icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Alat Pembersih Karang Gigi Dijual di E-Commerce, Amankah Dipakai Sendiri?/

Alat Pembersih Karang Gigi Dijual di E-Commerce, Amankah Dipakai Sendiri?

Alat Pembersih Karang Gigi
dok. Freepik

Karang gigi adalah lapisan keras di bagian luar gigi yang merupakan akumulasi dari plak yang tidak dibersihkan dengan benar. Karang gigi harus segera dibersihkan, agar kotoran tersebut tidak mengeras akibat adanya proses endapan mineral.


Bila karang gigi dibiarkan menumpuk, maka akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan rongga mulut seperti radang gusi, bau mulut, hingga kerusakan jaringan penyangga gigi yang menyebabkan gigi menjadi goyang dan terlepas dengan sendirinya.


Baca juga: Karang Gigi: Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Membersihkannya


Amankah membersihkan karang gigi sendiri di rumah?


Saat ini, banyak sekali alat pembersih karang gigi yang dijual di e-commerce dengan harga yang relatif murah. Meski menggiurkan, apakah membersihkan karang gigi sendiri di rumah aman untuk dilakukan?


Jawabannya tentu saja tidak. Meskipun saat ini banyak sekali alat untuk membersihkan karang gigi yang dijual secara online di e-commerce, namun menggunakan alat tersebut secara mandiri di rumah bukanlah tindakan yang patut untuk dilakukan. 


Baca juga: Membersihkan Karang Gigi di Dokter, Kapan dan Bagaimana Prosesnya?


Menurut situs Frisco’s Dentist, penggunaan alat pembersih karang gigi dibutuhkan pelatihan khusus agar aman digunakan tanpa risiko cedera. Faktanya, tenaga ahli profesional seperti dokter gigi harus menjalani pelatihan khusus untuk dapat melakukan tindakan ini. 


Alasan lain kenapa alat pembersih karang gigi tidak disarankan dipakai sendiri adalah karena alat tersebut memiliki bagian tajam yang berbahaya. Jika dipakai dengan cara yang tidak tepat, alat tersebut bisa menusuk dan merusak gusi serta menyebabkan pendarahan yang berlebihan. Cedera pada gusi ini tidak hanya menyakitkan, namun dapat menyebabkan resesi gusi (kondisi ketika gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi). 


Selain itu, alat membersihkan karang gigi juga berisiko menyebabkan:

  • Melukai lidah, pipi, atau jaringan lunak lainnya.
  • Menggores email gigi dan membuat gigi jadi sensitif
  • Menyebabkan infeksi. Ini terjadi ketika kamu mungkin tidak sengaja mendorong karang gigi ke bawah garis gusi, yang menyebabkan abses gusi atau masalah kesehatan mulut lainnya.


Cara aman menghilangkan karang gigi di rumah

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan karang gigi adalah melakukan perawatan scaling di dokter gigi. Hindari membeli alat pembersih karang gigi dan melakukannya sendiri di rumah, karena bisa berbahaya.


Adakah cara membersihkan karang gigi sendiri yang aman? Kamu bisa menghilangkan karang gigi di rumah dengan cara lain. Cara ini terbilang aman, namun tetap tidak seampuh tindakan scaling gigi. Simak caranya seperti dikutip dari WebMD berikut ini: 


  • Sikat gigi secara teratur, dua kali sehari selama 2 menit. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus sangat dianjurkan. Metode penyikatan gigi yang benar juga wajib dilakukan agar karang gigi tidak terbentuk di area gusi.
  • Pilih sikat gigi yang mengandung fluoride. Fluoride bisa membantu memperbaiki kerusakan email. 
  • Lakukan flossing dengan cara tepat, agar sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dapat sepenuhnya terangkat. Flossing merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan plak dan mencegah timbulnya karang gigi di area yang sulit dijangkau. Flossing dianjurkan untuk dilakukan setidaknya satu kali dalam sehari.
  • Berkumur dengan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membunuh bakteri penyebab plak.


Itulah penjelasan mengenai amankah penggunaan alat pembersih karang gigi sendiri di rumah. Jika kamu ingin membersihkan karang gigi, sebaiknya lakukan oleh tenaga ahli profesional seperti dokter gigi di klinik ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, scaling gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar