icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Cara Menggunakan Dental Floss (Benang Gigi) untuk Pemula/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Cara Menggunakan Dental Floss (Benang Gigi) untuk Pemula

Cara Menggunakan Dental Floss
dok. Freepik

Salah satu dental care yang tidak boleh dilewatkan sehari-hari adalah flossing gigi. Flossing merupakan kegiatan membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang terjebak menggunakan benang gigi (dental floss).


Sama seperti menyikat gigi, flossing merupakan aktivitas penting yang wajib dilakukan setiap hari. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu manfaat flossing gigi dan bagaimana cara menggunakan dental floss yang benar. Jangan khawatir, di artikel ini Rata telah merangkum informasi mengenai manfaat serta cara menggunakan benang gigi. Simak penjelasannya di bawah ini ya!


Manfaat membersihkan gigi dengan dental floss

Menyikat gigi dua kali sehari ternyata belum cukup untuk membuat gigi benar-benar bersih. Alasannya karena sikat gigi belum tentu bisa menggapai sudut dan celah di antara gigi, sehingga sering kali masih ada sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. 


Karena alasan inilah, kita perlu melengkapi rutinitas perawatan gigi menggunakan dental floss. Menurut situs News in Health, sebuah penelitian melaporkan bahwa rutin menyikat gigi ditambah flossing dapat mengurangi risiko penyakit gusi ringan (gingivitis) secara signifikan daripada hanya menyikat gigi saja. Studi yang sama juga melaporkan bahwa flossing dan menyikat gigi bisa mengurangi plak selama 1 atau 3 bulan, daripada hanya menyikat gigi saja.


Flossing memang bisa menghilangkan plak dan sisa makanan di sela-sela gigi yang lebih sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa. Menurut American Dental Association, manfaat lain flossing gigi adalah bisa mengurangi risiko terkena penyakit gusi ringan atau gingivitis, bau mulut, hingga kerusakan gigi. Inilah yang menjadi alasan pentingnya menggunakan benang gigi untuk membersihkan mulut setelah menyikat gigi.


Cara menggunakan benang gigi 

Meski flossing memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakan benang gigi sesuai dengan cara yang benar ya! Soalnya, jika benang gigi digunakan secara tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.


Bagi kamu yang masih awam dengan flossing, berikut ini cara menggunakan benang gigi yang bisa kamu coba di rumah seperti dikutip dari Mouth Healthy:


  • Ambil benang gigi sekitar 45 cm
  • Lilitkan benang pada kedua jari tengah kamu
  • Pegang erat sisa benang gigi dengan dibantu oleh ibu jari dan telunjuk
  • Selipkan benang gigi secara perlahan pada sela-sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C
  • Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi
  • Aplikasikan cara yang sama pada sela-sela gigi yang lain


Apabila semua bagian gigi telah selesai dibersihkan, langsung berkumurlah dengan air atau obat kumur. Selanjutnya, buang benang yang sudah dipakai ke tempat sampah. Oh iya, pastikan untuk menggunakan benang gigi minimal satu kali setiap hari ya! 


Itulah informasi manfaat dan cara menggunakan dental floss atau benang gigi. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan gusi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar