icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu/

Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu

Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu
dok. FreePik

Kamu tergiur untuk memasang behel murah yang belum terjamin kualitasnya? Jangan langsung mengambil keputusan impulsif. Perlu diketahui, ada bahaya atau risiko memakai behel palsu atau abal-abal yang mengintai kesehatan kamu.


Bahaya memakai behel palsu

Mulai dari alergi hingga posisi gigi yang salah bergeser, risiko behel palsu perlu diwaspadai. Berikut penjelasan efek memakai behel palsu bagi kesehatan.


Alergi sampai risiko keracunan metal

Alasan mengapa biaya pasang behel di ortodontis itu bisa mencapai jutaan rupiah, karena proses perawatan dengan behel atau kawat dijamin dan disupervisi oleh dokter gigi spesialis ortodonsia. Selain itu, bahan behel yang dipilih pun sudah terbukti aman bagi kesehatan. Terlebih lagi, behel akan selalu terpasang di dalam mulut. Sementara, behel palsu atau abal-abal yang dijual murah bisa saja dibuat dari bahan logam dan karet yang tidak seharusnya digunakan untuk produk perawatan gigi, misalnya logam yang mengandung timah. 


Alhasil, kamu berisiko terkena alergi dan keracunan metal. Dalam beberapa kasus, risiko memakai behel palsu yang mengintai pasien, antara lain gejala sakit telinga dan gangguan pencernaan. Alih-alih mendapat gigi rata, kamu justru bisa terkena gangguan kesehatan lainnya.


Baca juga: Dianggap Lebih Praktis, Yuk Ketahui Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi


Warna gigi berubah

Efek memakai behel palsu lainnya, adalah kondisi warna gigi yang menjadi kuning bahkan menghitam. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh pemasangan behel yang tidak benar dan menggunakan material yang tidak dikhususkan bagi kesehatan. Ketika kamu memakai behel palsu, bakteri dan plak akan lebih mudah menempel di sekitar gigi dan mengakibatkan kerusakan pada bagian terluar gigi. 


Bila behel palsu tidak segera dicopot, perubahan warna gigi akan terjadi dan menyebabkan dekalsifikasi (hilangnya unsur kalsium) yang bisa berakhir pada kerusakan atau infeksi gigi. Akibatnya, kamu harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk berobat ke dokter gigi. 



Posisi gigi salah bergeser

Apakah behel palsu bisa merapikan gigi? Hmmm, sebenarnya risiko memakai behel abal-abal dapat menyebabkan posisi gigi salah bergeser. Pemasangan behel asli seharusnya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti. Mengapa? Ortodontis perlu melihat struktur gigi, gusi, dan rahang. Dengan begitu, ortodontis bisa menentukan bagaimana sebaiknya arah pergeseran gigi dilakukan agar bisa meratakan gigi dengan benar tanpa merusak gusi maupun akar gigi. 


Baca juga: Pakai Aligner Rata, Gigi Berjejal Yusup Rata dalam 4 Bulan*


Lain halnya dengan memasang behel palsu di tukang gigi yang tidak ditangani langsung oleh dokter spesialis. Gigi bisa menjadi lebih bengkok daripada kondisi sebelumnya akibat pemasangan behel yang tidak benar. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin kamu membutuhkan operasi dengan biaya mahal untuk meratakan gigi yang semakin berantakan karena memasang behel abal-abal. 


Berpotensi tertular penyakit

Kamu pasti bisa membayangkan berapa banyak kuman, virus, dan bakteri yang ada di mulut manusia. Ini sebabnya alat-alat kedokteran gigi harus dibersihkan dan disterilkan untuk setiap kali pemakaian. Bahaya memakai behel palsu adalah kamu tidak bisa menjamin apakah alat-alat medis yang masuk ke mulut itu sudah steril atau belum, berbeda dengan memasang behel asli di klinik gigi resmi. 


Pemakaian alat medis yang tidak steril akan menyebabkan infeksi silang, di mana kamu bisa tertular penyakit serius. Jadi, jangan pasang behel abal-abal di tempat yang tidak resmi untuk keselamatan kamu.


Makan tidak nyaman dan mudah tersedak

Bahaya memakai kawat gigi, baik yang asli atau palsu, adalah rasa nyaman ketika makan. Namun, rasa tidak nyaman ini semakin parah bila kamu memakai behel palsu, lho. Biasanya behel abal-abal terasa terlalu ketat atau longgar, sehingga membuat kamu kesusahan untuk mengunyah makanan. Lalu, dikarenakan penggunaan karet dan logam murah yang tidak berkualitas, bukan tidak mungkin behel akan patah dan membuat kamu tersedak. Jika sudah begini, pasti akan membahayakan kesehatan kamu, bahkan menyebabkan kematian.


Baca juga: Review Marlin Rusli Pakai Aligner Rata: Lebih Nyaman Dibandingkan Behel


Cara meratakan gigi tanpa behel dengan harga terjangkau



Penasaran bagaimana cara agar gigi rata, namun biaya perawatannya terjangkau? Solusinya bukanlah memakai behel abal-abal, melainkan menggunakan aligner Rata. Clear Aligners Rata merupakan alat bantu untuk meratakan gigi tanpa perlu memasang behel. Aligner Rata bisa dilepas ketika kamu makan, minum, dan menggosok gigi. 


Dengan menggunakan aligner Rata, kamu bisa langsung konsultasi dengan dokter gigi berpengalaman secara online maupun offline. Clear aligners dibuat secara khusus berdasarkan kasus gigi pasien dan dapat dikirim langsung ke rumah!


Harga Clear Aligners™ Rata tersedia mulai dari Rp5,9 juta, bergantung pada kasus gigi pasien. Biaya ini sudah termasuk konsultasi dengan dokter gigi Rata hingga perawatan aligner selesai.


Yakin siap dengan akibat memakai behel murah? Yuk, stop pakai behel abal-abal dan gunakan aligner gigi Rata untuk meratakan gigi kamu.


Baca juga: Behel Transparan & Clear Aligners™, Apa Perbedaannya?


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar. Kami tunggu kedatanganmu, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar