icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Bolehkah Cabut Gigi Saat Haid?/

Bolehkah Cabut Gigi Saat Haid?

cabut gigi saat haid, bolehkah cabut gigi saat haid
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh drg. Shafira Ananda


Cabut gigi merupakan langkah terakhir saat kondisi gigi sudah benar-benar parah. Namun, benar adanya cabut gigi tidak boleh dilakukan sembarangan dan perlu melihat kondisi masing-masing pasien. Terlebih bagi wanita yang ingin cabut gigi saat haid. 


Bolehkah wanita cabut gigi saat haid? 

Meskipun cabut gigi merupakan pilihan terakhir saat kondisi gigi sudah tidak bisa dirawat lagi, cabut gigi saat haid memang tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. 


Baca juga: Meratakan Gigi Tanpa Cabut Gigi dengan Aligner™ Rata 


Kondisi ini membuat gusi lebih rentan untuk meradang dan pendarahan menjadi lebih sulit dihentikan. Selain itu, gusi menjadi lebih sensitif, sehingga saat dipaksakan untuk cabut gigi, akan terasa lebih tidak nyaman.


Oleh karena itu, cabut gigi saat haid tidak dianjurkan karena efek samping yang akan terjadi. Para wanita sering kali direkomendasikan untuk menahan dulu keinginan untuk cabut gigi saat haid. 


Apakah berbahaya cabut gigi saat haid? 

Perubahan hormon estrogen dan progesteron memang membuat tubuh menjadi lebih sensitif, namun masalah lain bisa saja terjadi ketika cabut gigi saat haid. Kamu bisa mengalami alveolar osteitis atau dry socket, di mana proses penyembuhan setelah cabut gigi menjadi terganggu. Dry socket biasa terjadi pada 1-3 hari pasca cabut gigi dengan rasa sakit yang parah, bau mulut, bahkan pembesaran kelenjar getah bening di area pencabutan gigi. 


Baca juga: Tidak Mau Cabut Gigi, Putri Suryaningsih Pilih Aligner™ Rata 


Tidak hanya itu, kadar estrogen yang meningkat saat haid dapat memicu fibrinolisis, yang dapat mengganggu pembentukan bekuan darah yang penting saat penyembuhan pasca cabut gigi. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kondisi kamu ke dokter gigi dan mempertimbangkan untuk menunda sementara cabut gigi saat haid. 



Untuk terhindar dari masalah gigi dan mulut, sebaiknya rutin memeriksa kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali. Kamu dapat mengunjungi Klinik Rata terdekat untuk konsultasi kesehatan gigi dan mulut atau mencari informasi terkait di sosial media @rata.id.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar