icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Aligner Gigi Kamu Rusak? Lakukan 2 Hal Penting Ini!/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Aligner Gigi Kamu Rusak? Lakukan 2 Hal Penting Ini!

Aligner Gigi Kamu Rusak? Lakukan 2 Hal Penting Ini!
dok. Rata Indonesia

Memiliki gigi yang sehat dan rapi adalah impian semua orang. Nah, jika kamu salah satu orang pemilik gigi berantakan, tidak perlu khawatir. Kini sudah ada banyak cara untuk merapikan gigi yang bisa kamu coba, salah satunya dengan Clear Aligner.


Clear Aligner merupakan metode meratakan gigi yang belakangan ini tengah diminati oleh banyak orang. Salah satu keunggulan aligner gigi adalah berwarna transparan, sehingga tidak mengganggu penampilan. Keunggulan lainnya, aligner nyaman digunakan karena minim rasa sakit, dan bisa dilepas pasang saat makan, minum minuman berwarna, dan menyikat gigi.


Saat menggunakan aligner gigi, kamu harus memperhatikan beberapa aturan pemakaiannya. Perata gigi berwarna bening ini memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar oleh penggunanya. Jika dilanggar, maka akan memengaruhi durasi pemakaian Clear Aligner itu sendiri. Parahnya lagi, bisa membuat aligner gigi mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana jika aligner gigi mengalami kerusakan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!


Penyebab Aligner Gigi Rusak

Aligner gigi bisa saja robek atau rusak. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Lantas, apa sajakah itu? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini:


  • Rusak karena kamu memiliki kebiasaan bruxism pada saat tidur
  • Rusak karena terinjak atau tertindih sesuatu
  • Rusak karena tergigit binatang peliharaan


Apa yang Harus Dilakukan saat Aligner Gigi Rusak?

Apakah kamu mengalami salah satu kondisi di atas? Jika iya, jangan khawatir karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Lakukan beberapa langkah di bawah ini jika aligner gigi kamu mengalami kerusakan ya!


1. Gunakan nomor aligner selanjutnya

Jika aligner gigi mengalami kerusakan, cobalah untuk menggunakan nomor aligner selanjutnya. Misalnya, jika aligner kamu yang rusak adalah aligner nomor 10, maka kamu bisa mencoba untuk lanjut ke aligner nomor 11.


Jika dirasa nyaman, maka kamu tidak perlu mengganti aligner gigi yang rusak. Lanjutkan pemakaian aligner nomor 11 dan seterusnya ya!


2. Kembali gunakan aligner nomor sebelumnya

Apabila kamu sudah melakukan langkah yang pertama, namun ternyata aligner nomor selanjutnya tidak fit/berasa terlampau sakit, cobalah untuk kembali menggunakan aligner nomor sebelumnya.


Misalnya, aligner yang rusak adalah nomor 10 dan aligner nomor 11 tidak fit, cobalah untuk memakai aligner nomor 9, 8, atau 7 sambil menghubungi tim Rata untuk meminta bantuan. Nantinya, tim Rata akan kembali membuat aligner nomor 10 yang rusak. Namun, kamu akan dikenakan biaya cetak ulang sebesar Rp 300.000,-


Itu dia informasi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika aligner gigi mengalami kerusakan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Clear Aligner, segera jadwalkan konsultasi kamu dengan dokter gigi Rata. Menariknya konsultasi ini bisa dilakukan secara online, lho! Jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. 


Bagaimana, semakin tertarik menggunakan aligner Rata? Yuk, jadwalkan konsultasi online kamu dan cetak aligner sendiri di rumah sambil dipandu oleh dokter gigi Rata! Atau kamu juga bisa kunjungi klinik Rata terdekat untuk melakukan konsultasi. Informasi lain mengenai aligner Rata dapat dicek di website dan Instagram @rata.id, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar