icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Membersihkan Karang Gigi di Dokter, Kapan dan Bagaimana Prosesnya?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Membersihkan Karang Gigi di Dokter, Kapan dan Bagaimana Prosesnya?

Membersihkan Karang Gigi di Dokter, Kapan dan Bagaimana Prosesnya?
dok. Rata Indonesia

Meski kamu merasa sudah menjaga kebersihan gigi dengan baik dan benar, penumpukan plak dan karang gigi tidak bisa dihindari. Koloni bakteri bisa terbentuk di mulut setiap kali kamu makan atau minum. Maka dari itu, ada kalanya kamu perlu untuk membersihkan karang gigi di dokter secara rutin.


Menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan menggunakan obat kumur merupakan strategi yang efektif untuk menghilangkan sebagian besar karang gigi. Namun, sebagian karang gigi yang terlewatkan akan tetap ada dan lama kelamaan sulit untuk dihilangkan. 


Lalu, kapan kamu perlu scaling untuk membersihkan karang gigi? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Scaling gigi idealnya setiap enam bulan

Kamu perlu membersihkan karang gigi di dokter setidaknya setiap enam bulan sekali. Perawatan gigi ini disebut dengan prosedur scaling. Meski begitu, waktu yang tepat untuk melakukan scaling bisa beragam. Bahkan, sebelum enam bulan pun jika karang gigi sudah terbentuk, kamu dapat melakukan perawatan gigi ini.


Bagaimana jika kamu menggunakan behel? Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan gigi? Jika kamu menggunakan kawat gigi, kamu mungkin akan melakukan scaling setiap 1 sampai 2 bulan sekali, atau setiap kali melakukan konsultasi. Ini dilakukan karena kawat gigi menyebabkan gigi lebih mudah kotor akibat banyaknya celah gigi yang sulit dibersihkan dan mempermudah terbentuknya karang gigi.



Scaling gigi untuk siapa saja

Semua orang yang mempunyai karang gigi perlu melakukan scaling, terlepas dari banyak tidaknya karang gigi yang dimiliki. Kamu perlu melakukan scaling karena ini adalah tindakan medis satu-satunya yang efektif dalam membersihkan karang gigi.


Jika kamu menderita radang gusi atau radang jaringan pendukung gigi lainnya, kamu juga perlu melakukan scaling sebagai langkah awal perawatan. Itu karena karang gigi sering menjadi faktor penyebab penyakit-penyakit tersebut. Jika dalam waktu satu minggu setelah melakukan scaling kondisi gusi tidak membaik, itu tandanya kamu membutuhkan prosedur perawatan lanjutan, seperti operasi gusi atau kuretase pada gusi.


Manfaat scaling gigi

Di samping untuk membersihkan karang gigi, ada juga manfaat scaling gigi secara rutin, seperti di bawah ini.


1. Membantu menghilangkan bau mulut

Banyak orang keliru bahwa bau mulut disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Penumpukan karang gigi seringkali menjadi penyebab utamanya. Jadi, menghilangkan kotoran di gigi dan gusi dapat mengatasi masalah ini. Jangan lupa menyikat lidah untuk membersihkan bakteri penyebab bau mulut.


2. Mendukung kesehatan jantung

Ada banyak penelitian yang dilakukan tentang korelasi antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan. Gingivitis dan penyakit gusi memiliki efek langsung pada kesehatan kardiovaskular. Risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, dan banyak penyakit yang mengancam jiwa lainnya dapat ditekan secara signifikan dengan membersihkan karang gigi.


3. Menghemat uang

Merawat gigi dan mulut dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur justru akan menghemat uang. Selain membantu mencegah gigi berlubang, manfaat scaling rutin juga mampu mengidentifikasi gigi berlubang atau karies pada tahap awal. Jika tidak ditangani, masalah gigi akan menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan, termasuk infeksi, perawatan saluran akar, dan gigi tanggal. Semua masalah tersebut sangat mahal untuk diperbaiki, jadi kamu perlu rutin scaling untuk mencegahnya.



Bagaimana prosedur scaling gigi berlangsung?

Kamu tidak perlu takut melakukan scaling gigi karena prosedurnya sama sekali tidak menyakitkan. Proses scaling gigi dimulai dengan mengikis karang gigi dengan instrumen ultrasonik yang menghantarkan getaran. Lalu, dilanjutkan dengan kabut dingin untuk benar-benar membersihkan gigi. Kamu mungkin diminta untuk meludah sesekali agar bisa mengeluarkan karang gigi yang terkikis.


Setelah karang gigi besar dibersihkan, dokter gigi akan beralih ke scaler tangan yang tersedia dalam berbagai ukuran. Meskipun penggunaannya dapat memperpanjang waktu prosedur, namun teknik ini memberikan kontrol lebih kepada dokter gigi karena dapat menjangkau area yang tidak dapat dijangkau oleh instrumen ultrasonik. Instrumen ini juga dapat menghilangkan endapan yang lebih kecil, terutama yang bersarang di antara gigi.


Setelah prosedur scaling selesai dilakukan, kamu dapat kembali beraktivitas seperti biasa, meskipun mungkin tidak diizinkan untuk makan atau minum selama 30 menit hingga satu jam pertama setelah menjalani prosedur. Jika ingin segera membersihkan karang gigi, lakukan scaling di Klinik Rata yang akan memberikan pelayanan terbaik, ya. 


Nah, itulah informasi tentang kapan perlu scaling gigi untuk membersihkan karang gigi yang perlu kamu ketahui. Untuk scaling dan pemeriksaan berbagai masalah gigi, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi terpercaya di Klinik Rata terdekat. Semoga bermanfaat!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar