icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/10 Istilah tentang Aligner Rata yang Wajib Kamu Tahu! /

10 Istilah tentang Aligner Rata yang Wajib Kamu Tahu!

Istilah tentang Aligner Rata
dok. Rata Indonesia

Bagi kamu yang sudah pakai aligner Rata, pasti sering sekali mendengar istilah-istilah di bawah ini. Tapi, buat yang belum tahu, simak 10 istilah aligner Rata yang wajib dicatat sebelum memulai perawatan meratakan gigi tanpa behel.


1. Aligner 

Aligner adalah inovasi terbaru untuk meratakan gigi tanpa behel yang berbentuk transparan dan terbuat dari medical grade plastic & BPA Free. Aligner Rata dapat meratakan gigi tanpa mengganggu penampilan, bisa dilepas pasang saat makan, minum, dan sikat gigi, serta hasil yang lebih cepat, yakni 3-6 bulan* sesuai dengan kasus gigi. 


2. Cetak Gigi 

Sebelum menggunakan aligner, kamu harus mencetak gigi terlebih dahulu agar aligner Rata bisa dibuat sesuai dengan kasus gigimu. Cetak gigi dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan putty & tray yang bisa dilakukan dari rumah dengan dipandu oleh tim dokter gigi Rata secara online atau langsung datang ke klinik Rata. Kamu juga bisa mencetak gigi dengan cara 3D scan yang juga bisa dilakukan langsung di Klinik Rata. 


3. Putty & Tray 

Apabila kamu memilih untuk cetak gigi secara manual (bukan menggunakan alat cetak 3dimensi), mungkin ada baiknya kamu memahami istilah putty dan tray. Putty adalah bahan lunak yang ditempatkan di atas tray untuk kamu gigit saat mencetak gigi dan membentuk gigi. Putty akan mengeras dalam waktu yang cepat, jadi usahakan kamu mengikuti instruksi saat konsultasi online (jika cetak gigi dari rumah). 


Nah, kalau Tray sendiri adalah alat berbahan dasar plastik yang digunakan sebagai wadah putty dan dimasukkan ke dalam mulut untuk mencetak gigi. Tray memiliki ukuran yang berbeda untuk rahang atas dan bawah. Tapi, tidak perlu khawatir, pada saat konsultasi online dari rumah akan dijelaskan cara pakainya. 


4. 3D video simulasi 

Bagi yang sudah memakai aligner, istilah ini pasti sudah tidak asing lagi. 3D video simulasi digunakan untuk memprediksi pergerakan gigi selama menggunakan aligner Rata, sekaligus melihat berapa lama durasi perawatan hingga mewujudkan gigi yang sempurna. Di dalam 3D video ini, kamu dapat melihat tampilan dan pergerakan seluruh bagian gigi, dari depan, samping, atas, hingga bawah. 


5. Rencana Perawatan

Di dalam dokumen rencana perawatan ini, tidak hanya melihat bagaimana tampilan gigi sebelum dan sesudah menggunakan aligner Rata. Namun, akan mencakup seluruh diagnosa, klasifikasi bentuk gigi, solusi yang diusulkan, dan informasi lainnya terkait perawatan kamu menggunakan aligner Rata. 


6. First site visit 

Setelah aligner Rata sampai di rumah, kamu akan dijadwalkan untuk first site visit atau kunjungan pertama ke Klinik Rata. Saat kunjungan pertama, kamu akan dijelaskan lebih detail terkait proses perawatan menggunakan aligner Rata, cara penggunaan dan perawatan aligner Rata, serta dilakukannya tindakan khusus jika dibutuhkan seperti slicing, filling, dan tindakan lainnya. 


7. Slicing 

Istilah satu ini juga wajib diketahui bagi kamu yang tidak memiliki celah untuk menggerakkan gigi. Tapi, tenang! Slicing adalah tindakan yang sangat aman dan tidak sakit sama sekali. Nantinya, sela gigi kamu akan diberikan jarak maksimal 0,5mm menggunakan strip pemoles untuk memberikan ruang pada gigi untuk bergerak. 


8. Chewies

Chewies merupakan salah satu aksesoris yang harus selalu ada di dalam case kamu! Chewies digunakan untuk menekan aligner agar berada pas di posisinya. Kamu dapat menggigit chewies yang kenyal di beberapa sisi gigi untuk memposisikan aligner hingga benar-benar fit di antara sela-sela gigi.


9. Attachment 

Attachment memiliki peran penting dalam meratakan gigi dengan menggunakan aligner. Bentuk attachment seperti kotak-kotak kecil dan berfungsi sebagai titik tekan untuk memastikan pergerakan gigi maksimal. Bahan attachment adalah bahan tambalan sewarna gigi (komposit) tipe flowable, sehingga tidak mengganggu estetika karena memiliki warna yang sama dengan gigi. Nah, attachment dibagi menjadi dua, yaitu attachment aktif yang dipasangkan untuk membantu pergerakan gigi dan attachment pasif untuk membantu aligner lebih klop ke gigi. Kedua jenis attachment ini akan disesuaikan dengan kebutuhan gigi pasien. 


10. Retainer 

Retainer adalah sebuah alat untuk menahan posisi gigi yang sudah sempurna setelah menggunakan aligner Rata. Terdapat beberapa jenis retainer yang dapat kamu pilih sesuai kenyamanan, yakni retainer yang bisa dilepas atau tidak bisa dilepas. 


Retainer yang bisa dilepas pun dibagi menjadi dua kategori, yaitu retainer bening (yang terlihat seperti aligner), namun memiliki bahan yang lebih tebal dan pemakaian hanya di malam hari saja, atau retainer hawley, retainer berbahan dasar plastik dan logam. 


Berikut 10 istilah dari aligner dan kerabatnya yang wajib kamu tahu. Kalau ingin tahu istilah lainnya, kamu bisa cari lebih lengkap di Instagram @rata.id atau website kami di rata.id.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar