icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Alasan Pentingnya Pemeriksaan Gigi Rutin, Apa Saja, Sih?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

5 Alasan Pentingnya Pemeriksaan Gigi Rutin, Apa Saja, Sih?

5 Alasan Pentingnya Pemeriksaan Gigi Rutin, Apa Saja, Sih?
dok. FreePik

Rata Family, ingatkah kamu kapan terakhir kali melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi? Bila jawabannya lebih dari enam bulan lalu, berarti kamu harus segera menjadwalkan konsultasi untuk pemeriksaan gigi rutin.


Banyak yang belum mengetahui, melakukan konsultasi dan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi. Apa saja manfaat dari konsultasi dan pemeriksaan rutin ke dokter gigi? Berikut ulasan lengkapnya.


Mengapa pemeriksaan gigi rutin penting untuk kesehatan?


Gigi lebih bersih dan sehat

Mungkin kamu berpikir bahwa gigi dan mulut kamu sehat-sehat saja tanpa perlu konsultasi dokter gigi secara rutin. Meskipun kamu selalu sikat gigi dua kali sehari ditambah dengan flossing secara teratur, tetap saja gigi kamu tidak 100% bebas dari plak. Masalahnya, plak yang tidak dibersihkan, lama-lama akan menumpuk dan membentuk karang gigi. Begitu karang gigi sudah terbentuk, akan sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi atau floss


Solusinya? Tentu saja konsultasi ke dokter gigi. Ketika kamu mengunjungi dokter gigi, mereka akan langsung memeriksa kondisi gigi dan rongga mulut kamu. Bila dokter gigi melihat adanya karang gigi, maka kamu akan langsung dianjurkan untuk melakukan prosedur pembersihan karang gigi. Setelah itu, dokter gigi juga akan memberikan kamu arahan bagaimana cara merawat kebersihan dan menjaga kesehatan gigi dengan benar setiap harinya. 


Deteksi gigi berlubang sebelum semakin parah

Pemeriksaan gigi secara rutin juga bermanfaat untuk mendeteksi gigi berlubang. Banyak orang yang mengabaikan sakit gigi karena berbagai alasan, entah itu karena kesibukan atau takut ke dokter gigi. Padahal, bisa saja rasa nyeri gigi yang kamu rasakan ketika makan dan minum itu adalah tanda masalah gigi berlubang. Mungkin rasa sakit bisa hilang dengan sendirinya, namun jika tidak ditangani, gigi berlubang akan semakin parah dan menyebabkan infeksi. 


Oleh karena itu, sangat penting untuk konsultasi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk memastikan apakah ada masalah gigi, seperti gigi berlubang. Ingat, dari lubang yang kecil bisa meluas menjadi lubang yang besar dan membuat gigi kamu rusak.



Menjaga kesehatan gusi

Saat kebersihan dan kesehatan gigi tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami radang gusi. Kondisi ini ditandai dengan gusi memerah, bengkak, dan terasa sakit saat ditekan. Jadi, jangan tunggu sampai radang gusi muncul, hindari dan selalu awasi dengan konsultasi ke dokter gigi secara rutin. 


Radang gusi atau gingivitis bisa disebabkan oleh penumpukan plak dan bakteri di gigi, sehingga siapa saja bisa mengalaminya. Bila kamu rutin konsultasi ke dokter gigi, maka mereka dapat menanggapi langsung berbagai keluhan yang kamu rasakan sebelum kondisi semakin memburuk. Selain itu, dokter gigi juga bisa membersihkan gigi dan mulut kamu di setiap kunjungan agar terhindar dari radang gusi.


Deteksi dini masalah kesehatan gigi dan rongga mulut

Setiap hari banyak makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut kita. Bisa dibayangkan seberapa kotor mulut dan gigi bila tidak diperiksa secara rutin. Bagi kamu yang rajin konsultasi ke dokter gigi, bisa sedikit lega dan tenang karena kondisi mulut dan gigi kamu cukup sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? 


Terus kenapa sih harus melakukan perawatan gigi rutin? Karena masalah gigi bisa jadi muncul dari plak yang tidak kunjung dibersihkan. Masalah mulut dan gigi yang dibiarkan begitu saja, juga dapat menyebabkan penyakit yang serius. Dalam beberapa kasus, penyakit seperti kanker mulut tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan di stadium awal. Namun, penyebarannya cukup cepat sehingga begitu kamu mulai terganggu dengan gejalanya, kemungkinan besar kanker mulut sudah mencapai stadium akhir. Tidak hanya kanker mulut saja, penyakit serius seperti gejala awal hipertensi dan diabetes bisa ditemukan di rongga mulut kamu, lho! 


Lebih percaya diri karena bebas bau mulut

Bau mulut jadi momok bagi banyak orang. Walau sudah sering berkumur dan makan permen mint, tetap saja bau mulut mengganggu kepercayaan diri kamu. Kalau sudah begini, jangan ragu untuk menanyakannya ke dokter gigi di sesi konsultasi selanjutnya.


Dokter gigi memiliki pengetahuan dan keahlian mendalam seputar kebersihan gigi dan rongga mulut. Dengan begitu, kamu dapat mendapatkan penanganan yang tepat dan membagikan tips dan trik menjaga kesehatan gigi, termasuk bebas dari bau mulut.


Itu dia lima alasan kenapa kamu perlu konsultasi ke dokter gigi secara rutin. Jangan lagi malas apalagi takut untuk berkunjung ke dokter gigi, ya!


Kamu tidak perlu bingung mencari klinik atau rumah sakit untuk konsultasi dokter gigi kamu selanjutnya, langsung saja kunjungi klinik Rata. Peralatan canggih dan penanganan dari dokter gigi berpengalaman akan menunjang perawatan gigi yang berkualitas pula. Beberapa masalah gigi seperti gigi tonggos, gigi berjejal, sampai gigi renggang bisa ditangani oleh Rata.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar