icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Ciri Gigi Sehat dan Tips Menjaga Kesehatan Gigi/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

5 Ciri Gigi Sehat dan Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Ciri Gigi Sehat dan Tips Menjaga Kesehatan Gigi
dok. Rata Indonesia

Hampir semua orang pasti menginginkan gigi sehat, bebas dari segala masalah gigi dan mulut. Bagaimana tidak, gigi yang sehat dapat menggambarkan kondisi keseluruhan tubuh kita. Selain itu, gigi yang sehat dan kuat juga bisa membantu mengunyah makanan dengan tepat.


Gigi yang sehat memiliki beberapa ciri khusus. Simak panduan lengkap mengenai ciri-ciri gigi sehat dan tips menjaga kesehatan gigi berikut ini. 


Ciri-ciri gigi yang sehat


Rata Family, kamu mungkin pernah bertanya-tanya kan seperti apa ciri-ciri gigi yang sehat? Ternyata ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa gigimu sehat dan juga kuat. Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ciri-ciri gigi sehat seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.


1. Gigi putih alami

Gigi sehat adalah gigi yang berwarna putih alami dan tidak ada noda pada permukaan gigi. Noda pada permukaan ini gigi biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti radang gusi, kerusakan gigi, hingga pemakaian tembakau. 


Salah satu cara terbaik untuk menjaga gigi kamu tetap putih adalah dengan melakukan rutinitas kebersihan gigi yang baik. Dengan begitu, kamu pun bisa memiliki gigi putih alami!


2. Gusi berwarna merah muda

Ciri gigi yang sehat selanjutnya adalah gusi berwarna merah muda, bukan kemerahan atau pucat. Gusi yang merah dapat menunjukkan kebersihan mulut yang buruk dan risiko penyakit gusi, sedangkan gusi yang pucat menandakan penyakit tertentu seperti anemia. 


Kamu bisa mengecek kondisi gusi dengan jari. Caranya, cuci tangan terlebih dahulu, lalu geser jari di sepanjang gusi. Jika gusi terasa kencang dan tidak sakit saat disentuh, berarti gusi kamu dalam kondisi yang baik. 


3. Gigi tidak sensitif terhadap panas atau dingin

Gigi yang sehat juga ditandai dengan gigi yang tidak sensitif. Gigi sensitif merupakan sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Sensasi ini muncul sebagai respons terhadap sejumlah aktivitas pada gigi, misalnya ketika makan atau minum yang panas atau dingin.


Gigi sensitif terjadi ketika dentin (lapisan tengah gigi) terbuka, dan terpapar rangsangan dari luar. Pembukaan dentin ini terjadi akibat lapisan terluar gigi (enamel gigi) mengalami kerusakan. Dentin memiliki saluran yang terhubung dengan saraf. Oleh sebab itu, jika dentin terekspos dan mendapatkan rangsangan dari luar (seperti terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin), gigi sensitif dapat terjadi. 


4. Tidak berdarah saat sikat gigi atau flossing

Tanda bahwa gigi kamu sehat adalah tidak berdarah saat disikat atau dibersihkan dengan benang gigi. Gusi berdarah bisa jadi pertanda bahwa kamu mungkin mengalami gingivitis atau peradangan pada gusi. Ini biasanya terjadi karena kebersihan mulut yang buruk dan membuat bakteri menumpuk di sepanjang garis gusi, sehingga menyebabkan gusi meradang. 


5. Napas tidak berbau

Ciri terakhir dari gigi yang sehat adalah tidak adanya bau tidak sedap yang berlebihan. Bau napas yang tidak sedap biasanya disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga.


Jika mulut bau tak sedap, tandanya bakteri telah menumpuk di bawah gusi. Ini juga bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada gigi yang tidak diobati. Dalam keadaan gigi yang sehat, napas biasanya tidak berbau seperti ini. 


Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut


Setelah mengetahui ciri-ciri dari gigi yang sehat, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan maksimal. Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Simak tips gigi sehat seperti dikutip dari Mayo Clinic berikut ini:

  • Sikat gigi kamu minimal dua kali sehari selama dua menit. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride.
  • Setelah sikat gigi, jangan lupa flossing atau kumur-kumur dengan obat kumur non-alkohol untuk menghilangkan sisa makanan. 
  • Konsumsilah makanan yang sehat dan hindari mengonsumsi makanan manis atau asam secara berlebihan.
  • Ganti sikat gigi setidaknya tiga atau empat bulan sekali.
  • Periksa kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi secara rutin, setidaknya enam bulan sekali


Itulah ciri-ciri gigi sehat dan tips menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika kamu ingin memiliki gigi yang sehat, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara maksimal. Kamu bisa melakukan tindakan ini dimulai dari menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari. 


Saat menggosok gigi, pilihlah sikat gigi berbulu lembut seperti UBrush dari Rata. UBrush merupakan sikat gigi elektrik yang efektif menghilangkan noda plak gigi secara menyeluruh karena memiliki getaran 16.000 kali per menit. Nah, getaran kuat ini bisa menghasilkan gelembung mikro pada pasta gigi dan menyebarkannya ke seluruh bagian gigi, sehingga mulut pun jadi terasa lebih segar. 



Selain berfungsi sebagai sikat gigi, UBrush juga memiliki fungsi lain yakni sebagai pembersih lidah. Itu karena di bagian belakang brush head (kepala sikat) terdapat tongue cleaner dengan bentuk bergelombang atau bergerigi yang terbuat dari karet. 


Bagaimana, tertarik membeli UBrush? Sikat gigi elektrik dari Rata ini dibanderol dengan harga Rp 399.000,-. Kamu bisa mendapatkan UBrush di shop.rata.id atau Shopee rataid!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar