icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Benarkah Kandungan Pasta Gigi Dapat Memicu Alergi?/

Benarkah Kandungan Pasta Gigi Dapat Memicu Alergi?

kandungan pasta gigi yang picu alergi
Envato Elements

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si. 


Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kita disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Memilih pasta gigi yang tepat menjadi kewajiban agar tidak menimbulkan reaksi alergi! 


Namun, hingga kini tidak banyak yang tahu bahwa beberapa jenis pasta gigi dapat menimbulkan reaksi alergi. Umumnya, disebabkan dari kandungan yang ada di dalamnya. 


Gejala alergi pasta gigi 

Tanda-tanda yang mungkin terjadi saat alergi pasta gigi adalah bibir dan mulut kering, pembengkakan mulut, sariawan, atau ruam pada kulit di sekitar mulut. Kondisi ini dikenal dengan istilah cheilitis. 


Baca juga: Seberapa Ampuh Pasta Gigi untuk Memutihkan Gigi Kuning? 


Kandungan pasta gigi yang memicu alergi 

Mengutip dari Live Strong, salah satu penyebab alergi pasta gigi adalah kandungan fluoride yang ada di dalamnya. Fluoride di dalam pasta gigi juga dapat menyebabkan sariawan. 


Selain itu, fluoride juga dapat menyebabkan dermatitis perioral, di mana penderita akan mengalami benjolan merah di bagian wajah, khususnya di area mulut. Benjolan ini menyerupai jerawat yang disertai pengelupasan kulit wajah. 


Menurut Food and Drug Administration (FDA) fluoride juga berbahaya bagi anak-anak. Karenanya, anak-anak disarankan untuk menggunakan pasta gigi tanpa kandungan fluoride. 


Baca juga: Konsultasi ke Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali untuk Apa? 


Selain fluoride, penyebab alergi pasta gigi juga dapat dipicu oleh sodium lauryl sulfate (SLS) atau bahan pembuat busa yang dapat memicu terjadinya sariawan. Selanjutnya, adalah pemberi rasa. Rasa pada pasta gigi kerap menimbulkan alergi. Rasa seperti mint, kayu manis, spearmint, dan peppermint dapat menyebabkan rasa terbakar. 


Terakhir adalah bahan pengawet seperti propylene glycol dan sodium benzoate. Dua kandungan ini dikenal dapat menyebabkan alergi. Karenanya, cara terbaik untuk mengobati alergi pasta gigi adalah menghindari bahan kimia yang menyebabkan alergi. 

 

Menurut drg. Jessica Endriyana, M.Si, untuk terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut, tetap rajin menyikat gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jangan lupa pemeriksaan secara berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kondisi rongga mulut kamu. Karena bisa saja ada yang perlu dirawat tanpa adanya keluhan sebelumnya. 


Namun, jika kamu mengalami masalah alergi saat menggunakan produk pasta gigi tertentu, silakan berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memeriksa kandungan yang sekiranya menjadi pemicu alergi karena akan berbeda pada tiap individu. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter gigi kami di Klinik Rata. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi @rata.id atau website www.rata.id.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersā„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar