icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Aman untuk Digunakan, Ini Bahan Dasar Utama Aligner Gigi/

Aman untuk Digunakan, Ini Bahan Dasar Utama Aligner Gigi

Aman untuk Digunakan, Ini Bahan Dasar Utama Aligner Gigi
dok. Rata Indonesia

Rata Family, tahukah kamu bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merapikan susunan gigi? Jika selama ini orang lebih mengenal behel atau kawat gigi, kini tersedia aligner, sebuah alat ortodontik untuk meratakan gigi yang terbuat dari medical-grade plastic.


Kepopuleran aligner kian meningkat karena bentuknya yang transparan, bisa dilepas pasang dan tidak sesakit behel saat digunakan. Aligner sendiri dibuat dari hasil cetak gigi secara manual atau melalui scanning 3D rongga mulut pasien yang sebelumnya telah dianalisis oleh dokter gigi.


Baca juga: Kenalan Sama 3D Scan Sebelum Pakai Clear Aligners™ Rata


Dengan menggunakan software yang dilengkapi dengan fitur AI (artificial intelligence), aligner dicetak dengan menggunakan bahan material plastik BPA free (Eurofins: 69222-030078) dan menghasilkan cetakan gigi yang sesuai dengan susunan gigi pasien. Nantinya aligner hanya perlu dipasang sendiri oleh pasien dan bisa dilepas ketika diperlukan.  


Rata Family mungkin bertanya-tanya, mengapa aligner terbuat dari bahan plastik? Apakah aman dan tidak mudah rusak? Lalu, bagaimana sebuah material plastik ringan bisa berfungsi untuk meratakan gigi?


Untuk menjawab rasa penasaran Rata Family, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Material aligner dari plastik medis

Apakah aligner aman untuk gigi? Perlu kamu tahu, aligner gigi bukan terbuat dari sembarang plastik, melainkan dari material khusus. Plastik yang dipakai adalah medical grade atau bahan plastik yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan alat-alat medis, sehingga aman untuk digunakan.



Plastik medical grade umumnya menjadi bahan utama dalam pembuatan alat kesehatan seperti peralatan bedah, instrumen gigi, baki sterilisasi, peralatan anestesi, diagnosis, dan masih banyak lagi. Jenis plastik ini juga tahan terhadap suhu, bahan kimia, dan korosi.


Baca juga: Behel Transparan & Clear Aligners™, Apa Perbedaannya?


Penggunaan plastik medical grade dalam dunia kesehatan, khususnya sebagai bahan baku pembuatan alat-alat medis dinilai cukup efektif. Jenis plastik satu ini sangat kuat dan tidak mudah rusak sehingga membuat alat kesehatan seperti aligner dapat bertahan lama.


Selain itu, biaya produksi dengan menggunakan material ini pun cukup rendah sehingga menjadikannya investasi yang dicari dalam pengobatan modern. Itulah alasannya mengapa pemakaian aligner rata-rata lebih murah dibandingkan biaya menggunakan behel atau kawat gigi.


Material aligner BPA-free



Plastik medical grade sebagai bahan baku aligner telah BPA-free sehingga aman untuk mulut. Perlu diketahui, BPA atau bisphenol A merupakan bahan kimia yang memiliki sifat peniru hormon sehingga tidak boleh terpapar tubuh manusia.


Dengan material bahan yang berkualitas, tidak ada hal yang perlu khawatirkan terhadap penggunaan aligner. Selain itu, penggunaan bahan plastik medical grade dalam pembuatan aligner memudahkan penggunanya untuk melepas pasang serta membersihkannya dengan air mengalir.


Baca juga: Jacintha Gak Nyesel Pilih Aligner™ Rata Dibandingkan Behel


Bagaimana, tertarik menggunakan aligner? Aligner yang terbuat dari material plastik medical grade yang BPA free tentu dapat dijadikan solusi untuk meratakan gigi. Selain keamanannya telah terjamin, aligner juga dinilai lebih nyaman saat dipakai karena tidak menimbulkan rasa nyeri.


Nah, salah satu aligner yang bisa dipertimbangkan pemakaiannya adalah aligner Rata. Dirancang dan disupervisi oleh tim dokter gigi Rata yang berpengalaman, kualitas aligner Rata tentunya tak usah dipertanyakan lagi.


Terlebih, aligner Rata juga telah mengantongi izin edar dari Kemenkes (Menteri Kesehatan Republik Indonesia) sehingga aman digunakan. Bagaimana, semakin tidak sabar menggunakan aligner Rata?


Tunggu apalagi, dapatkan senyum menawan dan gigi rata versi kamu dengan melakukan penjadwalan konsultasi online dan cetak gigi yang dipandu oleh dokter gigi Rata!



Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar