icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Perbedaan Harga Meratakan Gigi Anak dengan Behel vs Aligner/

Perbedaan Harga Meratakan Gigi Anak dengan Behel vs Aligner

harga meratakan gigi anak
dok. Rata Indonesia


Gigi anak berantakan dan ingin meratakannya? Baiknya Parents simak dulu informasi berikut sebelum memutuskan perawatan untuk meratakan gigi anak.


Behel berfungsi untuk meratakan gigi yang tidak sejajar. Umumnya, biaya pemasangan kawat gigi antara anak dan dewasa berlaku sama. Faktor pembedanya adalah produk dan jenis behel yang digunakan. 


Biaya yang perlu disiapkan setelah pemasangan kawat gigi adalah kontrol setiap bulan. Biaya yang dibutuhkan pun cukup bervariasi, tergantung dari rumah sakit atau klinik gigi. 


Baca juga: Gigi Anak Berantakan: Ini Penyebab dan Pencegahannya!

Harga pasang behel gigi berdasarkan jenisnya 

Harga pemasangan behel cukup bervariasi, tergantung dari pengalaman dokter gigi, tempat, kasus gigi, serta jenis behel yang digunakan. Semakin banyak keunggulan yang diberikan, biasanya akan semakin tinggi biayanya. Berikut kisaran biaya pasang behel sesuai jenisnya: 

1. Behel Konvensional

Behel konvensional atau dikenal dengan metal braces, adalah jenis behel paling familiar. Perawatan dengan behel konvensional biasanya akan memakan waktu sekitar 2 tahun.

 

Behel konvensional terbuat dari logam stainless steel yang dipasang dengan menempelkan kawat di depan gigi menggunakan semen khusus, kemudian dihubungkan dengan karet elastis. Biaya pemasangan behel konvensional berkisar antara Rp7.500.000 hingga Rp20.000.000.

2. Behel Lingual

Behel Lingual merupakan jenis behel yang serupa dengan behel konvensional. Perbedaannya, jika behel konvensional ditempatkan di depan gigi, behel lingual ditempatkan di sisi belakang belakang. 

 

Karena behel lingual ditempatkan di sisi dalam, mungkin saja mempengaruhi artikulasi bicara pasien. Pengguna behel lingual juga mungkin mengalami rasa sakit pada lidah. Meskipun terdapat beberapa risiko, penggunaan behel lingual dianggap cukup efektif, sehingga biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, sekitar Rp22.000.000 hingga Rp35.000.000.

3. Behel Keramik

Behel keramik merupakan behel yang memiliki warna menyerupai gigi, sehingga tidak terlihat seperti memakai behel. Keunggulan lainnya, warna behel keramik yang bening, memberikan kesan yang lebih menarik bagi pasien. 

  

Namun, sangat disayangkan behel keramik memiliki kelemahan mudah rapuh dan pecah. Behel keramik memerlukan perawatan yang lebih lama dan pasien perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya. Biaya pemasangan behel keramik biasanya lebih mahal dibandingkan behel lainnya, yakni sekitar Rp25.000.000 hingga Rp50.000.000.


Baca juga: Aligner™ untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan

Biaya meratakan gigi berantakan anak dengan Clear Aligners™ 

Selain behel, saat ini terdapat pilihan lain untuk meratakan gigi anak. Aligner kini bisa digunakan sejak usia 8 tahun, untuk mencegah gigi berantakan sejak dini. Untuk biaya yang dikeluarkan pun cukup beragam, tergantung dari kebutuhan pasien. 

Biaya aligner dari brand luar negeri

Selain tampilan yang transparan, aligner gigi memiliki keunggulan yang bisa dilepas pasang, sehingga lebih praktis dibandingkan behel. Karena keunggulan inilah, pemasangan aligner terbilang cukup mahal, yakni berkisar Rp13.000.000 hingga Rp21.000.000.

Biaya aligner dengan Rata Junior

Jika dibandingkan dengan brand aligner luar negeri yang membutuhkan biaya cukup tinggi, dikarenakan produk internasional. Saat ini Rata Indonesia, menghadirkan Rata Junior yang bisa digunakan anak usia 8-13 tahun* dengan harga yang lebih terjangkau. 


Kisaran biaya yang perlu dikeluarkan, mulai dari <Rp.10.000.000 sudah termasuk biaya kontrol setiap dua bulan. Berbeda dengan pemakaian behel yang memiliki harga kontrol mulai dari Rp250.000 per kunjungan. Karenanya, penggunaan aligner dengan Rata Junior, dapat dibilang cukup terjangkau. 


Pasien hanya perlu melakukan konsultasi di awal, pengiriman aligner, lalu kontrol setiap dua bulan selama masa perawatan. Perawatan akan berlangsung lebih cepat dibandingkan behel, yakni 4-9 bulan* tergantung dari kasus gigi pasien. 


Setelah mengetahui kisaran biaya pemakaian behel dan aligner untuk anak, apakah sudah bisa memutuskan ingin perawatan dengan apa? Jika tertarik menggunakan Rata Junior, Parents bisa mengetahui informasi lebih lanjut di Instagram @rata.id atau website kami di www.rata.id.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810

Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar untuk dibantu menjadwalkan konsultasi!


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar