icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Padahal Sudah Sikat Gigi/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Padahal Sudah Sikat Gigi

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Padahal Sudah Sikat Gigi
dok. Freepik

Bau mulut atau halitosis merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian orang dan mengganggu kepercayaan diri. Ketika hal ini terjadi, sebagian dari kamu mungkin akan jadi lebih rajin menyikat gigi supaya mulut jadi lebih segar. 


Namun, bagaimana jadinya jika sudah rajin menyikat gigi tapi bau mulut masih saja mengganggu? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Untuk mengetahuinya, yuk simak penyebab kenapa bau mulut padahal sudah sikat gigi seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.


Penyebab bau mulut tak hilang meski sudah sikat gigi

1. Mulut kering

Mulut masih bau meski sudah rajin menyikat gigi? Bisa jadi kamu mengalami mulut kering. Mulut kering dipicu oleh jumlah air liur yang sedikit. Nah, kondisi inilah yang pada akhirnya memicu bau mulut tak sedap.


Mengutip Mayo Clinic, air liur (saliva) berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi, mulut, dan napas. Selain membantu melumatkan makanan, air liur juga bisa membantu membilas sisa-sisa makanan dan bakteri dari mulut. 


Ketika mulut tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup, maka bakteri dan kuman akan bersarang dengan nyaman di dalam mulut. Bakteri-bakteri inilah yang menjadi penyebab bau mulut.


2. Infeksi di mulut, hidung, atau tenggorokan

Bau mulut yang tak kunjung hilang juga bisa disebabkan oleh infeksi yang berasal dari mulut, hidung, atau tenggorokan. Orang yang mengalami sinusitis, post-nasal drip, atau sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri (strep throat) cenderung mengalami masalah bau mulut tak sedap.


Infeksi itu kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Nah, bakteri tersebut memakan lendir yang diproduksi oleh tubuh dan menyebabkan bau busuk serta aroma tak sedap dari mulut.


3. Asam lambung naik

Rata Family, apakah kamu memiliki riwayat penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD)? Jika iya, ini bisa jadi penyebab bau mulut padahal sudah sikat gigi.


GERD adalah kondisi saat asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan. Ketika ini terjadi, kamu biasanya akan mengalami sakit perut dan rasa pahit atau asam di mulut. Efek lain dari asam lambung naik inilah yang juga menyebabkan bau mulut tak sedap.


4. Kebiasaan merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab bau tak sedap pada mulut. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Acta Stomatologica Croatica, merokok bisa menurunkan produksi air liur sehingga mulut jadi terasa kering. Ketika mulut terasa kering, maka akan semakin banyak bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut.


Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit gusi. Nah, kombinasi mulut kering dan penyakit gusi inilah yang jadi penyebab kenapa bau mulut padahal sudah sikat gigi.


5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu