icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Perbedaan Harga Meratakan Gigi Anak dengan Behel vs Aligner/

Perbedaan Harga Meratakan Gigi Anak dengan Behel vs Aligner

harga meratakan gigi anak
dok. Rata Indonesia


Gigi anak berantakan dan ingin meratakannya? Baiknya Parents simak dulu informasi berikut sebelum memutuskan perawatan untuk meratakan gigi anak.


Behel berfungsi untuk meratakan gigi yang tidak sejajar. Umumnya, biaya pemasangan kawat gigi antara anak dan dewasa berlaku sama. Faktor pembedanya adalah produk dan jenis behel yang digunakan. 


Biaya yang perlu disiapkan setelah pemasangan kawat gigi adalah kontrol setiap bulan. Biaya yang dibutuhkan pun cukup bervariasi, tergantung dari rumah sakit atau klinik gigi. 


Baca juga: Gigi Anak Berantakan: Ini Penyebab dan Pencegahannya!

Harga pasang behel gigi berdasarkan jenisnya 

Harga pemasangan behel cukup bervariasi, tergantung dari pengalaman dokter gigi, tempat, kasus gigi, serta jenis behel yang digunakan. Semakin banyak keunggulan yang diberikan, biasanya akan semakin tinggi biayanya. Berikut kisaran biaya pasang behel sesuai jenisnya: 

1. Behel Konvensional

Behel konvensional atau dikenal dengan metal braces, adalah jenis behel paling familiar. Perawatan dengan behel konvensional biasanya akan memakan waktu sekitar 2 tahun.

 

Behel konvensional terbuat dari logam stainless steel yang dipasang dengan menempelkan kawat di depan gigi menggunakan semen khusus, kemudian dihubungkan dengan karet elastis. Biaya pemasangan behel konvensional berkisar antara Rp7.500.000 hingga Rp20.000.000.

2. Behel Lingual

Behel Lingual merupakan jenis behel yang serupa dengan behel konvensional. Perbedaannya, jika behel konvensional ditempatkan di depan gigi, behel lingual ditempatkan di sisi belakang belakang. 

 

Karena behel lingual ditempatkan di sisi dalam, mungkin saja mempengaruhi artikulasi bicara pasien. Pengguna behel lingual juga mungkin mengalami rasa sakit pada lidah. Meskipun terdapat beberapa risiko, penggunaan behel lingual dianggap cukup efektif, sehingga biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, sekitar Rp22.000.000 hingga Rp35.000.000.

3. Behel Keramik

Behel keramik merupakan behel yang memiliki warna menyerupai gigi, sehingga tidak terlihat seperti memakai behel. Keunggulan lainnya, warna behel keramik yang bening, memberikan kesan yang lebih menarik bagi pasien. 

  

Namun, sangat disayangkan behel keramik memiliki kelemahan mudah rapuh dan pecah. Behel keramik memerlukan perawatan yang lebih lama dan pasien perlu lebih berhati-hati saat menggunakannya. Biaya pemasangan behel keramik biasanya lebih mahal dibandingkan behel lainnya, yakni sekitar Rp25.000.000 hingga Rp50.000.000.


Baca juga: Aligner™ untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan

Biaya meratakan gigi berantakan anak dengan Clear Aligners™