per bulan. Solusi yang mudah, aman, dan tentunya terjangkau, bukan? 


Yakin siap dengan risiko memakai behel palsu? Yuk, stop pakai behel abal-abal dan gunakan Rata untuk meratakan gigi kamu.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar