icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Apakah Pakai Aligner Gigi Bisa Sebabkan Bau Mulut?/

Apakah Pakai Aligner Gigi Bisa Sebabkan Bau Mulut?

Apakah Pakai Aligner Gigi Bisa Sebabkan Bau Mulut?
dok. FreePik/8photo

Aligner memang berguna untuk merapikan susunan gigi yang berantakan. Sayangnya, penggunaan aligner gigi juga dapat memberikan efek samping bau mulut.


Pasalnya, sisa-sisa makanan bisa dengan mudah terselip di sela-sela aligner. Belum lagi bila dokter gigi menyarankan kamu untuk melakukan tindakan slicing. Prosedur slicing gigi akan menyebabkan adanya celah pada gigi sehingga meningkatkan risiko sisa makanan terselip di celah gigi tersebut.


Jika sisa makanan tidak dibersihkan dengan benar, bakteri bisa menumpuk dan menghasilkan bau mulut. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut karena penggunaan aligner.


Cara Mencegah Bau Mulut Saat Pakai Aligner Gigi


Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari bau mulut saat menggunakan aligner gigi. Beberapa caranya antara lain:


1. Tetap terhidrasi

Mulut yang kering akan menurunkan produksi air liur dan dapat membuat napas jadi berbau. Sedangkan fungsi air liur adalah untuk membersihkan bakteri dan partikel makanan dari gigi dan gusi. Oleh karenanya, penting untuk minum lebih banyak saat memakai aligner gigi.


Namun, perlu kamu ketahui bahwa aligner harus dilepas saat makan dan minum minuman berwarna warna atau yang bersuhu panas maupun dingin. Itu artinya kamu masih tetap boleh menggunakan clear aligner bila hanya minum air putih bersuhu ruang.


2. Makan makanan yang sehat

Salah satu cara mencegah bau mulut, yaitu dengan menjaga asupan makanan yang kita konsumsi. Makanan yang tinggi gula bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Maka dari itu, cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, biji-bijian, protein, dan produk susu. 


3. Jauhi minum minuman manis

Selain tidak bagus untuk kesehatan, minum minuman yang sarat akan gula juga dapat mengakibatkan bau mulut. Lagipula, mengonsumsi minuman manis saat sedang memakai clear aligner agak ribet karena kamu harus melepaskan aligner terlebih dahulu dan memasangkannya lagi setelah selesai minum.  


4. Gunakan obat kumur

Cara mencegah bau mulut saat memakai aligner gigi lainnya adalah dengan menggunakan obat kumur. Bilas mulut dengan pembersih kumur antiseptik yang akan membuat aroma napas segar kembali. Kumur-kumur selama sekitar 30 detik sebelum mengeluarkannya.


Cara Merawat Aligner agar Tidak Sebabkan Bau Mulut


Bukan hanya rajin sikat gigi, kamu juga harus rajin membersihkan aligner agar tidak sebabkan bau mulut. Aligner gigi harus dibersihkan dengan air mengalir dan sabun khusus. Bersihkan clear aligner setiap kamu menggosok gigi dan keringkan menggunakan lap atau tisu kering.


Aligner gigi yang sedang tidak digunakan (dilepas) harus disimpan di case aligner itu sendiri. Jangan menaruh aligner gigi di tempat sembarangan karena bisa menyebabkan aligner terpapar kuman atau bakteri.


Bagaimana, tertarik menggunakan clear aligner? Segera konsultasikan masalah gigi kamu dengan dokter gigi Rata. Konsultasi ini bisa dilakukan secara online loh sehingga memudahkanmu yang enggan keluar rumah di masa pandemi seperti sekarang.


Tunggu apalagi, yuk, jadwalkan konsultasi online kamu dan cetak clear aligner kamu sendiri dari rumah dengan dipandu dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar