icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Ketahui Prosedur Scaling Gigi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Gigi/

Ketahui Prosedur Scaling Gigi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Gigi

definisi scaling gigi, kapan harus dilakukan, cara dan durasi scaling gigi
envato elements

Tahukah kamu jika dokter gigi menyarankan untuk melakukan scaling gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. Tetapi, banyak yang masih belum tahu apa itu scaling gigi. 

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan karang gigi menggunakan ultrasonic scaler. Karang gigi sendiri adalah tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. 


Karang gigi dapat mengubah tampilan gigi seperti tampak tak terawat. Plak yang mengeras cenderung berwarna kusam dan bisa berubah warna hingga kecoklatan. 

Alat scaling gigi, ultrasonic scaler yang digunakan untuk scaling gigi mampu menghasilkan getaran yang akan menghancurkan karang gigi di sela-sela hingga bagian terdalam. Tidak hanya itu, alat ini juga bisa membersihkan karang gigi di garis gusi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.


Kapan perlu melakukan dental scaling

Karang gigi yang sudah menumpuk tidak bisa dibersihkan hanya sekadar dengan sikat gigi atau flossing. Karenanya, kamu perlu ke dokter gigi untuk menjalani scaling. Scaling dapat membersihkan karang gigi, meskipun sangat keras. 

Lalu, scaling gigi berapa bulan sekali, sih, sebaiknya? Kamu disarankan untuk scaling setiap enam bulan sekali. Namun, bagi kasus gigi yang cukup berat, setidaknya bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali atau sesegera mungkin.


Baca juga: 4 Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Dibersihkan


Apa saja manfaat scaling gigi? 

Terdapat beberapa manfaat membersihkan karang gigi yang bisa kamu rasakan dengan perawatan dental scaling, seperti: 

  1. Terhindar dari gigi berlubang 
  2. Terhindar dari penyakit periodontitis 
  3. Noda gigi efek teh, kopi, atau rokok akan menghilang 
  4. Terhindar dari bau mulut 
  5. Menghemat biaya perawatan gigi di akan datang. 


Prosedur scaling gigi

Berapa lama scaling gigi berlangsung? Pembersihan karang gigi biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 120 menit. Durasi scaling gigi tergantung pada tingkat keparahan karang gigi. Jika plak dan karang gigi tidak terlalu banyak, maka proses scaling akan berjalan lebih cepat. 


Baca juga: Alat Pembersih Karang Gigi Dijual di E-Commerce, Amankah Dipakai Sendiri?


Seperti apa tahapan scaling gigi? Beberapa prosedur yang dilakukan biasanya meliputi scaling subgingival untuk mengangkat kerak gigi yang ada di antara gusi dan dasar mahkota gigi. Lalu, dokter akan menggunakan ultrasonic scaler atau scaler manual untuk membersihkan plak dan karang gigi yang sulit dijangkau. 

Jika sudah terlanjur memiliki kondisi penyakit gusi, dokter juga akan melakukan root planing untuk menghaluskan akar gigi supaya gusi dapat menempel erat kembali. Lalu, dokter akan membersihkan area gigi dan gusi lainnya untuk membersihkan bakteri yang tersisa. Terakhir, biasanya dilakukan polishing gigi atau poles gigi untuk menghapus noda yang dihasilkan oleh karang gigi. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Mencari tempat untuk scaling gigi terdekat atau ingin konsultasi tentang perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Ingin berencana untuk melakukan scaling gigi dalam waktu dekat? Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata dengan menghubungi tim Rata lewat satu klik tombol WhatsApp GRATIS Konsultasi di bawah layar, ya!


Untuk informasi lebih lanjut, silakan follow Instagram @rata.id atau klik www.rata.id

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar