icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Cara Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Membesar/

5 Cara Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Membesar

Cara Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Membesar
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Hampir semua orang pernah mengalami gigi berlubang. Ya, kondisi ini merupakan salah satu kesehatan gigi yang paling umum terjadi. Saking umumnya, gigi berlubang sering dianggap sepele. 


Padahal penting sekali untuk mengetahui cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar dan menyebabkan masalah di kemudian hari. Lalu, bagaimana cara merawat gigi berlubang agar tidak semakin membesar? Berikut ini beberapa cara merawat gigi berlubang yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah atau secara medis di klinik gigi. Simak informasi lengkapnya berikut ini!


Baca juga: Riset: Gigi Berlubang Ternyata Pengaruhi Peluang dapat Kerja


Cara merawat gigi berlubang di rumah

Cara-cara ini bisa dilakukan jika kondisi gigi berlubang masih dalam tahap awal dan belum parah. Perawatan rumahan untuk gigi berlubang dilakukan untuk mengganti mineral yang terkikis pada enamel gigi (remineralisasi enamel gigi), sehingga lubang pada gigi tidak semakin dalam dan parah.


Berikut beberapa cara merawat gigi berlubang yang bisa kamu lakukan di rumah:


1. Menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyikat gigi secara teratur, setidaknya 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride bermanfaat dalam mencegah gigi berlubang. Mengapa? Fluoride pada dasarnya memegang peranan penting dalam remineralisasi enamel gigi, sehingga bisa merawat gigi yang sedang berlubang.


2. Kurangi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis berperan penting dalam meningkatkan risiko gigi berlubang. Saat mengonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri di dalam mulut akan mengubah gula yang terkandung dalam makanan tersebut menjadi asam. Asam inilah yang kemudian akan merusak enamel gigi.


Karena itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat gigi berlubang adalah dengan mengurangi makanan dan minuman manis. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan pada enamel gigi untuk membentuk kembali mineral gigi dan mencegah gigi berlubang bertambah parah. 


Cara merawat gigi berlubang secara medis

Perawatan gigi berlubang di rumah hanya bertujuan untuk mendorong remineralisasi enamel gigi sehingga proses gigi berlubang dapat terhenti. Oleh karena itu, penanganan gigi berlubang lebih lanjut harus dilakukan langsung oleh dokter gigi, terutama jika kondisi gigi berlubang sudah tergolong parah.


Namun jika sudah berlubang tetap harus diperiksa ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan. Untuk mendiagnosis gigi berlubang, dokter akan memeriksa kondisi gigi dan menanyakan keluhan yang dirasakan. Pada kasus tertentu, rontgen gigi mungkin dibutuhkan untuk menentukan tingkat keparahan gigi berlubang. 


Setelah diperiksa, dokter akan melakukan penanganan sesuai dengan tingkat keparahan gigi berlubang. Berikut ini beberapa opsi perawatan gigi berlubang yang dilakukan oleh dokter gigi:


1. Tambal gigi (filling)

Cara merawat gigi berlubang secara medis pertama adalah dengan tambal gigi. Perawatan ini dilakukan jika tingkat keparahan gigi berlubang sedang. Tambal gigi dilakukan dengan menghilangkan bagian gigi yang rusak menggunakan bor, setelah itu gigi ditambal dengan bahan khusus. Nah, bahan khusus untuk menambal gigi dapat berupa perak, emas, resin komposit, atau glass ionomer cement (GIC). 


2. Perawatan saluran akar gigi (PSA)

Perawatan saluran akar gigi (PSA) dilakukan jika pembusukan gigi sudah mencapai pulpa atau bagian dalam gigi. Perawatan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul tanpa harus mencabut gigi yang rusak. 


Saat PSA dilakukan, dokter akan mengangkat saraf, pembuluh darah, jaringan pulpa, dan gigi yang membusuk. Setelah itu, dokter akan mengisi bagian dalam gigi dengan tambalan atau memasang crown gigi. 


3. Pemberian fluoride

Pemberian fluoride merupakan perawatan tambahan atau penunjang pada gigi berlubang. Perawatan ini bertujuan untuk menguatkan gigi agar tahan terhadap asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Fluoride yang diberikan oleh dokter umumnya tersedia dalam bentuk mouthwash, gel, busa, atau varnish yang dioleskan ke gigi. Biasanya fluoride yang diberikan mengandung kadar yang tinggi daripada pasta gigi atau obat kumur biasa.


Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Ampuh & Efektif


Itulah informasi mengenai cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar. Jika kamu memiliki masalah gigi berlubang, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners™ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar