icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Alat Pembersih Karang Gigi Dijual di E-Commerce, Amankah Dipakai Sendiri?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alat Pembersih Karang Gigi Dijual di E-Commerce, Amankah Dipakai Sendiri?

Alat Pembersih Karang Gigi
dok. Freepik

Karang gigi adalah lapisan keras di bagian luar gigi yang merupakan akumulasi dari plak yang tidak dibersihkan dengan benar. Karang gigi harus segera dibersihkan, agar kotoran tersebut tidak mengeras akibat adanya proses endapan mineral.


Bila karang gigi dibiarkan menumpuk, maka akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan rongga mulut seperti radang gusi, bau mulut, hingga kerusakan jaringan penyangga gigi yang menyebabkan gigi menjadi goyang dan terlepas dengan sendirinya.


Amankah membersihkan karang gigi sendiri di rumah?

Saat ini, banyak sekali alat pembersih karang gigi yang dijual di e-commerce dengan harga yang relatif murah. Meski menggiurkan, apakah membersihkan karang gigi sendiri di rumah aman untuk dilakukan?


Jawabannya tentu saja tidak. Meskipun saat ini banyak sekali alat untuk membersihkan karang gigi yang dijual secara online di e-commerce, namun menggunakan alat tersebut secara mandiri di rumah bukanlah tindakan yang patut untuk dilakukan. 


Menurut situs Frisco‚Äôs Dentist, penggunaan alat pembersih karang gigi dibutuhkan pelatihan khusus agar aman digunakan tanpa risiko cedera. Faktanya, tenaga ahli profesional seperti dokter gigi harus menjalani pelatihan khusus untuk dapat melakukan tindakan ini. 


Alasan lain kenapa alat pembersih karang gigi tidak disarankan dipakai sendiri adalah karena alat tersebut memiliki bagian tajam yang berbahaya. Jika dipakai dengan cara yang tidak tepat, alat tersebut bisa menusuk dan merusak gusi serta menyebabkan pendarahan yang berlebihan. Cedera pada gusi ini tidak hanya menyakitkan, namun dapat menyebabkan resesi gusi (kondisi ketika gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi). 


Selain itu, alat membersihkan karang gigi juga berisiko menyebabkan:

  • Melukai lidah, pipi, atau jaringan lunak lainnya.
  • Menggores email gigi dan membuat gigi jadi sensitif
  • Menyebabkan infeksi. Ini terjadi ketika kamu mungkin tidak sengaja mendorong karang gigi ke bawah garis gusi, yang menyebabkan abses gusi atau masalah kesehatan mulut lainnya.


Cara aman menghilangkan karang gigi di rumah