icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi, Lebih Praktis dari Behel/

Cara Kerja Aligner dalam Meratakan Gigi, Lebih Praktis dari Behel

Cara Kerja Aligner dalam Merapikan Gigi, Lebih Praktis dari Behel
dok. Rata Indonesia

Penggunaan aligner sebagai salah satu solusi meratakan gigi kini semakin diminati. Aligner dinilai lebih efektif meratakan gigi dalam waktu singkat dibandingkan behel atau kawat gigi. Selain itu, bentuk aligner yang transparan dan hampir tidak terlihat menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakannya.


Salah satu keunggulan lain aligner gigi adalah teknologi AI (artificial intelligence) yang digunakan mampu memprediksi pergerakan gigi secara bertahap, tanpa menimbulkan rasa nyeri maupun iritasi dalam penggunaannya. Dengan demikian, pemakainya pun akan merasa lebih nyaman dan aman.


Lantas, bagaimana cara kerja aligner yang dianggap lebih praktis dan fleksibel? Berikut ulasan selengkapnya.



Cara kerja aligner gigi

Prinsip kerja aligner adalah mendorong gigi yang diselimuti dengan plastik medical grade dan BPA-free. Aligner dirancang dengan menyesuaikan susunan gigi pasien dan dicetak dengan bantuan software berbasis AI.


Aligner sendiri berbentuk seperti cetakan gigi bening yang terdiri dari beberapa nomor. Pembuatan aligner yang mengandalkan AI video 3D simulation membuat bentuk aligner berbeda di setiap nomornya.


Baca juga: Lama Pakai Behel? Aligner Bisa Lebih Cepat, Loh. Ini Rahasianya!


Saat digunakan, aligner bekerja dengan cara memberikan tekanan lembut pada gigi kamu. Tekanan tersebut kemudian ditransfer melalui akar gigi ke rahang. Tulang rahang akan merespons tekanan dengan menggerakkan soket gigi dan gigi pun akan ikut bergerak.


Nantinya, gigi akan bergerak perlahan 0,25 mm setiap nomor ke posisi ideal sesuai prediksi teknologi AI. Perawatan gigi dengan metode aligner cenderung perlahan dan nyaman sehingga tidak akan menimbulkan rasa nyeri.


Bisa memprediksi pergerakan gigi sampai rata

Pemakaian aligner memang sangat unik, terlebih kamu bisa memantau hingga memprediksi pergerakan gigi hingga rata. Tentunya hal ini dapat membuat pemakainya menjadi lebih bersemangat saat menggunakan aligner.


Di awal konsultasi dan cetak aligner, kamu akan mendapatkan video pergerakan gigi 3D untuk melihat gerakan gigi yang akan terjadi selama pemakaian aligner. Melalui video tersebut, kamu juga bisa melihat gambaran hasil akhir treatment.



Bagaimana jika aligner yang dicetak tidak sesuai dengan susunan gigi?

Pembuatan aligner disesuaikan dengan susunan gigi pasien. Saat konsultasi dengan dokter gigi pertama kali, dokter akan mengecek susunan gigi pasien dengan sangat detail.


Kemudian, gigi akan dicetak dan difoto untuk kemudian hasil foto/scan tersebut dipindai oleh teknologi AI. Bantuan teknologi inilah yang akan memudahkan proses pencetakan aligner itu sendiri sehingga dapat dipastikan aligner akan sesuai dengan gigi kamu.


Baca juga: Clear Aligner Tidak Fit saat Dipakai? Ini Beberapa Penyebabnya!


Namun, jika pada akhirnya aligner kurang pas, kamu tak perlu khawatir sebab aligner dapat diproduksi ulang. Prosedur perubahan kecil ini juga tidak memakan waktu lama sehingga kamu bisa langsung memakai aligner yang sesuai secepat mungkin. 



Hal-hal yang penting diketahui tentang pemakaian aligner

Terdapat beberapa poin penting tentang pemakaian aligner yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

  1. Pergerakan gigi ditentukan oleh pemakaian aligner yang konsisten. Untuk itu, kamu harus disiplin memakai aligner 20 - 22 jam per hari. Jika tidak, kamu harus memperpanjang perawatannya.
  2. Patuhi jadwal penggantian set aligner yang telah direkomendasikan oleh dokter gigi. Umumnya, aligner harus diganti setiap 7 hari sekali.
  3. Pantau kecocokan aligner kamu dan hubungi dokter gigi jika memiliki kekhawatiran dengan aligner milikmu.


Aligner dapat menjadi pilihan untuk kamu yang berencana merapikan susunan gigi. Bentuk aligner yang disesuaikan dengan garis gusi akan meminimalkan rasa tidak nyaman saat digunakan.


Metode perawatan gigi dengan aligner juga terbilang praktis karena dapat dilepas pasang kapan saja sehingga memudahkan kamu saat makan maupun saat menggosok gigi. Warnanya yang bening transparan juga membuat kamu lebih percaya diri saat harus tersenyum atau tertawa.


Bagaimana, tertarik menggunakan aligner? Kamu bisa memilih Rata sebagai produk aligner pilihanmu. Dengan Rata, kamu bisa merapikan gigi dalam waktu singkat dan pastinya tidak perlu bolak balik ke klinik.



Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar