icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Bukan Sembarang Plastik, Ketahui Bahan Dasar Utama Aligner/
Aligner Gigi 101

Bukan Sembarang Plastik, Ketahui Bahan Dasar Utama Aligner

Bukan Sembarang Plastik, Ketahui Bahan Dasar Utama Aligner
dok. Rata Indonesia

Rata Family, tahukah kamu bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merapikan susunan gigi? Jika selama ini orang lebih mengenal behel atau kawat gigi, kini tersedia aligner, sebuah alat ortodontik untuk meratakan gigi yang terbuat dari medical-grade plastic.


Kepopuleran aligner kian meningkat karena bentuknya yang transparan, bisa dilepas pasang dan tidak sesakit behel saat digunakan. Aligner sendiri dibuat dari hasil cetak gigi secara manual atau melalui scanning 3D rongga mulut pasien yang sebelumnya telah dianalisa oleh dokter gigi.


Dengan menggunakan software yang dilengkapi dengan fitur AI (artificial intelligence), aligner dicetak dengan menggunakan bahan material plastik BPA free dan menghasilkan cetakan gigi yang sesuai dengan susunan gigi pasien. Nantinya aligner hanya perlu dipasang sendiri oleh pasien dan bisa dilepas ketika diperlukan.  


Rata Family mungkin bertanya-tanya, mengapa aligner terbuat dari bahan plastik? Apakah aman dan tidak mudah rusak? Lalu, bagaimana sebuah material plastik ringan bisa berfungsi untuk meratakan gigi?


Untuk menjawab rasa penasaran Rata Family, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Material aligner dari plastik medis

Aligner bukan terbuat dari sembarang plastik, melainkan dari material khusus. Plastik yang dipakai adalah medical grade atau bahan plastik yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan alat-alat medis.



Plastik medical grade umumnya menjadi bahan utama dalam pembuatan alat kesehatan seperti peralatan bedah, instrumen gigi, baki sterilisasi, peralatan anestesi, diagnosis, dan masih banyak lagi. Jenis plastik ini juga tahan terhadap suhu, bahan kimia, dan korosi.


Penggunaan plastik medical grade dalam dunia kesehatan, khususnya sebagai bahan baku pembuatan alat-alat medis dinilai cukup efektif. Jenis plastik satu ini sangat kuat dan tidak mudah rusak sehingga membuat alat kesehatan seperti aligner dapat bertahan lama.


Selain itu, biaya produksi dengan menggunakan material ini pun cukup rendah sehingga menjadikannya investasi yang dicari dalam pengobatan modern. Itulah alasannya mengapa pemakaian aligner rata-rata lebih murah dibandingkan biaya menggunakan behel atau kawat gigi.


Material aligner BPA-free

Plastik medical grade sebagai bahan baku aligner telah BPA-free sehingga aman untuk mulut. Perlu diketahui, BPA atau bisphenol A merupakan bahan kimia yang memiliki sifat peniru hormon sehingga tidak boleh terpapar tubuh manusia.


Dengan material bahan yang berkualitas, tidak ada hal yang perlu khawatirkan terhadap penggunaan aligner. Selain itu, penggunaan bahan plastik medical grade dalam pembuatan aligner memudahkan penggunanya untuk melepas pasang serta membersihkannya dengan air mengalir.


Bagaimana, tertarik menggunakan aligner? Aligner yang terbuat dari material plastik medical grade yang BPA free tentu dapat dijadikan solusi untuk meratakan gigi. Selain keamanannya telah terjamin, aligner juga dinilai lebih nyaman saat dipakai karena tidak menimbulkan rasa nyeri.


Nah, salah satu aligner yang bisa dipertimbangkan pemakaiannya adalah aligner Rata. Dirancang dan disupervisi oleh tim dokter gigi Rata yang berpengalaman, kualitas aligner Rata tentunya tak usah dipertanyakan lagi.


Terlebih, aligner Rata juga telah mengantongi izin edar dari Kemenkes (Menteri Kesehatan Republik Indonesia) sehingga aman digunakan. Bagaimana, semakin tidak sabar menggunakan aligner Rata?


Tunggu apalagi, dapatkan senyum menawan dan gigi rata versi kamu dengan melakukan penjadwalan konsultasi online dan cetak gigi yang dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar