icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Selalu Gagal Pakai Clear Aligner™? Mungkin Cara Pakainya Belum Benar! /

Selalu Gagal Pakai Clear Aligner™? Mungkin Cara Pakainya Belum Benar!

Pake Rata bisa gagal gak sih? Penyebab gagal pake clear aligner?
dok. Rata Indonesia

Salah satu cara mengoptimalkan perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel yang sedang dijalani adalah memastikan penggunaan clear aligner™ sudah benar. Mengapa? Jika kamu tidak mengikuti instruksi pemakaian clear aligners dengan tepat, tentu akan bermasalah selama masa perawatan meratakan gigi. 


Bagaimana memastikan clear aligner™ pas di gigi?

Kamu bisa melihat apakah terdapat celah antara clear aligner™ dan gigi? Selama perawatan meratakan gigi tanpa behel ini, aligner™ harus pas berada di atas gigi kamu untuk menghasilkan perawatan yang maksimal dan memindahkan gigi ke posisi ideal. 


Pastikan posisi aligner™ pas berada di atas gigi, tidak goyang atau bergerak sama sekali. Jika merasa kencang saat pergantian set, itu merupakan hal yang wajar, selama masih pas di dalam mulut! 


Lalu, mengapa pemakaian aligner™ dapat gagal? 

1. Tidak rajin menggunakan aligner™ 

Salah satu penyebab gagalnya meratakan gigi dengan aligner adalah pasien kurang rajin dalam mengikuti instruksi dokter. Pasien disarankan untuk menggunakan aligner™ selama 20-22 jam sehari. Jika tidak digunakan sesuai waktu yang ditentukan, hal ini dapat memungkinkan clear aligner™ selanjutnya akan tidak pas di dalam mulut. 


2. Pemakaian terlalu cepat atau lama 

Setiap kasus gigi disarankan untuk mengganti satu set aligner setiap 10-14 hari. Pasien juga dihimbau untuk tidak terlalu cepat atau lama mengganti aligner™, karena akan berpengaruh terhadap efektivitas pemakaian aligner™. Jika terlalu lama untuk mengganti ke set berikutnya, dapat berisiko kehilangan aligner dan menghambat perawatan gigi kamu. 


3. Aligner™ rusak 

Kerusakan clear aligner™ seperti patah atau retak bisa membahayakan gigi dan menyebabkan gusi berdarah. Oleh karena itu, hindari penyebab aligner™ rusak dan segera konsultasi kepada dokter gigi jika aligner™ rusak selama perawatan. 


Oleh karena itu, untuk menghindari gagalnya perawatan meratakan gigi, disarankan untuk selalu patuh dalam menggunakan aligner™. Gunakan aligner™ selama 20-22 jam per hari dalam 10-14 hari, tergantung pada kasus gigi pasien. Jika aligner™ terasa kurang pas di dalam mulut atau tidak nyaman, kamu bisa menggigit chewies yang sudah disediakan untuk mengencangkan aligner™ agar hasilnya lebih maksimal. 


Jika terdapat kendala saat perawatan, silakan hubungi Customer Service Rata untuk konsultasi GRATIS atau cari tahu informasi lebih lanjut terkait pemakaian aligner di Instagram @rata.id atau website www.rata.id

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar