icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Dianggap Lebih Praktis, Yuk Ketahui Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi/
Aligner Gigi 101

Dianggap Lebih Praktis, Yuk Ketahui Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi

Dianggap Lebih Praktis, Yuk Ketahui Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi
dok. Rata Indonesia

Penggunaan aligner sebagai salah satu solusi meratakan gigi kini semakin diminati. Aligner dinilai lebih efektif meratakan gigi dalam waktu singkat dibandingkan behel atau kawat gigi. Selain itu, bentuk aligner yang transparan dan hampir tidak terlihat menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakannya.


Salah satu keunggulan lain aligner adalah teknologi AI (artificial intelligence) yang digunakan mampu memprediksi pergerakan gigi secara bertahap, tanpa menimbulkan rasa nyeri maupun iritasi dalam penggunaannya. Dengan demikian, pemakainya pun akan merasa lebih nyaman dan aman.


Lantas, bagaimana cara kerja aligner yang dianggap lebih praktis dan fleksibel? Berikut ulasan selengkapnya.



Cara kerja aligner

Prinsip kerja aligner adalah mendorong gigi yang diselimuti dengan plastik medical grade dan BPA-free. Aligner dirancang dengan menyesuaikan susunan gigi pasien dan dicetak dengan bantuan software berbasis AI.


Aligner sendiri berbentuk seperti cetakan gigi bening yang terdiri dari beberapa nomor. Pembuatan aligner yang mengandalkan AI video 3D simulation membuat bentuk aligner berbeda di setiap nomornya.


Saat digunakan, aligner bekerja dengan cara memberikan tekanan lembut pada gigi kamu. Tekanan tersebut kemudian ditransfer melalui akar gigi ke rahang. Tulang rahang akan merespons tekanan dengan menggerakkan soket gigi dan gigi pun akan ikut bergerak.


Nantinya, gigi akan bergerak perlahan 0,25 mm setiap nomor ke posisi ideal sesuai prediksi teknologi AI. Perawatan gigi dengan metode aligner cenderung perlahan dan nyaman sehingga tidak akan menimbulkan rasa nyeri.


Bisa memprediksi pergerakan gigi sampai rata

Pemakaian aligner memang sangat unik, terlebih kamu bisa memantau hingga memprediksi pergerakan gigi hingga rata. Tentunya hal ini dapat membuat pemakainya menjadi lebih bersemangat saat menggunakan aligner.


Di awal konsultasi dan cetak aligner, kamu akan mendapatkan video pergerakan gigi 3D untuk melihat gerakan gigi yang akan terjadi selama pemakaian aligner. Melalui video tersebut, kamu juga bisa melihat gambaran hasil akhir treatment.



Bagaimana jika aligner yang dicetak tidak sesuai dengan susunan gigi?

Pembuatan aligner disesuaikan dengan susunan gigi pasien. Saat konsultasi dengan dokter gigi pertama kali, dokter akan mengecek susunan gigi pasien dengan sangat detail.


Kemudian, gigi akan dicetak dan difoto untuk kemudian hasil foto/scan tersebut dipindai oleh teknologi AI. Bantuan teknologi inilah yang akan memudahkan proses pencetakan aligner itu sendiri sehingga dapat dipastikan aligner akan sesuai dengan gigi kamu.


Namun, jika pada akhirnya aligner kurang pas, kamu tak perlu khawatir sebab aligner dapat diproduksi ulang. Prosedur perubahan kecil ini juga tidak memakan waktu lama sehingga kamu bisa langsung memakai aligner yang sesuai secepat mungkin. 



Hal-hal yang penting diketahui tentang pemakaian aligner

Terdapat beberapa poin penting tentang pemakaian aligner yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

  1. Pergerakan gigi ditentukan oleh pemakaian aligner yang konsisten. Untuk itu, kamu harus disiplin memakai aligner 20 - 22 jam per hari. Jika tidak, kamu harus memperpanjang perawatannya.
  2. Patuhi jadwal penggantian set aligner yang telah direkomendasikan oleh dokter gigi. Umumnya, aligner harus diganti setiap 7 hari sekali.
  3. Pantau kecocokan aligner kamu dan hubungi dokter gigi jika memiliki kekhawatiran dengan aligner milikmu.


Aligner dapat menjadi pilihan untuk kamu yang berencana merapikan susunan gigi. Bentuk aligner yang disesuaikan dengan garis gusi akan meminimalkan rasa tidak nyaman saat digunakan.


Metode perawatan gigi dengan aligner juga terbilang praktis karena dapat dilepas pasang kapan saja sehingga memudahkan kamu saat makan maupun saat menggosok gigi. Warnanya yang bening transparan juga membuat kamu lebih percaya diri saat harus tersenyum atau tertawa.


Bagaimana, tertarik menggunakan aligner? Kamu bisa memilih Rata sebagai produk aligner pilihanmu. Dengan Rata, kamu bisa merapikan gigi dalam waktu singkat dan pastinya tidak perlu bolak balik ke klinik.


Yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak gigi yang dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar