icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Slicing Gigi Aman dan Tidak Sakit, Yuk Cari Tahu Cara Kerjanya/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Slicing Gigi Aman dan Tidak Sakit, Yuk Cari Tahu Cara Kerjanya

Slicing Gigi Aman dan Tidak Sakit, Yuk Cari Tahu Cara Kerjanya
dok. Rata Indonesia

Pernah dengar tentang slicing gigi? Mungkin yang ada di bayanganmu slicing adalah mengikis gigi hingga terasa tipis dengan prosedur yang menakutkan. Padahal, tidak sama sekali!


Sebelum lebih lanjut membahas tentang slicing gigi, baiknya kenalan dulu yuk! Apa sih slicing gigi itu sebenarnya. 


Slicing gigi adalah tindakan untuk memberikan ruang antar gigi, agar dapat bergerak secara maksimal tanpa merusak lapisan gigi. Tindakan ini dilakukan bagi kamu yang tidak memiliki ruang atau gap untuk menggerakkan gigi. 




Tapi tenang! Proses slicing sudah disesuaikan dengan kebutuhan gigi pasien, berdasarkan 3D video simulasi pergerakan gigi dan rencana perawatan dari tim dokter gigi Rata. 


Bagi para pengguna behel, biasanya harus melakukan cabut gigi untuk memberikan ruang agar gigi dapat bergerak. Bagi kamu pengguna aligner Rata, hanya perlu slicing gigi yang memberikan jarak hanya 0,5mm di antara gigi atau sekitar satu helai rambut. Tipis banget kan! 




Tidak perlu khawatir, proses slicing gigi juga aman banget buat dilakukan. Karena seluruh proses slicing gigi akan dilakukan langsung oleh dokter gigi profesional, baik di Klinik Rata atau klinik mitra Rata. 


Selain aman, bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana rasanya saat tindakan medis ini dilakukan, jika dibandingkan dengan tindakan lainnya seperti scaling atau tambal gigi, rasanya jauh lebih ngilu dibandingkan slicing. Slicing hanya mengikir sela-sela gigi agar terdapat jarak antar gigi kamu. 


Prosesnya juga tidak lama, hanya membutuhkan beberapa menit, dan kamu akan kaget karena rasanya seperti “oh sudah selesai, Dok!” 


Namun, setelah proses slicing gigi, sedikit ada rasa tidak nyaman karena belum terbiasa dengan celah di antara gigi kamu. Adakah efek samping slicing gigi? Tidak ada hal serius yang perlu dikhawatirkan! Hanya saja, slicing gigi bisa menyebabkan sisa makanan tersangkut di antara gigi, karena memiliki celah yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. 



Oleh karena itu, disarankan untuk lebih menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dengan cara sikat gigi minimal 2 kali sehari, setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rajin flossing gigi menggunakan dental floss (benang gigi) agar memudahkan membersihkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. 


Karena, jika kamu tidak rajin sikat gigi rutin dan flossing akan membuat bakteri menumpuk di antara gigi dan membuat bau mulut tak sedap! Jadi, yuk mulai jaga kebersihan gigi dan mulut sekarang juga agar pemakaian clear aligner Rata berjalan maksimal. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar