icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Pakai Aligner Bisa Cetak Gigi Sendiri di Rumah, Begini Caranya/
Aligner Gigi 101

Pakai Aligner Bisa Cetak Gigi Sendiri di Rumah, Begini Caranya

Pakai Aligner Bisa Cetak Gigi Sendiri di Rumah, Begini Caranya
dok. Rata Indonesia

Mau meratakan gigi tapi bingung pakai behel atau aligner, ya? Cara pakai aligner gigi lebih mudah, lho, dibanding behel. Apalagi buat kamu yang punya tingkat toleransi rendah terhadap rasa sakit, clear aligner dari Rata bisa jadi pilihan terbaik.


Dibandingkan behel atau kawat gigi, aligner minim rasa sakit sehingga cocok buat kamu yang tidak ingin merasa tersiksa saat menjalani perawatan meratakan gigi.


Selain itu, cara menggunakan aligner gigi juga lebih efisien karena aligner yang akan kamu pakai bisa dicetak sendiri, loh. Yap, kamu bisa mencetak aligner hanya dari rumah! Mungkin saat ini kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa kita bisa mencetak aligner sendiri? Simak ulasannya berikut ini.


Cara Mencetak Gigi Sendiri di Rumah


Dalam proses perawatan meratakan gigi dengan aligner Rata, pasien terlebih dahulu harus mencetak giginya untuk kemudian dibuat ke dalam bentuk aligner yang hendak digunakan. Pada tahap ini, pencetakan gigi bisa dilakukan sendiri dari rumah tanpa perlu datang ke klinik gigi.


Berikut proses pencetakan gigi sendiri dari rumah.


1. Pasien dikirimkan box berisi bahan untuk mencetak gigi

Pertama-tama, tim Rata akan mengirimkan box berisi alat dan bahan pencetak gigi. Bahan cetakan gigi sendiri terbuat dari heavy body teeth impression putty material yang terdiri dari base dan catalyst.


2. Dokter atau Teman Rata akan menghubungi pasien

Setelah pasien dipastikan menerima box tersebut, dokter atau Teman Rata akan menghubungi pasien melalui saluran video call untuk kemudian dijelaskan dan dipandu mengenai tata cara pencetakan gigi.


Tak perlu khawatir jika kamu akan kesulitan untuk melakukan pencetakan gigi karena dokter atau Teman Rata akan menjelaskan prosedurnya dengan sangat detail sampai pasien mengerti.


3. Proses pencetakan gigi akan dipandu dokter atau Teman Rata

Pasien yang dipandu oleh dokter atau Teman Rata bisa langsung mempraktekkan cara mencetak gigi. Proses pencetakan gigi terbilang cukup simpel karena pasien hanya tinggal mencampurkan kedua bahan; base dan catalyst selama 30 detik, lalu meletakkan dan meratakannya di sendok cetak yang telah disediakan.


Kemudian, tempatkan sendok cetak di dalam mulut dan tekan ke arah gigi sampai 3 menit. Selama periode mencetak tersebut, pasien tidak boleh banyak bergerak. Selanjutnya, ulangi tahapan yang sama pada rahang yang berlawanan.



4. Cetakan gigi yang telah dibuat akan dijemput kurir

Cetakan gigi yang sudah dibuat akan dikirimkan kembali ke tim Rata lewat kurir untuk selanjutnya diproses ke dalam tahap pembuatan aligner. Setelah itu, aligner akan kembali dikirimkan ke rumah pasien dan aligner siap digunakan. Lalu, bagaimana dengan cara pakai aligner gigi ini? Tenang! Nanti kamu bisa menjadwalkan konsultasi dengan dokter gigi baik secara offline maupun online


Bagaimana jika proses pencetakan gigi gagal?

Baik dokter maupun Teman Rata yang memandu pasien dalam proses pencetakan gigi akan memastikan bahwa prosedur yang dilalui oleh pasien sudah benar dan tepat. Selain itu, dokter dan Teman Rata juga akan memastikan bahwa cetakan gigi sudah tercetak sempurna sehingga proses pembuatan aligner bisa langsung diproses.


Namun, apabila dalam prosesnya pasien gagal dalam mencetak giginya, dokter dan Teman Rata akan dengan senang hati memandu dan menunggu sampai cetakan gigi pasien berhasil dicetak.


Mengingat ini adalah prosedur yang paling penting, pasien harus memastikan bahwa cetakan giginya sudah sesuai dengan kondisi giginya karena cetakan gigi ini akan berpengaruh ke aligner yang akan dipakai. Memang, cara pakai aligner gigi terblang mudah. Namun, jika cetakan gigi tidak sesuai, maka pasien mungkin akan mengalami rasa tidak nyaman saat menggunakan aligner.


Masih penasaran dengan aligner dan tertarik menggunakannya? Atau kamu masih punya pertanyaan seputar cara menggunakan aligner gigi? Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter Rata. Konsultasi bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke klinik


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata! 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar