icon
Rata
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Aligner Gigi Kamu Rusak? Simak Tips Berikut dari Ahli!/

Aligner Gigi Kamu Rusak? Simak Tips Berikut dari Ahli!

aligner patah
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana


Memiliki gigi yang sehat dan rapi adalah impian semua orang. Nah, jika kamu salah satu orang pemilik gigi berantakan, tidak perlu khawatir. Kini sudah ada banyak cara untuk merapikan gigi yang bisa kamu coba, salah satunya dengan Clear Aligners.


Clear Aligner merupakan metode meratakan gigi yang belakangan ini tengah diminati oleh banyak orang. Salah satu keunggulan aligner gigi adalah berwarna transparan, sehingga tidak mengganggu penampilan. Keunggulan lainnya, aligner nyaman digunakan karena minim rasa sakit, dan bisa dilepas pasang saat makan, minum minuman berwarna, dan menyikat gigi.


Baca juga: Siapa yang Memenuhi Syarat untuk Pakai Clear Aligners™?


Saat menggunakan aligner gigi, kamu harus memperhatikan beberapa aturan pemakaiannya. Perata gigi berwarna bening ini memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar oleh penggunanya. Jika dilanggar, maka akan memengaruhi durasi pemakaian Clear Aligner itu sendiri. Parahnya lagi, bisa membuat aligner gigi mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana jika aligner gigi mengalami kerusakan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!


Penyebab Aligner Gigi Rusak

Aligner gigi bisa saja robek atau rusak. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Lantas, apa sajakah itu? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini:

  • Rusak karena kamu memiliki kebiasaan bruxism pada saat tidur
  • Rusak karena terinjak atau tertindih sesuatu
  • Rusak karena tergigit binatang peliharaan


Apa yang Harus Dilakukan saat Aligner Gigi Rusak?

Apakah kamu mengalami salah satu kondisi di atas? Jika iya, jangan khawatir karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Lakukan beberapa langkah di bawah ini jika aligner gigi kamu mengalami kerusakan ya!


1. Gunakan nomor aligner selanjutnya

Jika aligner gigi mengalami kerusakan, cobalah untuk menggunakan nomor aligner selanjutnya. Misalnya, jika aligner kamu yang rusak adalah aligner nomor 10, maka kamu bisa mencoba untuk lanjut ke aligner nomor 11.


Jika dirasa nyaman, maka kamu tidak perlu mengganti aligner gigi yang rusak. Lanjutkan pemakaian aligner nomor 11 dan seterusnya ya!


2. Kembali gunakan aligner nomor sebelumnya

Apabila kamu sudah melakukan langkah yang pertama, namun ternyata aligner nomor selanjutnya tidak fit/berasa terlampau sakit, cobalah untuk kembali menggunakan aligner nomor sebelumnya.


Misalnya, aligner yang rusak adalah nomor 10 dan aligner nomor 11 tidak fit, cobalah untuk memakai aligner nomor 9, 8, atau 7 sambil menghubungi tim Rata untuk meminta bantuan. Nantinya, tim Rata akan kembali membuat aligner nomor 10 yang rusak.


Baca juga: Dipakai 22 Jam per Hari, Kapan Waktu untuk Melepas Aligner Gigi?


Lalu, bagaimana jika sudah sampai aligner™ set terakhir?

Seperti yang dikatakan oleh drg. Jessica Endriyana, jika salah satu set aligner™ terakhir kamu patah, namun pasangannya masih ada beberapa set selanjutnya, disarankan untuk kontrol gigi ke klinik dan cek kondisinya seperti apa. Karena, tidak disarankan untuk menggunakan retainer ketika gigi belum rata sempurna. 


Hal ini bisa menyebabkan kurang maksimal saat menggunakan retainer atau justru sulit dilepas saat mengenakannya. Setelah itu, untuk menjaga aligner tetap layak pakai hingga set terakhir pasangannya selesai, gunakan aligner yang selesai terlebih dahulu pada malam hari saja setelah pemakaian selama dua minggu.


Tips menyimpan aligner™ agar tidak mudah patah

Kamu bisa melakukan beberapa langkah ini agar terhindar dari aligner™ yang patah:

1. Simple aligner™ di dalam case yang sudah disediakan. 

2. Rawat aligner™ dengan hati-hati, baik saat melepas dan memasang aligner™, atau membersihkannya. 

3. Hindari mengunyah makanan atau permen saat menggunakan aligner™.


Itu dia informasi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika aligner gigi mengalami kerusakan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Clear Aligner, segera jadwalkan konsultasi kamu dengan dokter gigi Rata. Menariknya konsultasi ini bisa dilakukan secara online, lho! Jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. Tapi, kalau kamu ingin berkonsultasi langsung di klinik Rata, juga diperbolehkan, loh!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar