icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Hal yang Dilarang Setelah Membersihkan Karang Gigi/

5 Hal yang Dilarang Setelah Membersihkan Karang Gigi

5 Hal yang Dilarang Setelah Membersihkan Karang Gigi
dok. Rata Indonesia

Sebagai salah satu perawatan gigi yang cukup populer, siapa sih yang tidak tahu scaling gigi? Scaling gigi merupakan prosedur membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat ultrasonic scaler


Scaling menjadi salah satu prosedur penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan perawatan dengan aligner gigi. Scaling harus dilakukan sebelum menggunakan aligner, karena karang gigi bisa memengaruhi bentuk gigi seseorang. Jika karang gigi ikut tercetak saat proses pencetakanan gigi, maka akan berpengaruh terhadap bentuk aligner kamu.


Baca juga: Karang Gigi: Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Membersihkannya


Hal yang dilarang setelah membersihkan karang gigi


Mengutip American Dental Association, efek samping yang ditimbulkan setelah menjalani scaling gigi atau pembersihan karang, yaitu gigi menjadi lebih sensitif selama hampir seminggu. Beberapa orang juga mengeluhkan gigi renggang setelah scaling. Selain itu, gusi juga mungkin akan terasa bengkak, nyeri, bahkan berdarah.


Untuk mencegah rasa tidak nyaman atau kembalinya karang gigi setelah prosedur scaling, ada beberapa pantangan setelah membersihkan karang gigi. Apa saja? Simak informasinya berikut ini.


1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, scaling bisa membuat gigi sensitif. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin selama 2 hari, karena makanan dan minuman itu bisa memperparah rasa ngilu pada gigi.


Sebagai contoh, saat makanan baru disajikan dalam kondisi panas, tunggulah beberapa saat sebelum disantap. Kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi es krim atau minuman dingin untuk sementara waktu. 


2. Makanan bertekstur keras

Setelah gigi dibersihkan dari karang, mengunyah makanan mungkin tidak senyaman biasanya. Kondisi ini terjadi karena sensitivitas gigi yang sedang meningkat. Oleh sebab itu, hindarilah mengonsumsi makanan bertekstur keras atau tajam (seperti kacang atau keripik) setidaknya selama 24 jam setelah perawatan. 


3. Makanan yang tidak mudah hancur saat dikunyah

Selanjutnya, hindari mengonsumsi makanan yang tidak mudah hancur saat dikunyah. Beberapa makanan itu adalah roti dan kentang goreng. Makanan ini harus dihindari karena mudah terselip di sela-sela gigi, sehingga beresiko menimbulkan penumpukan plak dan karang gigi kembali muncul.


Baca juga: 4 Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Dibersihkan


4. Makanan dan minuman yang terlalu manis

Kemunculan karang gigi disebabkan oleh menumpuknya plak. Nah, plak yang dibiarkan terlalu lama ini akan mengeras dan menjadi karang. Salah satu penyebab penumpukan plak adalah gula. 


Oleh karena itu, salah satu hal yang harus dihindari setelah membersihkan karang gigi adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis, seperti permen, cokelat, kue, hingga soda. Ini bertujuan untuk mencegah karang gigi kembali terbentuk setelah scaling. 


5. Merokok dan mengonsumsi alkohol

Mengutip situs Periodontal Health Center, merokok dan mengonsumsi minuman alkohol harus dihindari setidaknya selama 2 hari setelah scaling gigi. Selain untuk meningkatkan penyembuhan, rokok dan alkohol dapat mengurangi produksi air liur di dalam mulut. Hal ini tentunya dapat menyebabkan mulut kering dan lebih mudah terjadinya penumpukan plak. Karang gigi pun berpotensi bisa muncul kembali.


Itulah penjelasan mengenai pantangan setelah membersihkan karang gigi. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar scaling gigi maupun keluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya di Klinik Rata terdekat. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi kamu dengan dokter gigi Rata!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar