icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/FAQ: Semua Hal tentang Slicing Gigi Sebelum Pakai Clear Aligner/
Petunjuk Pemakaian Aligner

FAQ: Semua Hal tentang Slicing Gigi Sebelum Pakai Clear Aligner

FAQ: Semua Hal tentang Slicing Gigi Sebelum Pakai Clear Aligner
dok. Rata Indonesia

Sebelum pakai clear aligner, beberapa pasien disarankan atau bahkan diwajibkan untuk slicing gigi, terutama bagi mereka yang tidak memiliki celah, jarak, atau ruang pada gigi untuk bergerak. Biasanya, kondisi ini dikenal dengan gigi crowded atau crowding. Namun, beberapa dari mereka ragu untuk melakukan slicing gigi, dikarenakan takut, ragu, dan berpikiran bahwa tindakan tersebut menyakitkan dan berbahaya.


Agar lebih paham terkait slicing, berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pasien beserta jawabannya yang dirangkum langsung oleh Dokter Gigi Rata.



Apa itu slicing?

Slicing gigi adalah tindakan untuk memberikan ruang di antara gigi maksimal 0.5mm, sehingga gigi dapat bergerak optimal. Slicing dilakukan secara profesional di Klinik Rata atau Mitra Rata sebelum menggunakan clear aligner. 


Apakah saya perlu slicing gigi? 

Perlu, jika gigi kamu tidak memiliki ruang pada gigi untuk bergerak. Hal ini nantinya akan ditentukan oleh dokter gigi yang menangani kasus gigi kamu pada saat konsultasi.


Bagaimana cara kerja slicing?

Pengerjaan slicing menggunakan slicing paper atau bur. Tergantung dari besarnya titik slicing pasien berdasarkan hasil 3D video simulasi pergerakan gigi. 


Berapa lama pengerjaan slicing?

Pengerjaan slicing memakan waktu antara 30-45 menit tergantung kasus gigi. 


Apakah slicing gigi sakit? 

Slicing gigi tidak ngilu atau sakit. Tindakan slicing juga tidak akan merusak enamel gigi sehingga sangat aman untuk dilakukan.



Adakah efek samping slicing gigi?? 

Setelah slicing beberapa pasien tidak akan merasakan efek apa pun. Namun terdapat beberapa orang yang memiliki gigi sensitif akan merasakan ngilu saat atau sesudah slicing, tapi hal tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah tindakan. 


Siapa saja yang dapat melakukan slicing gigi?

Tidak ada batasan usia untuk melakukan slicing. Siapa saja boleh dan aman untuk melakukan slicing. Karena hanya mengambil sedikit dari email gigi (maksimal 0,5mm). Namun, akan dievaluasi terlebih dahulu oleh tim dokter, sesuai dengan kasus gigi pasien. 


Berapa biaya slicing gigi?

Biaya slicing berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu, disesuaikan oleh kasus gigi pasien dan berapa banyak titik yang memerlukan tindakan slicing.


Bagaimana, masih ragu buat melakukan slicing gigi? Semoga setelah membaca artikel ini, sudah cukup meyakinkan dan memberanikan kamu untuk slicing. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar clear aligner atau masalah kesehatan gigi lainnya, konsultasi Dokter Gigi Rata GRATIS, yuk!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar