icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Riset: Gigi Berlubang Ternyata Pengaruhi Peluang dapat Kerja/

Riset: Gigi Berlubang Ternyata Pengaruhi Peluang dapat Kerja

Pengaruh Gigi Berlubang Terhadap Pekerjaan
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang paling umum terjadi. Saking umumnya, kondisi ini sering dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan tanpa perawatan, lubang pada gigi bisa membesar dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat, infeksi, bahkan gigi tanggal.


Selain memengaruhi kesehatan gigi, tahukah kamu kalau gigi berlubang juga bisa berpengaruh terhadap prospek karier dan pekerjaan? Untuk informasi lengkapnya, yuk simak artikel di bawah ini!


Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Ampuh & Efektif


Pengaruh Gigi Berlubang Terhadap Pekerjaan

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga, munculnya plak gigi, hingga banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis. 


Menurut Mayo Clinic, penyebab gigi berlubang yang paling umum adalah plak. Ini merupakan lapisan tipis dan lengket yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, air liur, serta jutaan bakteri. Nah, ketika kamu makan dan minum tapi jarang membersihkan mulut, maka plak tersebut akan terbentuk di permukaan gigi dan menghasilkan asam.


Asam inilah yang akan terus mengikis lapisan terluar gigi (enamel) hingga akhirnya membentuk lubang. Pada awalnya, lubang tersebut akan berukuran kecil. Namun jika tidak dirawat dengan baik, lubang atau rongga itu akan menjadi semakin besar dan meningkatkan beragam risiko masalah gigi lain, seperti infeksi hingga gigi tanggal.


Gigi berlubang yang tidak dirawat, lama-kelamaan akan membesar dan bertambah dalam. Bahkan lubang tersebut bisa menembus bagian rongga pulpa. Jika sudah mencapai rongga pulpa, akan muncul rasa sakit yang hebat dan mengganggu. Rasa sakit juga bisa menjalar hingga kepala.


Rasa sakit akibat gigi berlubang biasanya akan berdampak kepada aktivitas sehari-hari, mulai dari kesulitan saat mengunyah makanan, kesulitan berbicara, hingga kesulitan tidur. Bahkan rasa sakit juga bisa mengganggu konsentrasi seseorang dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan lainnya. 


Inilah alasan kenapa gigi berlubang bisa berpengaruh terhadap pekerjaan. Sebab, rasa nyeri yang tidak bisa ditahan dapat memengaruhi konsentrasi seseorang dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan lainnya. 


Hubungan antara gigi berlubang dan pekerjaan juga pernah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Salah satunya yang dirilis oleh British Dental Association (BDA) pada 2016 lalu. Dalam penelitian itu disebutkan 77% responden merasa bahwa gigi rusak atau bau mulut bisa menghalangi peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Sedangkan 62% responden merasa bahwa kandidat dengan gigi yang terlihat rusak, berlubang, ompong, atau bau mulut akan dirugikan saat melamar pekerjaan. 


Baca juga: 5 Penyebab Gigi Berlubang yang Tak Boleh Dianggap Sepele


Atasi Gigi Berlubang Secepat Mungkin!

Gigi berlubang harus dirawat sesegera mungkin dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Kondisi ini bisa diatasi dengan perawatan yang disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa mengatasi gigi berlubang:


  • Penambalan langsung jika lubang masih sebatas dentin
  • Perawatan saluran akar gigi jika lubang sudah mencapai rongga pulpa
  • Pencabutan jika lubang sudah tidak bisa dirawat lagi


Jangan sampai gigi berlubang memengaruhi atau menggagalkan prospek karier kamu! Jika kamu memiliki lubang di gigi dan berencana melamar suatu pekerjaan, sebaiknya atasi dulu masalah tersebut dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar