icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/7 Cara Meratakan Gigi dengan Cepat, Mana yang Jadi Pilihanmu?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

7 Cara Meratakan Gigi dengan Cepat, Mana yang Jadi Pilihanmu?

7 Cara Meratakan Gigi dengan Cepat, Mana yang Jadi Pilihanmu?
dok. FreePik

Gigi rata adalah dambaan semua orang. Akan tetapi, kondisi gigi rata tidak selalu didapatkan sejak lahir karena beberapa faktor. Namun, tidak perlu takut karena ada beberapa cara meratakan gigi yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa di antaranya.


Cara merapikan gigi dengan cepat

Kawat gigi

Salah satu solusi gigi rata yang paling umum dilakukan adalah pemasangan kawat gigi atau behel. Cara meratakan gigi yang satu ini harus ditangani oleh dokter gigi spesialis ortodonti karena prosesnya yang terbilang rumit. Kawat gigi biasanya harus terpasang selama 2 tahun agar gigi rata untuk bisa menghiasi senyum kamu, namun semuanya kembali tergantung pada kondisi struktur gigi serta usia. 


Kamu juga perlu mempertimbangkan efek samping dari memasang kawat gigi untuk membuat gigi rata. Konsekuensi memakai kawat gigi adalah tidak bisa dicabut pasang sesuka hati. Selain itu, saat pemakaian awal akan terasa sakit di rongga mulut dan biaya perawatan dan konsultasi yang mahal. 


Prosedur kontur gigi

Banyak yang tidak tahu kalau lapisan terluar gigi pun bisa dikontur agar gigi rata. Prosedur kontur gigi ini hanya dianjurkan bagi susunan gigi yang hanya perlu sedikit perbaikan saja agar gigi rata, misalnya seperti gigi taring yang terlalu runcing, gigi yang tumpang tindih, atau gigi yang bengkok. 


Pada dasarnya, enamel gigi akan dikikis hingga bentuk dan ukuran gigi sudah sesuai dengan keinginan. Kemudian, gigi akan diamplas agar bentuk akhirnya lebih sempurna. Namun kalau kamu punya kondisi gigi sensitif, gigi bolong, atau tengah dalam perawatan saluran akar gigi, sebaiknya tidak melakukan cara meratakan gigi ini. 


Veneer

Ibarat rambut yang memakai wig, veneer merupakan cangkang tipis yang dipasangkan di bagian depan gigi agar gigi rata. Cara meratakan gigi ini lebih ditujukan bagi kamu yang memiliki kondisi gigi berantakan yang ringan sampai sedang, seperti gigi kurang rata, gigi kuning, atau gigi yang berjarak jauh (gap teeth). Satu saran untuk kamu, konsultasikan dulu ke dokter gigi sebelum melakukan veneer


Cabut gigi

Gigi Anda banyak yang tumpang tindih, saling berdempetan, dan berantakan? Cabut gigi mungkin bisa jadi pertimbangan kamu untuk mendapatkan gigi rata. Jangan dulu takut bila dokter gigi menyarankan prosedur ini karena berkat teknologi yang lebih canggih, cabut gigi sekarang tidak lagi sesakit yang kamu bayangkan. Dalam 15 menit, gigi yang tadinya saling berdesakan akan berubah jadi gigi rata. Tentunya solusi gigi rata ini tidak bisa sembarangan dilakukan, harus dengan persetujuan dokter gigi


Dental crown

Sesuai dengan namanya, prosedur ini menutup seluruh gigi layaknya mahkota. Tujuannya tentu saja agar gigi rata dan terlihat sempurna, serta bisa berfungsi dengan lebih baik. Umumnya, dental crown atau mahkota gigi dibuat dari porselen, stainless steel, atau resin yang awet hingga 15 tahun. 


Dengan memasang mahkota gigi, bisa dipastikan gigi rata akan langsung kamu lihat begitu membuka mulut. Selain itu, mahkota gigi juga cocok bagi kamu yang punya masalah infeksi gigi. Solusi gigi rata ini lebih cocok bagi kamu yang punya gigi rusak dan gigi berantakan yang cukup parah. 


Headgear

Bila kamu memiliki kondisi overbite atau barisan gigi atas lebih condong ke depan dibanding barisan gigi bawah, maka kamu bisa memakai headgear agar gigi rata. Headgear akan memberikan tekanan pada rahang atas untuk membuat posisi gigi rata.


Headgear ini tidak sama dengan kawat gigi karena bisa dicabut pasang dan hanya perlu dipakai selama beberapa jam setiap hari sesuai anjuran ortodontis. Akan tetapi, headgear ini ukurannya sangat besar dan sangat mengganggu penampilan wajah kamu. 


Rata clear aligner



Mau tahu cara meratakan gigi tanpa behel yang bisa biasanya mengganggu penampilan? Tentu saja bisa! Kamu bisa menggunakan Rata clear aligner, yakni aligner transparan yang dibuat oleh dokter gigi berpengalaman dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menciptakan clear aligner yang sesuai untuk mendorong posisi gigi menjadi rata. 


Rata clear aligner hadir sebagai solusi merapikan gigi tanpa behel dengan cepat, lebih mudah, nyaman, dan terjangkau. Kamu bisa melepas Rata clear aligner setiap kali makan, minum, dan sikat gigi. Rata juga memberikan fasilitas evaluasi dan konsultasi rutin secara gratis sebagai solusi gigi rata yang optimal. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar