icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Hal yang Dilarang Setelah Membersihkan Karang Gigi/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

5 Hal yang Dilarang Setelah Membersihkan Karang Gigi

5 Hal yang Dilarang Setelah Membersihkan Karang Gigi
dok. Rata Indonesia

Sebagai salah satu perawatan gigi yang cukup populer, siapa sih yang tidak tahu scaling gigi? Scaling gigi merupakan prosedur membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat ultrasonic scaler


Scaling menjadi salah satu prosedur penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan perawatan dengan aligner gigi. Scaling harus dilakukan sebelum menggunakan aligner, karena karang gigi bisa memengaruhi bentuk gigi seseorang. Jika karang gigi ikut tercetak saat proses pencetakanan gigi, maka akan berpengaruh terhadap bentuk aligner kamu.


Hal yang dilarang setelah membersihkan karang gigi


Mengutip American Dental Association, efek samping yang ditimbulkan setelah menjalani scaling gigi atau pembersihan karang, yaitu gigi menjadi lebih sensitif selama hampir seminggu. Selain itu, gusi juga mungkin akan terasa bengkak, nyeri, bahkan berdarah.


Untuk mencegah rasa tidak nyaman atau kembalinya karang gigi setelah prosedur scaling, ada beberapa pantangan setelah membersihkan karang gigi. Apa saja? Simak informasinya berikut ini.


1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, scaling bisa membuat gigi sensitif. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin selama 2 hari, karena makanan dan minuman itu bisa memperparah rasa ngilu pada gigi.


Sebagai contoh, saat makanan baru disajikan dalam kondisi panas, tunggulah beberapa saat sebelum disantap. Kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi es krim atau minuman dingin untuk sementara waktu. 


2. Makanan bertekstur keras

Setelah gigi dibersihkan dari karang, mengunyah makanan mungkin tidak senyaman biasanya. Kondisi ini terjadi karena sensitivitas gigi yang sedang meningkat. Oleh sebab itu, hindarilah mengonsumsi makanan bertekstur keras atau tajam (seperti kacang atau keripik) setidaknya selama 24 jam setelah perawatan. 


3. Makanan yang tidak mudah hancur saat dikunyah

Selanjutnya, hindari mengonsumsi makanan yang tidak mudah hancur saat dikunyah. Beberapa makanan itu adalah roti dan kentang goreng. Makanan ini harus dihindari karena mudah terselip di sela-sela gigi, sehingga beresiko menimbulkan penumpukan plak dan karang gigi kembali muncul.


4. Makanan dan minuman yang terlalu manis